Urgensi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Pada Madrasah Aliyah Di Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone Kabupaten Bone
Vivi Harvina/ 02.15.3149 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Manajemen Mutu Terpadu dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji di skripsi ini yaitu pentingnya Manajemen
Mutu Terpadu dalam meningkatkan pendidikan.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan tekhnik pengumpulan data
yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif uantuk mendeskripsikan tentang Urgensi Manajemen
Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di MA Al-
Junaidiyah Biru
Bone Kabupaten Bone dalam menganalisis data, penulis
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data,
penyajian data (Display data) dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen mutu
terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone kabupaten Bone dimulai dari pimpinan
puncak dalam menetapan visi misi untuk madrasah, penetapan program jangka
pendek dan program jangka panjang, peningkatan prestasi siswa melalui
pengembangan program dan kegiatan, pengembangan manajemen diupayakan
sedemikian kompleks dimulai dari pengelolaan kurikulum, buku ajar, pengembangan
SDM guru, staf tata usaha, pengembangan aset serta pengelolaan yang kuat.
Selanjutnya Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone perbaikan sistem informasi manajemen, perbaikan sumber daya
manusia yang potensial, merlibatan semua fungsi, serta melakukan pebaikan kualitas
secara terus menerus. 2) Kualitas pendidikan islam di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
Kabupaten Bone mengacu pada komponen-komponen sesuai dengan keputusan
menteri Pendidikan Nasional akreditasi dan ditambah dengan kurikulum kepesantrenan.
A. Simpulan
1. Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone dimulai dari pimpinan puncak dalam menetapan visi misi
untuk madrasah, penetapan program jangka pendek dan program jangka
panjang, peningkatan prestasi siswa melalui pengembangan program dan
kegiatan, pengembangan manajemen diupayakan sedemikian kompleks
dimulai dari pengelolaan kurikulum, buku ajar, pengembangan SDM guru,
staf tata usaha, pengembangan aset serta pengelolaan yang kuat. Selanjutnya
Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone perbaikan sistem informasi manajemen, perbaikan sumber
daya manusia yang potensial, merlibatan semua fungsi, serta melakukan
pebaikan kualitas secara terus menerus.
2. Kualitas pendidikan islam di MA Al- Junaidiyah Biru Bone Kabupaten Bone
mengacu pada komponen-komponen sesuai dengan keputusan menteri
Pendidikan Nasional akreditasi yaitu kurikulum dalam proses pembelajaran,
administrasi madrasah, sarana dan prasarana,
pendayagunaan tenaga pendidik, pembiayaan, peserta didik, peran serta masyarakat,
organisasi/kelembagaan sekolah/ madrasah, serta lingkungan kultur sekolah/
madrasah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang penulis maksud sebagai berikut :
1. Pihak madrasah perlu memperhatikan pendekatan dalam meningkatkan
kualitas pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam di
MA Al-Junaidiyah Biru Bone kabupaten Bone sesuai dengan kebutuhan
pelanggan internal (guru, pustakawan, laboran, teknisi, serta tenaga
adaministrasi) dan pelanggan eksternal(siswa, orangtua, pemerintah,
masyarakat serta pemakai/ penerima lulusan baik di perguruan tinggi
maupun dunia kerja).
2. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar memiliki acuan dalam
meningkatkan kualitas pendidikan agar berjalan dengan baik serta dapat
mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji di skripsi ini yaitu pentingnya Manajemen
Mutu Terpadu dalam meningkatkan pendidikan.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan tekhnik pengumpulan data
yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif uantuk mendeskripsikan tentang Urgensi Manajemen
Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di MA Al-
Junaidiyah Biru
Bone Kabupaten Bone dalam menganalisis data, penulis
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data,
penyajian data (Display data) dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen mutu
terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone kabupaten Bone dimulai dari pimpinan
puncak dalam menetapan visi misi untuk madrasah, penetapan program jangka
pendek dan program jangka panjang, peningkatan prestasi siswa melalui
pengembangan program dan kegiatan, pengembangan manajemen diupayakan
sedemikian kompleks dimulai dari pengelolaan kurikulum, buku ajar, pengembangan
SDM guru, staf tata usaha, pengembangan aset serta pengelolaan yang kuat.
Selanjutnya Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone perbaikan sistem informasi manajemen, perbaikan sumber daya
manusia yang potensial, merlibatan semua fungsi, serta melakukan pebaikan kualitas
secara terus menerus. 2) Kualitas pendidikan islam di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
Kabupaten Bone mengacu pada komponen-komponen sesuai dengan keputusan
menteri Pendidikan Nasional akreditasi dan ditambah dengan kurikulum kepesantrenan.
A. Simpulan
1. Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone dimulai dari pimpinan puncak dalam menetapan visi misi
untuk madrasah, penetapan program jangka pendek dan program jangka
panjang, peningkatan prestasi siswa melalui pengembangan program dan
kegiatan, pengembangan manajemen diupayakan sedemikian kompleks
dimulai dari pengelolaan kurikulum, buku ajar, pengembangan SDM guru,
staf tata usaha, pengembangan aset serta pengelolaan yang kuat. Selanjutnya
Implementasi manajemen mutu terpadu di MA Al- Junaidiyah Biru Bone
kabupaten Bone perbaikan sistem informasi manajemen, perbaikan sumber
daya manusia yang potensial, merlibatan semua fungsi, serta melakukan
pebaikan kualitas secara terus menerus.
2. Kualitas pendidikan islam di MA Al- Junaidiyah Biru Bone Kabupaten Bone
mengacu pada komponen-komponen sesuai dengan keputusan menteri
Pendidikan Nasional akreditasi yaitu kurikulum dalam proses pembelajaran,
administrasi madrasah, sarana dan prasarana,
pendayagunaan tenaga pendidik, pembiayaan, peserta didik, peran serta masyarakat,
organisasi/kelembagaan sekolah/ madrasah, serta lingkungan kultur sekolah/
madrasah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang penulis maksud sebagai berikut :
1. Pihak madrasah perlu memperhatikan pendekatan dalam meningkatkan
kualitas pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam di
MA Al-Junaidiyah Biru Bone kabupaten Bone sesuai dengan kebutuhan
pelanggan internal (guru, pustakawan, laboran, teknisi, serta tenaga
adaministrasi) dan pelanggan eksternal(siswa, orangtua, pemerintah,
masyarakat serta pemakai/ penerima lulusan baik di perguruan tinggi
maupun dunia kerja).
2. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar memiliki acuan dalam
meningkatkan kualitas pendidikan agar berjalan dengan baik serta dapat
mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Ketersediaan
| STAR20190334 | 334/20219 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
334/20219
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
