Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kerjasama Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII A MTs Al-Nahdah Cina Kabupaten Bone.
Muhammad Yusuf/862082019098 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran think pair share
dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-
Nahdah Cina Kabupaten Bone. Hal yang penting dalam penelitian skripsi yaitu untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran think pair share, dan untuk mngetahui
peningkatan kerjasama siswa dengan menggunakan model think pair share pada mata
pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-Nahdah Cina.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan kelas (PTK) partisipan dengan
menggunakan pendekatan pedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes
kuesioner, dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model think pair share menjadi salah satu
model yang dapat membantu untuk meningkatkan kerjasama siswa pada mata
pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-nahdah Cina. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada
tahap pelaksanaan siklus I, proses penelitian masih kurang maksimal, hal ini
dikarenakan siswa belum terbiasa menggunakan model think pair share dalam proses
pembelajaran. 2) Pada tahap pelaksanaan siklus II, proses penelitian telah berjalan
dengan baik dan siswa sudah memahmi mengenai model pelaksanaan think pair
share dengan melihat hasil kesioner pada siklus II yang dimana siswa mengalami
peningkatan secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kerjasama
siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor rata-rata persentase 13,25% dan
rata-rata (mean) sebanyak 40,55 dalam peningkatan kerjasama siswa. Pada siklus II
siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 97,62% dan rata-rata (mean)
sebanyak 46,86. Dengan hasil ini siswa mengalami peningkatan yang signifikan.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan IBM Statistik 26 nilai sig (2-
tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak. ada
pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran think pair share
dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-
Nahdah Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama empat
minggu dengan menggunakan siklus I dan diklus II di MTs Al-Nahdah Cina
dengan menggunakan model think pair share dapat dikemukakan kesimpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan model think pair share pada siklus 1 dan 2 peneliti
menyusun rencana yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi. Hasil dari
siklus 1 dapat diketahui bahwa penerapan model think pair share
masih kurang maksimal, dan hasil dari siklus 2 dapat diketahui bahwa
penerapan model think pair share telah mengalami peningkatan
dengan sangat baik.
2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peningkatan
kerjasama siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor rata-
rata persentase 13,25% dan rata-rata (mean) sebanyak 6,31. Pada
siklus I siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 84,46% dan
rata-rata (mean) sebanyak 40,55 dalam peningkatan kerjasama siswa.
Pada siklus II siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 97,62%
dan rata-rata (mean) sebanyak 46,86. Dengan hasil ini siswa
mengalami peningkatan yang signifikan dan Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05
sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh
yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran think pair
share dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih
kelas VII A MTs Al-Nahdah Cina.
B. Saran
Dengan selesainya penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di MTs
Al-Nahdah Cina, maka peneliti memberikan saran-saran berdasakan dengan
penelitian dan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah MTs Al-Nahdah Cina, agar terus membantu
guru guru melalui kegiatan sekolah untuk meningkatkan kerjasama
siswa baik dalam kegiatan belajar atau kegiatan ekstrakulikuler.
2. Kepada guru-guru yang ada di MTs Al-Nahdah Cina, bisa menerapkan
kembali model think pair shrae dengan tujuan meningkatkan
kerjasama siswa di kelas.
3. Kepada siswa MTs Al-Nahdah Cina, lebih menjaga kekompakan,
komunikasi dan kordinasi agar kerjasama tetap berjalan dengan
maksimal.
dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-
Nahdah Cina Kabupaten Bone. Hal yang penting dalam penelitian skripsi yaitu untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran think pair share, dan untuk mngetahui
peningkatan kerjasama siswa dengan menggunakan model think pair share pada mata
pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-Nahdah Cina.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan kelas (PTK) partisipan dengan
menggunakan pendekatan pedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes
kuesioner, dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model think pair share menjadi salah satu
model yang dapat membantu untuk meningkatkan kerjasama siswa pada mata
pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-nahdah Cina. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada
tahap pelaksanaan siklus I, proses penelitian masih kurang maksimal, hal ini
dikarenakan siswa belum terbiasa menggunakan model think pair share dalam proses
pembelajaran. 2) Pada tahap pelaksanaan siklus II, proses penelitian telah berjalan
dengan baik dan siswa sudah memahmi mengenai model pelaksanaan think pair
share dengan melihat hasil kesioner pada siklus II yang dimana siswa mengalami
peningkatan secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kerjasama
siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor rata-rata persentase 13,25% dan
rata-rata (mean) sebanyak 40,55 dalam peningkatan kerjasama siswa. Pada siklus II
siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 97,62% dan rata-rata (mean)
sebanyak 46,86. Dengan hasil ini siswa mengalami peningkatan yang signifikan.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan IBM Statistik 26 nilai sig (2-
tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak. ada
pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran think pair share
dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII A MTs Al-
Nahdah Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama empat
minggu dengan menggunakan siklus I dan diklus II di MTs Al-Nahdah Cina
dengan menggunakan model think pair share dapat dikemukakan kesimpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan model think pair share pada siklus 1 dan 2 peneliti
menyusun rencana yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi. Hasil dari
siklus 1 dapat diketahui bahwa penerapan model think pair share
masih kurang maksimal, dan hasil dari siklus 2 dapat diketahui bahwa
penerapan model think pair share telah mengalami peningkatan
dengan sangat baik.
2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peningkatan
kerjasama siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor rata-
rata persentase 13,25% dan rata-rata (mean) sebanyak 6,31. Pada
siklus I siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 84,46% dan
rata-rata (mean) sebanyak 40,55 dalam peningkatan kerjasama siswa.
Pada siklus II siswa meraih skor dengan rata-rata persentase 97,62%
dan rata-rata (mean) sebanyak 46,86. Dengan hasil ini siswa
mengalami peningkatan yang signifikan dan Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05
sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh
yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran think pair
share dalam meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fikih
kelas VII A MTs Al-Nahdah Cina.
B. Saran
Dengan selesainya penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di MTs
Al-Nahdah Cina, maka peneliti memberikan saran-saran berdasakan dengan
penelitian dan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah MTs Al-Nahdah Cina, agar terus membantu
guru guru melalui kegiatan sekolah untuk meningkatkan kerjasama
siswa baik dalam kegiatan belajar atau kegiatan ekstrakulikuler.
2. Kepada guru-guru yang ada di MTs Al-Nahdah Cina, bisa menerapkan
kembali model think pair shrae dengan tujuan meningkatkan
kerjasama siswa di kelas.
3. Kepada siswa MTs Al-Nahdah Cina, lebih menjaga kekompakan,
komunikasi dan kordinasi agar kerjasama tetap berjalan dengan
maksimal.
Ketersediaan
| STAR20230129 | 129/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
129/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
