Implementasi Metode Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Ulaweng
Tarisha Anggreni/862082019105 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai implementasi metode pembelajaran think
talk write dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng. Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran think talk
write pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng? 2)
Bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Ulaweng? 3) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan
metode think talk write pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Ulaweng?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kependidikan agama Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian
metode think talk write siswa mencari jawaban dari pertanyaan guru, berdiskusi
dengan temannya atau saling bertukar informasi aktif dalam belajar, siswa rajin
membaca buku, mengerjakan tugas dengan saling bekerja sama, berani berbicara
didepan temannya dan menulis kesimpulan agar tidak mudah lupa dengan materi
yang didapatkan. Dengan menggunakan metode belajar yang tepat akan
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan disertai pemberian pujian yang
diberikan dan nilai tambah kepada peserta didik akan membuatnya lebih semangat
dalam belajar dan semakin termotivasi mengikuti pembelajaran. Siswa lebih
termotivasi dalam belajar secara berkelompok, karena saling bekerja sama dengan
teman kelompok dan adanya pertukaran pendapat langsung dari teman-teman
sekelas mereka. Motivasi belajar yang dimiliki siswa ditandai dengan adanya
dorongan dalam diri maupun dari luar atau minat siswa terhadap kegiatan belajar
disekolah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang
berkaitan dengan kegiatan implementasi metode pembelajaran think talk write
yaitu kepada guru diharapkan mampu meningkatkan perananya dalam
implementasi metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diberikan, dan bagi
guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran think talk write diharapkan
untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat, dan media dengan baik.
Implementasi metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi metode pembelajaran think talk write melatih siswa untuk terlibat
secara aktif dalam menyampaikan dan menerima materi dari guru maupun teman
sebayanya. Pengimplementasian metode think talk write siswa mencari jawaban
dari pertanyaan guru, berdiskusi dengan temannya atau saling bertukar informasi
aktif dalam belajar serta menyimpulkan materi yang dipelajari sehingga dapat
menambah pengetahuan siswa, meskipun masih ada beberapa siswa yang merasa
kesulitan mengerjakan tugas secara individu tetapi, dengan mengerjakan tugas
secara berkelompok siswa bisa mengerjakan tugasnya dengan baik dan saling
bekerja sama, serta diakhir pembelajaran siswa menulis kesimpulan dari materi
yang dipelajari.
2. Siswa yang memiliki motivasi belajar dengan adanya keinginan untuk
memperoleh prestasi yang baik bukan hanya semata datang dari keinginannya saja
tetapi adanya pancingan dari lingkungan sekitarnya. Dengan menggunakan
metode belajar yang tepat akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
disertai pemberian pujian yang diberikan dan nilai tambah kepada peserta didik
akan membuatnya lebih semangat dalam belajar dan semakin termotivasi
mengikuti pembelajaran.
3. Metode pembelajaran Think talk write membantu mempercepat pemahaman
siswa, siswa lebih termotivasi belajar secara berkelompok, karena adanya
pertukaran pendapat langsung dari teman-teman sekelas mereka dan saling
bekerja sama dengan teman kelompoknya. Motivasi belajar yang dimiliki siswa
ditandai dengan adanya dorongan dalam diri maupun dari luar atau minat siswa
terhadap kegiatan belajar disekolah. Setiap diri siswa memiliki dorongan dan
kebutuhan dalam belajar. Seperti, siswa aktif mengikuti pembelajaran karena
takut ketinggalan materi, mengerjakan tugas karena adanya dorongan dari teman,
tidak mudah putus asa mengerjakan tugas jika tugasnya dijawab dengan baik dan
dapat nilai tinggi akan merasa senang dan bangga dan motivasinya meningkat
karena siswa saling bekerja sama dengan teman kelompoknya.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam, agar
mampu meningkatkan peranannya dalam implementasi metode pembelajaran
think talk write. Supaya siswa atau peserta didik lebih meningkatkan hasil
belajarnya terhadap pelajaran pendidikan agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 1
Ulaweng, agar selalu menerapkan metode pembelajaran think talk write dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam yang sesuai dengan materi yang
diberikannya, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar.
3. Bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran think talk write
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media
dengan baik. Metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan
pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam.
talk write dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng. Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran think talk
write pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng? 2)
Bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Ulaweng? 3) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan
metode think talk write pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Ulaweng?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kependidikan agama Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian
metode think talk write siswa mencari jawaban dari pertanyaan guru, berdiskusi
dengan temannya atau saling bertukar informasi aktif dalam belajar, siswa rajin
membaca buku, mengerjakan tugas dengan saling bekerja sama, berani berbicara
didepan temannya dan menulis kesimpulan agar tidak mudah lupa dengan materi
yang didapatkan. Dengan menggunakan metode belajar yang tepat akan
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan disertai pemberian pujian yang
diberikan dan nilai tambah kepada peserta didik akan membuatnya lebih semangat
dalam belajar dan semakin termotivasi mengikuti pembelajaran. Siswa lebih
termotivasi dalam belajar secara berkelompok, karena saling bekerja sama dengan
teman kelompok dan adanya pertukaran pendapat langsung dari teman-teman
sekelas mereka. Motivasi belajar yang dimiliki siswa ditandai dengan adanya
dorongan dalam diri maupun dari luar atau minat siswa terhadap kegiatan belajar
disekolah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang
berkaitan dengan kegiatan implementasi metode pembelajaran think talk write
yaitu kepada guru diharapkan mampu meningkatkan perananya dalam
implementasi metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diberikan, dan bagi
guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran think talk write diharapkan
untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat, dan media dengan baik.
Implementasi metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi metode pembelajaran think talk write melatih siswa untuk terlibat
secara aktif dalam menyampaikan dan menerima materi dari guru maupun teman
sebayanya. Pengimplementasian metode think talk write siswa mencari jawaban
dari pertanyaan guru, berdiskusi dengan temannya atau saling bertukar informasi
aktif dalam belajar serta menyimpulkan materi yang dipelajari sehingga dapat
menambah pengetahuan siswa, meskipun masih ada beberapa siswa yang merasa
kesulitan mengerjakan tugas secara individu tetapi, dengan mengerjakan tugas
secara berkelompok siswa bisa mengerjakan tugasnya dengan baik dan saling
bekerja sama, serta diakhir pembelajaran siswa menulis kesimpulan dari materi
yang dipelajari.
2. Siswa yang memiliki motivasi belajar dengan adanya keinginan untuk
memperoleh prestasi yang baik bukan hanya semata datang dari keinginannya saja
tetapi adanya pancingan dari lingkungan sekitarnya. Dengan menggunakan
metode belajar yang tepat akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
disertai pemberian pujian yang diberikan dan nilai tambah kepada peserta didik
akan membuatnya lebih semangat dalam belajar dan semakin termotivasi
mengikuti pembelajaran.
3. Metode pembelajaran Think talk write membantu mempercepat pemahaman
siswa, siswa lebih termotivasi belajar secara berkelompok, karena adanya
pertukaran pendapat langsung dari teman-teman sekelas mereka dan saling
bekerja sama dengan teman kelompoknya. Motivasi belajar yang dimiliki siswa
ditandai dengan adanya dorongan dalam diri maupun dari luar atau minat siswa
terhadap kegiatan belajar disekolah. Setiap diri siswa memiliki dorongan dan
kebutuhan dalam belajar. Seperti, siswa aktif mengikuti pembelajaran karena
takut ketinggalan materi, mengerjakan tugas karena adanya dorongan dari teman,
tidak mudah putus asa mengerjakan tugas jika tugasnya dijawab dengan baik dan
dapat nilai tinggi akan merasa senang dan bangga dan motivasinya meningkat
karena siswa saling bekerja sama dengan teman kelompoknya.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam, agar
mampu meningkatkan peranannya dalam implementasi metode pembelajaran
think talk write. Supaya siswa atau peserta didik lebih meningkatkan hasil
belajarnya terhadap pelajaran pendidikan agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 1
Ulaweng, agar selalu menerapkan metode pembelajaran think talk write dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam yang sesuai dengan materi yang
diberikannya, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar.
3. Bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran think talk write
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media
dengan baik. Metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan
pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam.
Ketersediaan
| STAR20230241 | 241/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
