Fenomena Penggunaan Aplikasi Media Sosial Tik Tok Terhadap Perubahan Gaya Hidup Siswa MAN 3 Bone.
Hijriani/ 03.17.2001 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Fenomena Penggunaan Aplikasi Media Sosial
Tik Tok Terhadap Perubahan Gaya Hidup Siswa MAN 3 Bone”. Masalah yang
diteliti dalam skripsi ini ada dua hal yaitu peran aplikasi media sosial tiktok dalam
merubah gaya hidup siswa di MAN 3 Bone dan penggunaan media sosial tiktok
terhadap perubahan gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Skripsi ini bertujuan
mengetahui peran dan dampak aplikasi media sosial tik tok dalam perubahan gaya
hidup siswa di MAN 3 Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif kemudian dipaparkan
secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi artinya suatu
penelitian yang dilakukan terhadap keadaaan nyata penggunaan aplikasi media sosial
tik tok terhadap perubahan gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Adapun sumber data
diperoleh dari data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data yaitu
teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian berupa
pedoman wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yaitu
reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran aplikasi media sosial tik tok
dalam merubah gaya hidup siswa di MAN 3 Bone yaitu media sosial tik tok dapat di
jadikan sebagai media edukasi, hiburan informasi dan media persuasif. Penggunaan
aplikasi media sosial tik tok di MAN 3 Bone terdapat dampak negatif dan positifnya
yaitu: Dampak positif penggunaan aplikasi tik tok terhadap perubahan gaya hidup
siswa di MAN 3 Bone yang pertama adalah sebagai salah satu aplikasi yang
mendorong kreativitas untuk membuat suatu karya, kedua sebagai salah satu aplikasi
unruk mengasah skil yang dimiliki, ketiga sebagai salah satu media penyebaran
informasi dan media hiburan. Sedangkan dampak negatifnya adalah remaja menjadi
kecanduan dalam bermain gadget, aplikasi tik tok mampu membuat seseorang
menjadi syndrom tik tok dan hilang rasa malu dengan beredarnya vidio dj tik tok dan
musik kekinian dan sebagainya membuat para penggunanya semakin tenggelam
dengan keasikannya untuk bergoyang.
Melalui penelitian ini penulis berharap kepada dalam mengikuti
perkembangan zaman orang tua dan guru harus bisa turut serta dalam mengawasi dan
mengontrol kegiatan anak-anaknya di media sosial karena di zaman sekarang tanpa
adanya pengawasan dari orang tua maupun guru siswa dapat terkena dampak negatif
dari perkembangan zaman tersebut.
A. Kesimpulan
Setelah peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang didapatkan dari
lapangan, peneliti akan memaparkan kesimpulan dari hasil penelitian yang
merupakan jawaban dari rumusan masalah. Berikut kesimpulan yang dapat peneliti
tarik dari hasil penelitian:
1. Peran aplikasi media sosial tik tok dalam merubah gaya hidup siswa di Man 3
Bone yaitu: Sebagai media edukasi atau pembelajaran bagi siswa, sebagai
media hiburan bagi siswa, sebagai media informasi dan sebagai media
persuasif.
2. Dampak positif penggunaan aplikasi tik tok terhadap perubahan gaya hidup
siswa di MAN 3 Bone yang pertama adalah sebagai salah satu aplikasi yang
mendorong kreativitas untuk membuat suatu karya, kedua sebagai salah satu
aplikasi unruk mengasah skil yang dimiliki, ketiga sebagai salah satu media
penyebaran informasi dan media hiburan. Sedangkan dampak negatifnya adalah
remaja menjadi kecanduan dalam bermain gadget, aplikasi tik tok mampu
membuat seseorang menjadi syndrom tik tok dan hilang rasa malu dengan
beredarnya vidio dj tik tok dan musik kekinian dan sebagainya membuat para
penggunanya semakin tenggelam dengan keasikannya untuk bergoyang.
Contohnya siswa bergoyang pargoy atau djtik tok ditempat umum tanpa
menghiraukan busana yang sedang dipakainya seperti jilbab. Hal ini
menyebabkan hilangnya rasa malu yang seharusnya ada di dalam diri siswa
terutama pada siswa MAN 3 Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti
mengenai fenomena penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap perubahan
gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Maka tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
memberikan saran sebagai berikut:
1. Mengikuti perkembangan zaman orang tua dan guru harus bisa turut serta
dalam mengawasi dan mengontrol kegiatan anak-anaknya di media sosial
karena di zaman sekarang tanpa adanya pengawasan dari orang tua maupun
guru siswa dapat terkena dampak negatif dari perkembangan zaman tersebut.
2. Proses pemantauan ini sebaiknya juga dilakukan oleh pemerintah yang dimana
pemerintah yang memiliki kendali atas semua apa yang ada di media sosial
terutam pada media sosial sekarang ini yang memiliki banyak pengguna yaitu
tik tok. Tik tok harus benar-benar dipantau konten-kontenya, sehingga tidak
membuat gaduh ketika ada konten yang tidak sesuai dengan norma-norma yang
lolos dari pemantauan pemerintah dan dilihat oleh orang banyak.
3. Siswa sebaiknya tetap menggunakan jilbab, adab dan etika saat membuat vidio
diakun tik tok. Akan sangat disayangkan jika banyak khalayak yang menonton
dan banyak khalayak yang tahu jika sebuah akun itu adalah milik siswa MAN 3
Bone tetapi bergoyang ria, dan memamerkan lekuk tubuh yang mampu
mengundang syahwat seseorang yang melihatnya.
