Urgensi Penerapan Metode Belajar Tuntas dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih terhadap Kelas VII di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah
diterapakan metode belajar tuntas pada mata Pelajaran Fikih kelas VII di MTs Al-
Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone . Penelitian ini merupakan deskripstif
Kuantitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian posttest-
only control group design yaitu sebuah ekperimen untuk mengetahui penerapan
metode belajar tuntas dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
Fikih di kelas VII MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone.
Hasil penelitian menunjukan bahwa petama, Penerapan metode belajar tuntas
sudah diterapkan dengan baik, Dalam penerapan metode belajar tuntas telah
menerapakan langkah-langkah belajar tuntas mulai dari tahap orientasi, penyajian,
latihan terstruktur, latihan terbimbing, sampai tahap latihan mandiri sehingga
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al-
Hidayah Bakke. . Kedua, pemahaman siswa sebelum diterapkan metode belajar tuntas
dikategorikan rendah dengan rata-rata 57,17 sedangkan pemahaman siswa sesudah
diterapkan metode belajar tuntas mengalami peningkatan dengan rata-rata 80,67.
Ketiga, pengaruh metode belajar tuntas terhadap pemahaman belajar fikih siswa kelas
VII di MTs Al-Hidayah Bakke yaitu hasil analisis data (uji hipotesis) menggunakan
SPSS versi 26 diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 H 1 diterima dan H 0 ditolak atau
uji t dengan menggunakan rumus diperoleh bahwa t hitung > t tabel , 13.051 > 1,701
Maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh metode belajar
tuntas dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di
MTs Al-Hidayah Bakke.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang Urgensi
Penerapan Metode Belajar Tuntas dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada
Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone,
maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode belajar tuntas sudah diterapkan dengan baik, Dalam
penerapan metode belajar tuntas pendidik telah menerapakan langkah-langkah
belajar tuntas mulai dari tahap orientasi sampai tahap latihan mandiri. Dan
tahapan tersebut telah diterapkan dengan baik, hal ini dapat dilihat pendidik
ketika menerapkannya memperhatikan langkah-langkah tersebut agar peserta
didik dapat memahami dan menguasai materi yang telah disampaikan dalam
proses pembelajaran.
2. Pemahaman siswa sebelum diterapakan metode belajar tuntas pada mata
pelajaran fikih di kelas VII MTs Al-Hidayah Bakke masih tergolong rendah.
Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data pretest di peroleh skor
tertinggi sebesar 70 dan skor terendah 50 dengan jumlah rata-rata atau (mean)
57,17, serta standar deviasi 7.154. Mengalami peningkatan sesudah diterapkan
metode belajar tuntas. Hal ini dapat dilihat Hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan posttest diperoleh skor tertinggi sebesar 90 dan skor terendah 70
dengan jumlah rata-rata atau (mean) 80,67 serta standar deviasi sebesar 6.789.
3. Pengaruh metode belajar tuntas terhadap pemahaman belajar fikih siswa kelas
VII di MTs Al-Hidayah Bakke dilakukan uji t, setelah di uji dengan SPSS
versi 26 diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000, artinya jadi 0,000
< 0,05 H 1 diterima dan H 0 ditolak atau uji t dengan menggunakan rumus
diperoleh bahwa t hitung > t tabel , 13.051 > 1,701 Maka artinya H 1 diterima dan
H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh metode belajar tuntas dalam
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs
Al-Hidayah Bakke.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut.
1. Metode belajar tuntas dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran oleh
pendidik untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam prose pembelajaran.
2. Diharapkan kepada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran agar memperoleh
pemahaman belajar yang baik sesuai dengan standar yang ditentukan.
3. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi untuk melakukan penelitian khususnya urgensi penerapan
metode belajar tuntas dakam meningkatkan pemahaman siswa
Ketersediaan
STAR20230259259/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

259/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top