Pengaruh Metode Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VII Di SMP Negeri 6 Watampone.

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Metode Belajar Kelompok Hasil
Belajar Ssiwa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VII
Di SMP Negeri 6 Watampone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana metode belajar kelompok pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Negeri 6 Watampone? 2)
Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
kelas VII di SMP Negeri 6 Watampone? 3) Bagaimana pengaruh metode
belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam kelas VII di SMP Negeri 6 Watampone?
Adapun motode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
eksperimen menggunkan Posttest Only Control Groub Design. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII F 28 Orang, dan kelas VII G 28
orang. Instrumen penelitian menggunakan angket, tes hasil belajar, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistic deskriptif.
Berdasarkan hasil uji independen sample t test dapat menunjukkan bahwa
t hitung > t tabel , 3.060 > 1,706. Maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah diterapkan metode
belajar kelompok. Oleh karena itu, ada pengaruh metode belajar kelompok
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Serta, berdasarkan nilai signifikasi
(2-tailed) sebesar 0,003. Jika nilai sig (2-tailed ) < 0,05 maka terdapat
perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas
eksperimen. Dan jika nilai sig (2-tailed ) > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan
signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen.
Dari hasil pengelohan dari IMB SPSS Statistik 25 diperoleh nilai signifikasi
(2-tailed) sebesar 0,003, artinya jadi 0,003 < 0,05 maka terdapat perbedaan
signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil deskripsi data angket metode belajar kelompok pada
tabel 3.2 diatas menunjukkan bahwa jumlah responden (N) ada 28, dari 28
responden ini nilai metode belajar kelompok siswa terkecil (minimum)
adalah 36, dan nilai metode belajar kelompok siswa terbesar (maximum)
adalah 52. Nilai range merupakan selisih nilai minimum dan maximum
yakni sebesar 16 dan nilai Sum merupakan penjumlahan dari nilai metode
belajar kelompok ke-28 siswa (responden) yaitu sebesar 1245. Rata-rata
nilai dari 28 responden atau mean sebesar 44.46 dengan standar Deviasi
sebesar 5.357. dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan dapat
diterima.
2. Deskripsi data hasil belajar siswa kelas kontrol pada tabel 3.4
menunjukkan bahwa Berdasarkan tabel diatas menunjukkan jumlah
responden (N) ada 28, dari 28 responden ini nilai aktivitas belajar
kelompok siswa terkecil (minimum) adalah 7, dan nilai aktivitas belajar
kelompok siswa terbesar (maximum) adalah 87. Nilai range merupakan
selisih nilai minimum dan maximum yakni sebesar 80 dan nilai Sum
merupakan penjumlahan dari nilai aktivitas belajar kelompok ke-28 siswa
(responden) yaitu sebesar 1220. Rata-rata nilai dari 28 responden atau
69
mean sebesar 43.57 dengan standar Deviasi sebesar 21.505. dan dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII
G di SMP Negeri 6 Watampone sebelum menerapkan metode belajar
kelompok masih perlu ditingkatkan. Selanjutnya deskripsi data hasil
belajar siswa kelas eksperimen pada tabel 3.6 menunjukkan jumlah
responden (N) ada 28, dari 28 responden ini nilai siswa terkecil
(minimum) adalah 13, dan nilai siswa terbesar (maximum) adalah 100.
Nilai range merupakan selisih nilai minimum dan maximum yakni sebesar
87 dan nilai Sum merupakan penjumlahan dari nilai metode belajar
kelompok ke-28 siswa (responden) yaitu sebesar 1733. Rata-rata nilai dari
28 responden atau mean sebesar 61.90 dengan standar Deviasi sebesar
23.298. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan agama Islam
siswa kelas VII F di SMP Negeri 6 Watampone setelah sesudah
diterapkan metode belajar kelompok tipe learning together sudah ada
peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar pendidikan agama
Islam siswa kelas VII G di SMP Negeri 6 Watampone sebelum
menerapkan metode belajar kelompok.
3. Berdasarkan kriteria analisis pengujian hipotesis, dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel , 3.060 > 1,706. Maka artinya H 1 diterima dan H 0
ditolak. Hal inI menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah
diterapkan metode belajar kelompok. Oleh karena itu, ada pengaruh
metode belajar kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Sedangkan signifikasi (2-tailed) diperoleh sebesar 0,003. Jika nilai sig (2-
tailed ) < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar
kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. Dan jika nilai sig (2-
tailed ) > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil
belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. Dari hasil
pengelohan dari IMB SPSS Statistik 25 diperoleh nilai signifikasi (2-
tailed) sebesar 0,003, artinya jadi 0,003 < 0,05 maka terdapat perbedaan
signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas
eksperimen.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi peneliti yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam,
agar mamupu meningkatkan perannya dalam melakukan metode belajar
kelompok. Supaya siswa lebih meningkatkan hasil belajar terhadap
pelajaran pendidikan agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VII di SMP
Negeri 6 Watampone, agar selalu melakukan metode belajar kelompok
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang sesuai dengan materi
yang diberikannya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin melakukan metode belajar kelompok diharapkan
untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajar, alat dan media dengan
baik. sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
STAR2023006363/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

63/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top