Efektivitas Metode Iqra Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di Tk/Tpa Pattola Palallo Di Desa Massenreng Pulu
Nurhasana Nissa/862082019116 - Personal Name
Skripsi ini menyajikan penelitian tentang Efektivitas Metode Iqra Berbasis
Game Based learning dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur‟an di
TK/TPA Pattola Palallo di Desa Massenreng Pulu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan metode iqra berbasis game based learning dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri TK/TPA Pattola Palallo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one
group pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 10 santri TK/TPA Pattola Palallo.
Instrumen yang digunakan adalah tes lisan. Data kemampuan membaca Al-Qur‟an
santri dianalisis dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa setelah pembelajaran menggunakan metode iqra berbasis game based learning
santri memiliki motivasi membaca Al-Qur‟an yang baik. Hal ini terlihat dari nilai
rata-rata post-test yang jauh lebih tinggi dibandingkan pre-test (84.40>58.10). Hal ini
juga terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan 0,009 yang < derajat signifikan (0,05).
Dapat disimpulkan H0 (hipotesis nol) ditolak, dan otomatis H1 (hipotesis alternatif)
diterima. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan metode iqra berbasis
game based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis,
maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil dari penelitian di TK/TPA Pattola Palallo, dapat diketahui bahwa hasil
yang diperoleh dari tes kemampuan membaca Al-Qur‟an yang dilakukan
sebelum diterapkannya metode iqra berbasis game based learning atau
disebut dengan pretest, yaitu nilai rata-rata pretest 58,10 dan standar deviasi
pretest adalah 9,56.
2. Hasil dari penelitian di TK/TPA Pattola Palallo, dapat diketahui bahwa hasil
yang diperoleh dari tes kemampuan membaca Al-Qur‟an setelah
diterapkannya metode iqra berbasis game based learning atau disebut postest,
yaitu nilai rata-rata postest 84,40 dan standar deviasi posttest sebesar 7,72.
3. Berdasarkan hasil pretest dan postest, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t
menunjukkan 0,009 yang < derajat signifikansi (0,05). Hal ini menunjukkan
bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang
signifikan dari kemampuan membaca Al-Qur‟an pada pre-test dan post-test
setelah diberikan treatment melalui metode iqra berbasis game based
learning. Kemudian dari hasil N-Gain dapat disimpulkan bahwa nilai n-gain
pada nilai rata-rata yaitu ,6305 yang berarti berkategori sedang. Pada kategori
tafsiran efektivitas, nilai n-gain persen pada nilai rata-rata yaitu 63,0461 yang
berarti cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan
hasil
penelitian
dan
kesimpulan,
peneliti
ingin
memberikan saran sebagai berikut:
1. Untuk Guru
Guru atau ustazd dan ustadzah harus kreatif dalam mengelola materi
yang harus diintegrasikan ke dalam kelas dan memilih metode yang
menarik sehingga materi yang disampaikan tidak membosankan dan dapat
dipahami oleh soswa/santri dengan mudah.
2. Untuk Siswa
Belajar membaca Al-Qur‟an sangat penting untuk kehidupan saat ini,
dimasa depan maupun diakhirat. Siswa harus aktif belajar membaca Al-
Qur‟an karena merupakan dasar dan bekal untuk kehidupan kelak.
3. Untuk Peneliti Selanjutnya
Karena penelitian ini memberikan hasil yang cukup baik, maka
diharapkan pada penelitian selanjutnya peneliti dapat melakukan penelitian
ini dengan lebih baik dan memberikan hasil yang lebih baik serta dapat
dijadikan sebagai sumber referensi selanjutnya.
Game Based learning dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur‟an di
TK/TPA Pattola Palallo di Desa Massenreng Pulu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan metode iqra berbasis game based learning dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri TK/TPA Pattola Palallo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one
group pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 10 santri TK/TPA Pattola Palallo.
Instrumen yang digunakan adalah tes lisan. Data kemampuan membaca Al-Qur‟an
santri dianalisis dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa setelah pembelajaran menggunakan metode iqra berbasis game based learning
santri memiliki motivasi membaca Al-Qur‟an yang baik. Hal ini terlihat dari nilai
rata-rata post-test yang jauh lebih tinggi dibandingkan pre-test (84.40>58.10). Hal ini
juga terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan 0,009 yang < derajat signifikan (0,05).
Dapat disimpulkan H0 (hipotesis nol) ditolak, dan otomatis H1 (hipotesis alternatif)
diterima. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan metode iqra berbasis
game based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis,
maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil dari penelitian di TK/TPA Pattola Palallo, dapat diketahui bahwa hasil
yang diperoleh dari tes kemampuan membaca Al-Qur‟an yang dilakukan
sebelum diterapkannya metode iqra berbasis game based learning atau
disebut dengan pretest, yaitu nilai rata-rata pretest 58,10 dan standar deviasi
pretest adalah 9,56.
2. Hasil dari penelitian di TK/TPA Pattola Palallo, dapat diketahui bahwa hasil
yang diperoleh dari tes kemampuan membaca Al-Qur‟an setelah
diterapkannya metode iqra berbasis game based learning atau disebut postest,
yaitu nilai rata-rata postest 84,40 dan standar deviasi posttest sebesar 7,72.
3. Berdasarkan hasil pretest dan postest, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t
menunjukkan 0,009 yang < derajat signifikansi (0,05). Hal ini menunjukkan
bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang
signifikan dari kemampuan membaca Al-Qur‟an pada pre-test dan post-test
setelah diberikan treatment melalui metode iqra berbasis game based
learning. Kemudian dari hasil N-Gain dapat disimpulkan bahwa nilai n-gain
pada nilai rata-rata yaitu ,6305 yang berarti berkategori sedang. Pada kategori
tafsiran efektivitas, nilai n-gain persen pada nilai rata-rata yaitu 63,0461 yang
berarti cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan
hasil
penelitian
dan
kesimpulan,
peneliti
ingin
memberikan saran sebagai berikut:
1. Untuk Guru
Guru atau ustazd dan ustadzah harus kreatif dalam mengelola materi
yang harus diintegrasikan ke dalam kelas dan memilih metode yang
menarik sehingga materi yang disampaikan tidak membosankan dan dapat
dipahami oleh soswa/santri dengan mudah.
2. Untuk Siswa
Belajar membaca Al-Qur‟an sangat penting untuk kehidupan saat ini,
dimasa depan maupun diakhirat. Siswa harus aktif belajar membaca Al-
Qur‟an karena merupakan dasar dan bekal untuk kehidupan kelak.
3. Untuk Peneliti Selanjutnya
Karena penelitian ini memberikan hasil yang cukup baik, maka
diharapkan pada penelitian selanjutnya peneliti dapat melakukan penelitian
ini dengan lebih baik dan memberikan hasil yang lebih baik serta dapat
dijadikan sebagai sumber referensi selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20240406 | 406/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
406/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
