Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Di Sd 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng Kab. Bone
Syamsul Edi/ 02.17.3146 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan di SD
12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
bagaimana gaya Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yaitu data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang
berupa informasi atau penjelasan yang berbentuk angka. Data dikumpulkan melalui
observasi (pengamatan), kuesioner (angket), dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus-rumus
statistik yang relevan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pertama
gaya kepemimpinan
situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka terdapat kategori sangat baik,
hal ini dilihat dari hasil penelitian bahwa jumlah sum 2346, maximum 60, minimum
59, range 2, median 59 dan mean 59,41463. Dibuktikan dengan hasil gaya
kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka Kec.Ulaweng.
Kedua kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng
sudah cukup baik dibuktikan jumlah sum 2244, maximum 55, minimum 54, range 3,
median 55 dan mean 54,73171dibuktikan dengan hasil kualitas penyelenggaraan
pendidikan rata-rata untuk variabel kualitas penyelenggaraan pendidikan 54,80.
Angka 54,80 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval antara 54-
55. Ketiga gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka
cukup berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan, hal ini dibuktikan dengan
hasil gaya kepemimpinan sebesar 95,12% dari jumlah 41 responden.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka
terdapat kategori sangat baik, hal ini dilihat dari hasil penelitian bahwa jumlah
sum 2346, maximum 60, minimum 59, range 2, median 59 dan mean 59,41.
Dibuktikan dengan hasil gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD
12/79 Pallawarukka Kec.Ulaweng.
2. Kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng
sudah cukup baik dibuktikan jumlah sum 2244, maximum 55, minimum 54,
range 3, median 55 dan mean 54,73 dibuktikan dengan hasil kualitas
penyelenggaraan pendidikan rata-rata untuk variabel kualitas penyelenggaraan
pendidikan 54,80. Angka 54,80 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval antara 54-55.
3. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka cukup
berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka
Kec. Ulaweng. Hal ini dibuktikan dengan hasil gaya kepemimpinan sebesar
95,12% .
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentanggaya kepemimpinan situasional
kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD
Inp.12/79 Pallawarukka yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah mempertahankan gaya kepemimpinan dengan para
pegawai di SD Inp.12/79 Pallawarukka
2. Hendaknya kepala sekolah mampu mengunakan gaya kepemimpinan yang dapat
meninkatkan hubungan yang baik dengan para guru di sekolah
3. Hendaknya kepala sekolah dan guru saling bekerjasama dengan baik dalam
meningkatkan kualiatas penyelenggaraan pendidikan
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan di SD
12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
bagaimana gaya Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yaitu data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang
berupa informasi atau penjelasan yang berbentuk angka. Data dikumpulkan melalui
observasi (pengamatan), kuesioner (angket), dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus-rumus
statistik yang relevan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pertama
gaya kepemimpinan
situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka terdapat kategori sangat baik,
hal ini dilihat dari hasil penelitian bahwa jumlah sum 2346, maximum 60, minimum
59, range 2, median 59 dan mean 59,41463. Dibuktikan dengan hasil gaya
kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka Kec.Ulaweng.
Kedua kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng
sudah cukup baik dibuktikan jumlah sum 2244, maximum 55, minimum 54, range 3,
median 55 dan mean 54,73171dibuktikan dengan hasil kualitas penyelenggaraan
pendidikan rata-rata untuk variabel kualitas penyelenggaraan pendidikan 54,80.
Angka 54,80 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval antara 54-
55. Ketiga gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka
cukup berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan, hal ini dibuktikan dengan
hasil gaya kepemimpinan sebesar 95,12% dari jumlah 41 responden.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka
terdapat kategori sangat baik, hal ini dilihat dari hasil penelitian bahwa jumlah
sum 2346, maximum 60, minimum 59, range 2, median 59 dan mean 59,41.
Dibuktikan dengan hasil gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD
12/79 Pallawarukka Kec.Ulaweng.
2. Kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka Kec. Ulaweng
sudah cukup baik dibuktikan jumlah sum 2244, maximum 55, minimum 54,
range 3, median 55 dan mean 54,73 dibuktikan dengan hasil kualitas
penyelenggaraan pendidikan rata-rata untuk variabel kualitas penyelenggaraan
pendidikan 54,80. Angka 54,80 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval antara 54-55.
3. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD 12/79 Pallawarukka cukup
berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD 12/79 Pallawarukka
Kec. Ulaweng. Hal ini dibuktikan dengan hasil gaya kepemimpinan sebesar
95,12% .
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentanggaya kepemimpinan situasional
kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di SD
Inp.12/79 Pallawarukka yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah mempertahankan gaya kepemimpinan dengan para
pegawai di SD Inp.12/79 Pallawarukka
2. Hendaknya kepala sekolah mampu mengunakan gaya kepemimpinan yang dapat
meninkatkan hubungan yang baik dengan para guru di sekolah
3. Hendaknya kepala sekolah dan guru saling bekerjasama dengan baik dalam
meningkatkan kualiatas penyelenggaraan pendidikan
Ketersediaan
| STAR20210252 | 252/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
252/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
