Urgensi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Kabupaten Bone
Sahlan Ma'ruf/862082019025 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan
Islam dalam Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Siswa pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 7 Kabupaten Bone. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik
di SMA Negeri 7 Bone serta bagaimana peran guru dalam menstransfer nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik
di SMA Negeri 7 Bone?
Untuk memudahkan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif melalui file research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA
Negeri 7 Bone dapat dilihat dari penguatan nilai iman (akidah), serta akhlak dalam
berbagai dimensi pembelajaran PAI dengan melibatkan berbagai metode
pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan
yang pada giliranya diarahkan pada bagaimana peserta didik dapat mengenali emosi
diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, serta
membina hubungan.
Peran dalam mentransfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone dapat
diklasifikasikan dengan beberapa peran terkait yang dalam hal ini adalah sebagai
pembimbing, sebagai motivator, sebagai evaluator, serta sebaagai sumber keteladanan
dalam upaya untuk mentrasfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan data penelitian yang telah diolah dan dianalisis yang kemudian
menjadi jawaban dari rumusan masalah yang telah ditetapkan, peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone dapat dilihat dari
penguatan nilai iman (akidah), ibadah, serta akhlak dalam berbagai dimensi
pembelajaran PAI dengan melibatkan berbagai metode pembelajaran yang
bervariasi sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan yang pada
gilirannya diarahkan pada bagaimana peserta didik dapat mengenali emosi
diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain,
serta membina hubungan.
2. Peran guru dalam menstransfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone
dapat diklasifikasikan dengan beberapa peran terkait yang dalam hal ini
adalah sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai evaluator, serta
sebagasi sumber keteladanan dalam upaya untuk menstransfer nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta
didik.
B. REKOMENDASI
Penelitian ini melahirkan rekomendasu bahwa proses Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik harus ditingkatkan
agar proses pendidikan yang berlangsung dapat melahirkan pribadi-pribadi yang
berakhlak karena adanya pemahaman yang bijaksana terkait bagaimana relasi sosial
yang membangun dirinya dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan kecerdasaan
emosional, peserta didik akan mendapatkan suatu bekal yang kuat dalam meraih
kesuksesan di masa depannya.
Islam dalam Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Siswa pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 7 Kabupaten Bone. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik
di SMA Negeri 7 Bone serta bagaimana peran guru dalam menstransfer nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik
di SMA Negeri 7 Bone?
Untuk memudahkan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif melalui file research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA
Negeri 7 Bone dapat dilihat dari penguatan nilai iman (akidah), serta akhlak dalam
berbagai dimensi pembelajaran PAI dengan melibatkan berbagai metode
pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan
yang pada giliranya diarahkan pada bagaimana peserta didik dapat mengenali emosi
diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, serta
membina hubungan.
Peran dalam mentransfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone dapat
diklasifikasikan dengan beberapa peran terkait yang dalam hal ini adalah sebagai
pembimbing, sebagai motivator, sebagai evaluator, serta sebaagai sumber keteladanan
dalam upaya untuk mentrasfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan data penelitian yang telah diolah dan dianalisis yang kemudian
menjadi jawaban dari rumusan masalah yang telah ditetapkan, peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone dapat dilihat dari
penguatan nilai iman (akidah), ibadah, serta akhlak dalam berbagai dimensi
pembelajaran PAI dengan melibatkan berbagai metode pembelajaran yang
bervariasi sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan yang pada
gilirannya diarahkan pada bagaimana peserta didik dapat mengenali emosi
diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain,
serta membina hubungan.
2. Peran guru dalam menstransfer nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik di SMA Negeri 7 Bone
dapat diklasifikasikan dengan beberapa peran terkait yang dalam hal ini
adalah sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai evaluator, serta
sebagasi sumber keteladanan dalam upaya untuk menstransfer nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta
didik.
B. REKOMENDASI
Penelitian ini melahirkan rekomendasu bahwa proses Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik harus ditingkatkan
agar proses pendidikan yang berlangsung dapat melahirkan pribadi-pribadi yang
berakhlak karena adanya pemahaman yang bijaksana terkait bagaimana relasi sosial
yang membangun dirinya dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan kecerdasaan
emosional, peserta didik akan mendapatkan suatu bekal yang kuat dalam meraih
kesuksesan di masa depannya.
Ketersediaan
| STAR20230248 | 248/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
248/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
