Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTSN 1 Bone
Nurul Amelia/862082019114 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Minat
Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap
Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VII di MTsS Cina dan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas
VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsS Cina serta mengetahui apakah ada
pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak kelas VII di MTsS Cina.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif survey
menggunakan desain simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa SDN 48 Pacing dan yang menjadi sampel yaitu 20 orang siswa yang diambil
siswa kelas VII. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, lembar angket
(kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi gaya mengajar guru pada kelas
Kontrol berada persentase 72,5% sedangkan pada kelas eksperimen menujukkan
persentase sebesar 85% yang artinya adanya perubahan yang signifikan. Data tersebut
di dukung dengan hasil angket siswa mengenai gaya mengajar guru pada kelas kontrol
memperoleh rata-rata sebesar 22.50, sedangkan hasil angket siswa pada kelas
eksperimen memiliki nilai rata-rata 24.85 yang artinya gaya mengajar guru ini baik.
Selanjutnya hasil observasi minat belajar siswa pada kelas kontrol berada persentase
71% sedangkan hasil observasi minat belajar pada kelas eksperimen memiliki
persentase sebesar 91%. Data demikian didukung oleh hasil angket siswa mengenai
minat belajar siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata 24.25, sedangkan rata-rata
nilai angket mengenai minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 25.655.
Demikian dapat disimpulkan dari hasil analisis data menggunakan IBM SPSS Statistik
26 diperoleh hasil uji t bahwa nilai T hitung 4.326> T tabel 1,734, hal ini menunjukkan
bahwa H o ditolak dan H 1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan
antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTsS Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Gaya Mengajar Guru pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di
MTsS Cina pada kelas Kontrol berada persentase 72,5% sedangkan pada
kelas eksperimen menujukkan persentase sebesar 85% yang artinya adanya
perubahan yang signifikan. Data tersebut di dukung dengan hasil angket
siswa mengenai gaya mengajar guru pada kelas kontrol memperoleh rata-
rata sebesar 22.50, sedangkan hasil angket siswa pada kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata 24.85 yang artinya gaya mengajar guru ini baik.
2. Minat Belajar Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
MTsS Cina pada kelas kontrol berada persentase 71% sedangkan hasil
observasi minat belajar pada kelas eksperimen memiliki persentase sebesar
91%. Data demikian didukung oleh hasil angket siswa mengenai minat
belajar siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata 24.25, sedangkan rata-
rata nilai angket mengenai minat belajar siswa pada kelas eksperimen
sebesar 25.655.
3. Terdapat Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina ditunjukkan
dengan perbandingan nilai T hitung sebesar 4.326 ˃ T tabel dengan taraf
sifgnifikansi 0,05 yaitu 1.734. Jadi dapat disimpulkan bahwa T hitung > T tabel ,
maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya
mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTsS Cina.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada bapak/ibu guru untuk lebih meningkatkan keterampilan
dasar mengajarmya dalam mengadakan variasi gaya mengajar dalam
pembelajaran akidah akhlak agar minat belajar siswa lebih meningkat lagi.
2. Diharapkan kepada siswa dapat meningkatkan minat belajarnya dalam
mengikuti proses pembelajaran akidah akhlak.
3. Diharapkan kepada sekolah untuk melakukan pengembangan yang bersifat
meningkatkan gaya mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa.
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi untuk melakukan penelitian khususnya pengaruh variasi
gaya mengajar guru dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap minat
belajar siswa.
Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap
Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VII di MTsS Cina dan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas
VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsS Cina serta mengetahui apakah ada
pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak kelas VII di MTsS Cina.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif survey
menggunakan desain simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa SDN 48 Pacing dan yang menjadi sampel yaitu 20 orang siswa yang diambil
siswa kelas VII. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, lembar angket
(kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi gaya mengajar guru pada kelas
Kontrol berada persentase 72,5% sedangkan pada kelas eksperimen menujukkan
persentase sebesar 85% yang artinya adanya perubahan yang signifikan. Data tersebut
di dukung dengan hasil angket siswa mengenai gaya mengajar guru pada kelas kontrol
memperoleh rata-rata sebesar 22.50, sedangkan hasil angket siswa pada kelas
eksperimen memiliki nilai rata-rata 24.85 yang artinya gaya mengajar guru ini baik.
Selanjutnya hasil observasi minat belajar siswa pada kelas kontrol berada persentase
71% sedangkan hasil observasi minat belajar pada kelas eksperimen memiliki
persentase sebesar 91%. Data demikian didukung oleh hasil angket siswa mengenai
minat belajar siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata 24.25, sedangkan rata-rata
nilai angket mengenai minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 25.655.
Demikian dapat disimpulkan dari hasil analisis data menggunakan IBM SPSS Statistik
26 diperoleh hasil uji t bahwa nilai T hitung 4.326> T tabel 1,734, hal ini menunjukkan
bahwa H o ditolak dan H 1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan
antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTsS Cina.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Gaya Mengajar Guru pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di
MTsS Cina pada kelas Kontrol berada persentase 72,5% sedangkan pada
kelas eksperimen menujukkan persentase sebesar 85% yang artinya adanya
perubahan yang signifikan. Data tersebut di dukung dengan hasil angket
siswa mengenai gaya mengajar guru pada kelas kontrol memperoleh rata-
rata sebesar 22.50, sedangkan hasil angket siswa pada kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata 24.85 yang artinya gaya mengajar guru ini baik.
2. Minat Belajar Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
MTsS Cina pada kelas kontrol berada persentase 71% sedangkan hasil
observasi minat belajar pada kelas eksperimen memiliki persentase sebesar
91%. Data demikian didukung oleh hasil angket siswa mengenai minat
belajar siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata 24.25, sedangkan rata-
rata nilai angket mengenai minat belajar siswa pada kelas eksperimen
sebesar 25.655.
3. Terdapat Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsS Cina ditunjukkan
dengan perbandingan nilai T hitung sebesar 4.326 ˃ T tabel dengan taraf
sifgnifikansi 0,05 yaitu 1.734. Jadi dapat disimpulkan bahwa T hitung > T tabel ,
maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya
mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTsS Cina.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada bapak/ibu guru untuk lebih meningkatkan keterampilan
dasar mengajarmya dalam mengadakan variasi gaya mengajar dalam
pembelajaran akidah akhlak agar minat belajar siswa lebih meningkat lagi.
2. Diharapkan kepada siswa dapat meningkatkan minat belajarnya dalam
mengikuti proses pembelajaran akidah akhlak.
3. Diharapkan kepada sekolah untuk melakukan pengembangan yang bersifat
meningkatkan gaya mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa.
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi untuk melakukan penelitian khususnya pengaruh variasi
gaya mengajar guru dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap minat
belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20230188 | 188/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
188/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
