Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Islam Athirah Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai strategi peningkatan mutu sekolah dalam
perspektif manajemen berbasis sekolah di SMA Islam Athirah Bone. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana strategi
peningkatan mutu pendidikan, bagaimana manajemen berbasis sekolah, dan
bagaimanan strategi peningkatan mutu pendidikan dalam perspektif manajemen
berbasis sekolah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut. Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen, psikologis serta sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan strategi
peningkatan mutu di SMA Islam Athirah Bone yaitu dimulai dari komitmen kepala
sekolah, teamwork, visi dan misi, evaluasi diri dan kontrol manajerial dalam
pengendalian mutu. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan strategi
peningkatan mutu sekolah di SMA Islam athirah telah berjalan dengan baik terbukti
dengan terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan
menyenangkan sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik, kepala sekolah
juga berusaha sebaik mungkin agar tetap menghasilkan output yang berkualitas. Ke
dua, manajemen berbasis sekolah yaitu prinsip fleksibilitas, desentralisasi, mandiri
dan sumber daya manusia menunjukkan bahwa kepala sekolah memberikan
kebebasan dan kewenangan kepada stakeholder dalam melaksanakan tanggung jawab
masing-masing. Seperti menyusun program kerja dengan melibatkan seluruh warga
sekolah, melakukan rapat rutin atau kajian setiap minggu dengan seluruh guru dan
serta meningkatkan rasa tanggung jawab pihak sekolah kepada murid, orang tua,
masyarakat sekitar tentang kualitas sekolah. Ke tiga, strategi peningkatan kualitas
sekolah dilihat dari segi manajemen berbasis sekolah yaitu kepala sekolah terus
berusaha untuk tercapainya tujuan pendidikan, terciptanya proses belajar yang efektif
dan efesien, terbentuknya peserta didik yang unggul, mengoptimalisasikan tenaga
pendidik pada proses pendidikan sehingga mampu meghasilkan output yang
berkualitas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan strategi peningkatan mutu sekolah di SMA Islam Athirah Bone
yaitu dimulai dari komitmen kepala sekolah, membentuk teamwork, visi dan
misi sekolah, evaluasi diri dan kontrol manajerial dalam pengendalian mutu
pendidikan. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan strategi
peningkatan mutu sekolah di SMA Islam athirah telah berjalan dengan baik
terbukti dengan terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif,
dan menyenangkan sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik,
kepala sekolah juga berusaha sebaik mungkin agar tetap menghasilkan output
yang berkualitas.
2. Manajemen berbasis sekolah di SMA Islam Athirah Bone dapat dikatakan
berjalan dengan baik, dapat dilihat dari segi fleksibilitas, desentralisasi,
mandiri, sumber daya manusia bahwa kepala sekolah memberikan kebebasan
dan kewenangan kepada stakeholder dalam melaksanakan tanggung jawab
masing-masing. Seperti menyusun program kerja dengan melibatkan seluruh
warga sekolah, melakukan rapat rutin atau kajian dengan seluruh guru dan
karyawan setiap minggu dan meningkatkan rasa tanggung jawab pihak sekolah
kepada murid, orang tua, masyarakat sekitar tentang kualitas sekolah.
3. Strategi peningkatan mutu sekolah dalam perspektif manajemen berbasis
sekolah di SMA Islam Athirah Bone yaitu usaha kepala sekolah untuk
ketercapaian tujuan pendidikan, terciptanya proses belajar yang efektif dan
efesien, terbentuknya peserta didik yang unggul, mengoptimalisasikan tenaga
pendidik pada proses pendidikan sehingga mampu meghasilkan output yang
berkualitas.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang strategi peningkatan mutu pendidikan
dalam perspektif manajemen berbasis sekolah, maka saran yang akan peneliti
sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Agar mutu sekolah lebih meningkat, maka perlu adanya pelatihan kepada orang
tua siswa yang masih belum paham tentang sindik yang ada di sekolah dan
penulis sangat berharap bahwa SMA Islam Athirah Bone dapat memberikan
motivasi untuk sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan sekolah mereka.
2. Hendaknya masyarakat/orang tua peserta didik memiliki kesadaran untuk
senantiasa ikut serta dalam program kegiatan sehingga dapat memenuhi
kebutuhan peserta didik demi kemajuan SMA Islam Athirah Bone.
3. Hendaknya kepala sekolah terus meningkatkan kualitas mutu sekolah melalui
manajemen berbasis sekolah untuk mengetahui kebutuhan sekolah yang harus
melibatkan masyarakat.
Ketersediaan
STAR20190336336/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

336/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top