Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Otting Kecamatan Tellusiattinge Kab.Bone
Andi Nurmayanti/862082019014 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran orang tua terhadap pembelajaran al-
Qur’an pada anak usia sekolah dasar di kelurahan Otting Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Upaya, faktor pendukung
serta penghambat, dan kontribusi orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada
anak usia sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini yaitu Orang tua dan anak usia sekolah dasar. Adapun metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis dengan tiga tahap
yakni, reduksi data (merangkum), penyajian data (menyusun), dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Upaya yang dilakukan
oleh orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada anak usia sekolah dasar di
Kelurahan Otting Kec. Tellusiattinge Kab.Bone terkait perannya yaitu: melakukan
pembiasaan untuk mengaji, memberikan pengawasan kepada anak. Kedua Faktor
pendukung dan penghmbat orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada anak
yakni: faktor pendukung dari orang tua itu sendiri sebagai guru mengaji di rumah
sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni: anak yang memiliki rasa malas,
kecanduan game online, orang tua yang kurang memahami ilmu tajwid, dan tidak
lancar dalam membaca al-Qur’an, serta pengaruh lingkungan yang kurang baik yang
dapat menghambat proses pembelajaran di rumah maupun di sekolah. Ketiga Adapun
kontribusi orang tua terkait perannya dalam pembelajaran al-Qur’an pada anak usia
sekolah dasar yakni: memberikan perhatian kepada anak memberikan hadiah/
penghargaan, bimbingan di rumah, seperti mengatur jadwal mengaji anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah diuraikan penulis
maka dapat simpulkan bahwa:
1. Upaya yang dilakukan oleh orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada
anak usia sekolah dasar di Kelurahan Otting Kec. Tellusiattinge Kab.Bone
terkait perannya yaitu: melakukan pembiasaan untuk mengaji, memberikan
pengawasan kepada anak.
2. Faktor pendukung dan penghambat orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an
pada anak yakni: faktor pendukung dari orang tua itu sendiri sebagai guru
mengaji di rumah sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni: anak
yang memiliki rasa malas, kecanduan game online, orang tua yang kurang
memahami ilmu tajwid, dan tidak lancar dalam membaca al-Qur’an, serta
pengaruh lingkungan yang kurang baik yang dapat menghambat proses
pembelajaran di rumah maupun di sekolah.
3. Adapun kontribusi orang tua terkait perannya dalam pembelajaran al-Qur’an
pada anak usia sekolah dasar yakni: memberikan perhatian kepada anak
memberikan hadia/ penghargaan, bimbingan di rumah, seperti mengatur jadwal
mengaji anak .
B. Implikasi
Setelah kesimpulan tersebut diuraikan maka penulis akan
menguraikan beberapa implikasi. Adapun implikasi yang dimaksud adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada seluruh orang tua (anak) didik usia sekolah dasar dapat
menjalankannya perannya secara maksimal, seperti yang telah dijelaskan
oleh penulis pada latar belakang yang menyatakan bahwa orang tua
merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, sebagai generasi
penerus, serta pentingnya menanamkan ilmu agama sejak awal pada anak,
serta dapat bekerja sama dengan pihak sekolah beserta masyarakat yang
memberikan energi positif pada proses pertumbuhan dan perkembangan
(anak) didik.
2. Diharapkan kepada anak usia sekolah dasar mampu meiliki kesadaran yang
lebih tinggi, memiliki gairah untuk mempelajari al-Qur’an
3. Setelah penulisan skripsi ini selesai, diharapkan mampu memberikan
kontribusi terhadap dunia pendidikan, baik itu pendidikan formal (
sekolah), non formal (keluarga), dan in formal (masyarakat). Ketiga hal
tersebut merupakan bagian dari lingkungan pendidikan islam yang
gunakan untuk belajar karena ketiganya merupakan hal yang tidak bisa
dipisahkan.
Qur’an pada anak usia sekolah dasar di kelurahan Otting Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Upaya, faktor pendukung
serta penghambat, dan kontribusi orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada
anak usia sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini yaitu Orang tua dan anak usia sekolah dasar. Adapun metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis dengan tiga tahap
yakni, reduksi data (merangkum), penyajian data (menyusun), dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Upaya yang dilakukan
oleh orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada anak usia sekolah dasar di
Kelurahan Otting Kec. Tellusiattinge Kab.Bone terkait perannya yaitu: melakukan
pembiasaan untuk mengaji, memberikan pengawasan kepada anak. Kedua Faktor
pendukung dan penghmbat orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada anak
yakni: faktor pendukung dari orang tua itu sendiri sebagai guru mengaji di rumah
sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni: anak yang memiliki rasa malas,
kecanduan game online, orang tua yang kurang memahami ilmu tajwid, dan tidak
lancar dalam membaca al-Qur’an, serta pengaruh lingkungan yang kurang baik yang
dapat menghambat proses pembelajaran di rumah maupun di sekolah. Ketiga Adapun
kontribusi orang tua terkait perannya dalam pembelajaran al-Qur’an pada anak usia
sekolah dasar yakni: memberikan perhatian kepada anak memberikan hadiah/
penghargaan, bimbingan di rumah, seperti mengatur jadwal mengaji anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah diuraikan penulis
maka dapat simpulkan bahwa:
1. Upaya yang dilakukan oleh orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an pada
anak usia sekolah dasar di Kelurahan Otting Kec. Tellusiattinge Kab.Bone
terkait perannya yaitu: melakukan pembiasaan untuk mengaji, memberikan
pengawasan kepada anak.
2. Faktor pendukung dan penghambat orang tua terhadap pembelajaran al-Qur’an
pada anak yakni: faktor pendukung dari orang tua itu sendiri sebagai guru
mengaji di rumah sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni: anak
yang memiliki rasa malas, kecanduan game online, orang tua yang kurang
memahami ilmu tajwid, dan tidak lancar dalam membaca al-Qur’an, serta
pengaruh lingkungan yang kurang baik yang dapat menghambat proses
pembelajaran di rumah maupun di sekolah.
3. Adapun kontribusi orang tua terkait perannya dalam pembelajaran al-Qur’an
pada anak usia sekolah dasar yakni: memberikan perhatian kepada anak
memberikan hadia/ penghargaan, bimbingan di rumah, seperti mengatur jadwal
mengaji anak .
B. Implikasi
Setelah kesimpulan tersebut diuraikan maka penulis akan
menguraikan beberapa implikasi. Adapun implikasi yang dimaksud adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada seluruh orang tua (anak) didik usia sekolah dasar dapat
menjalankannya perannya secara maksimal, seperti yang telah dijelaskan
oleh penulis pada latar belakang yang menyatakan bahwa orang tua
merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, sebagai generasi
penerus, serta pentingnya menanamkan ilmu agama sejak awal pada anak,
serta dapat bekerja sama dengan pihak sekolah beserta masyarakat yang
memberikan energi positif pada proses pertumbuhan dan perkembangan
(anak) didik.
2. Diharapkan kepada anak usia sekolah dasar mampu meiliki kesadaran yang
lebih tinggi, memiliki gairah untuk mempelajari al-Qur’an
3. Setelah penulisan skripsi ini selesai, diharapkan mampu memberikan
kontribusi terhadap dunia pendidikan, baik itu pendidikan formal (
sekolah), non formal (keluarga), dan in formal (masyarakat). Ketiga hal
tersebut merupakan bagian dari lingkungan pendidikan islam yang
gunakan untuk belajar karena ketiganya merupakan hal yang tidak bisa
dipisahkan.
Ketersediaan
| STAR20230331 | 331/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
331/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