Tik Tok Terhadap Perubahan Gaya Hidup Siswa MAN 3 Bone”. Masalah yang
diteliti dalam skripsi ini ada dua hal yaitu peran aplikasi media sosial tiktok dalam
merubah gaya hidup siswa di MAN 3 Bone dan penggunaan media sosial tiktok
terhadap perubahan gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Skripsi ini bertujuan
mengetahui peran dan dampak aplikasi media sosial tik tok dalam perubahan gaya
hidup siswa di MAN 3 Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif kemudian dipaparkan
secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi artinya suatu
penelitian yang dilakukan terhadap keadaaan nyata penggunaan aplikasi media sosial
tik tok terhadap perubahan gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Adapun sumber data
diperoleh dari data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data yaitu
teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian berupa
pedoman wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yaitu
reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran aplikasi media sosial tik tok
dalam merubah gaya hidup siswa di MAN 3 Bone yaitu media sosial tik tok dapat di
jadikan sebagai media edukasi, hiburan informasi dan media persuasif. Penggunaan
aplikasi media sosial tik tok di MAN 3 Bone terdapat dampak negatif dan positifnya
yaitu: Dampak positif penggunaan aplikasi tik tok terhadap perubahan gaya hidup
siswa di MAN 3 Bone yang pertama adalah sebagai salah satu aplikasi yang
mendorong kreativitas untuk membuat suatu karya, kedua sebagai salah satu aplikasi
unruk mengasah skil yang dimiliki, ketiga sebagai salah satu media penyebaran
informasi dan media hiburan. Sedangkan dampak negatifnya adalah remaja menjadi
kecanduan dalam bermain gadget, aplikasi tik tok mampu membuat seseorang
menjadi syndrom tik tok dan hilang rasa malu dengan beredarnya vidio dj tik tok dan
musik kekinian dan sebagainya membuat para penggunanya semakin tenggelam
dengan keasikannya untuk bergoyang.
Melalui penelitian ini penulis berharap kepada dalam mengikuti
perkembangan zaman orang tua dan guru harus bisa turut serta dalam mengawasi dan
mengontrol kegiatan anak-anaknya di media sosial karena di zaman sekarang tanpa
adanya pengawasan dari orang tua maupun guru siswa dapat terkena dampak negatif
dari perkembangan zaman tersebut.
A. Kesimpulan
Setelah peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang didapatkan dari
lapangan, peneliti akan memaparkan kesimpulan dari hasil penelitian yang
merupakan jawaban dari rumusan masalah. Berikut kesimpulan yang dapat peneliti
tarik dari hasil penelitian:
1. Peran aplikasi media sosial tik tok dalam merubah gaya hidup siswa di Man 3
Bone yaitu: Sebagai media edukasi atau pembelajaran bagi siswa, sebagai
media hiburan bagi siswa, sebagai media informasi dan sebagai media
persuasif.
2. Dampak positif penggunaan aplikasi tik tok terhadap perubahan gaya hidup
siswa di MAN 3 Bone yang pertama adalah sebagai salah satu aplikasi yang
mendorong kreativitas untuk membuat suatu karya, kedua sebagai salah satu
aplikasi unruk mengasah skil yang dimiliki, ketiga sebagai salah satu media
penyebaran informasi dan media hiburan. Sedangkan dampak negatifnya adalah
remaja menjadi kecanduan dalam bermain gadget, aplikasi tik tok mampu
membuat seseorang menjadi syndrom tik tok dan hilang rasa malu dengan
beredarnya vidio dj tik tok dan musik kekinian dan sebagainya membuat para
penggunanya semakin tenggelam dengan keasikannya untuk bergoyang.
Contohnya siswa bergoyang pargoy atau djtik tok ditempat umum tanpa
menghiraukan busana yang sedang dipakainya seperti jilbab. Hal ini
menyebabkan hilangnya rasa malu yang seharusnya ada di dalam diri siswa
terutama pada siswa MAN 3 Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti
mengenai fenomena penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap perubahan
gaya hidup siswa di MAN 3 Bone. Maka tanpa mengurangi rasa hormat peneliti
memberikan saran sebagai berikut:
1. Mengikuti perkembangan zaman orang tua dan guru harus bisa turut serta
dalam mengawasi dan mengontrol kegiatan anak-anaknya di media sosial
karena di zaman sekarang tanpa adanya pengawasan dari orang tua maupun
guru siswa dapat terkena dampak negatif dari perkembangan zaman tersebut.
2. Proses pemantauan ini sebaiknya juga dilakukan oleh pemerintah yang dimana
pemerintah yang memiliki kendali atas semua apa yang ada di media sosial
terutam pada media sosial sekarang ini yang memiliki banyak pengguna yaitu
tik tok. Tik tok harus benar-benar dipantau konten-kontenya, sehingga tidak
membuat gaduh ketika ada konten yang tidak sesuai dengan norma-norma yang
lolos dari pemantauan pemerintah dan dilihat oleh orang banyak.
3. Siswa sebaiknya tetap menggunakan jilbab, adab dan etika saat membuat vidio
diakun tik tok. Akan sangat disayangkan jika banyak khalayak yang menonton
dan banyak khalayak yang tahu jika sebuah akun itu adalah milik siswa MAN 3
Bone tetapi bergoyang ria, dan memamerkan lekuk tubuh yang mampu
mengundang syahwat seseorang yang melihatnya.
Ketersediaan
| SFUD20210050 | 50/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
50/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
