Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAN 1 Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Double Loop
Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
fikih kelas X MAN 1 Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah untuk
mengetahui pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaran Double Loop Problem
Solving (DLPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X
MAN 1 Bone. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan
pendekatan paedagogik dengan teknik tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan aplikasi microsoftexcel dan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) lebih
tinggi dari pada hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model
pembelajaran ceramah, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang telah
dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan
bahwa diperoleh t hitung = 10.9206 dan t tabel = 1.7011, sehingga hasilnya t hitung > t tabel
yang artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaran Double Loop
Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
fikih kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bone. Dengan kata lain model
pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) lebih tepat digunakan dalam
pelajaran fikih khususnya pada materi kepemilikan dalam Islam-akad dibandingkan
dengan model pembelajaran ceramah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta
didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Double Loop
Problem Solving (DLPS) lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik
pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah, hal ini dapat
dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa diperoleh t hitung =
10.9206 dan t tabel = 1.7011, sehingga hasilnya t hitung > t tabel yang artinya H 1
diterima dan H 0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaran Double Loop
Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran fikih kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bone. Dengan kata
lain model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) lebih tepat
digunakan dalam pelajaran fikih khususnya pada materi kepemilikan dalam
Islam-akad dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka dibawah ini akan
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis kepada:
1. Kepada kepala madrasah agar terus membantu pendidik mata pelajaran
fikih melalui kegiatan-kegiatan sekolah yang mendukung pengembangan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik sehingga hasil belajar
peserta didik dapat meningkat.
2. Kepada para tenaga pendidik yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
1 Bone terutama pendidik pada mata pelajaran fikih, agar mampu lebih
terampil lagi dalam memilih model pembelajaran yang digunakan agar
hasil belajar peserta didik dapat meningkat.
3. Kepada seluruh peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bone
hendaknya lebih memperhatikan arahan dan penjelasan dari para pendidik,
karena pendidik sebagai orangtua kedua selama di sekolah selalu
menginginkan anak-anaknya berhasil dan sukses. Maka setiap peserta
didik diharapkan dapat memperhatikan penjelasan dari pendidik dan
bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik
dapat meningkat.
Ketersediaan
STAR2023001515/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

15/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top