Penerapan Metode Achivement Grouping dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas X TPL Pada Mata pelajaran PAI Di SMK negeri 4 Bone
Anti Sagita/862082019015 - Personal Name
Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Achivement Grouping Dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X TPL Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK
Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah penerapan metode achievement grouping dapat meningkatkan Pemahaman
siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Bone.
Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan subjek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X TPL SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone yang
berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Tes dan observasi
Serta instrument yang digunakan adalah Tes dan observasi.Dan juga menggunakan
Pendekatan pendidikan Agama Islam. Setelah semua data terkumpul data tersebut
dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil Penelitian: Pertama, Penerapan metode achivemen grouping dimulai dengan
dari perencanaan, Dimana perencanaan ini menyenyun beberapa rancangan untuk
penelitian. Selanjutnya Tindakan. Tindakan yaitu pelaksanaan dri apa yang yang telah
direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri dari pendahuluan,
kegiatan inti , pengamatan, dan reflesi. Pada keiatan refleksi apabila tindakan
tersebut tidak ada peningkatan, maka perlu diperbaiki di siklus selanjutnya. Kedua,
pemahaman siswa kelas X TPL setelah diberikan test dengan hasil rata-rata pree test
52, 30, post test1 65,80 dan post test 2 74,35 Serta persentase pree test 30%, post
test I 45% dan post test II 75 %. Ketiga, Penerapan metode achievement grouping
dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di
SMK Negeri 4 Bone,. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil persentase
pree test ke post sebesar 45 %.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada tab hasil peelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan pada hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode achivemen grouping dimulai dengan dari perencanaan,
Dimana perencanaan ini menyenyun beberapa rancangan untuk penelitian.
Selanjutnya Tindakan. Tindakan yaitu pelaksanaan dri apa yang yang telah
direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri dari
pendahuluan, kegiatan inti , pengamatan, dan reflesi. Pada keiatan refleksi
apabila tindakan tersebut tidak ada peningkatan, maka perlu diperbaiki di
siklus selanjutnya.
2. Berdasarkan hasil test yang telah dibagikan untuk mengukur pemahaman
siswa kelas X TPL dengan hasil rata-rata pree test 52, 30, post test1 65,80
dan post test 2 74,35 Serta persentase pree test 30%, post test I 45% dan
post test II 75 %.
3. Penerapan metode achievement grouping dalam meningkatkan pemahaman
siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Bone, dapat
meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan
peningkatan hasil persentase pree test ke post sebesar 45 %.
B. Saran
1. Diharapkan guru lebih memperhatikan kemapuan daya serap siswa agar guru
senantiasa memperhatikan siswa yang daya tangkapnya kurang. Dan
menggunakan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diberikan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan konstribusi di
dalam dunia pendidikan formal, informal dan non formal.
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X TPL Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK
Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah penerapan metode achievement grouping dapat meningkatkan Pemahaman
siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Bone.
Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan subjek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X TPL SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone yang
berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Tes dan observasi
Serta instrument yang digunakan adalah Tes dan observasi.Dan juga menggunakan
Pendekatan pendidikan Agama Islam. Setelah semua data terkumpul data tersebut
dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil Penelitian: Pertama, Penerapan metode achivemen grouping dimulai dengan
dari perencanaan, Dimana perencanaan ini menyenyun beberapa rancangan untuk
penelitian. Selanjutnya Tindakan. Tindakan yaitu pelaksanaan dri apa yang yang telah
direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri dari pendahuluan,
kegiatan inti , pengamatan, dan reflesi. Pada keiatan refleksi apabila tindakan
tersebut tidak ada peningkatan, maka perlu diperbaiki di siklus selanjutnya. Kedua,
pemahaman siswa kelas X TPL setelah diberikan test dengan hasil rata-rata pree test
52, 30, post test1 65,80 dan post test 2 74,35 Serta persentase pree test 30%, post
test I 45% dan post test II 75 %. Ketiga, Penerapan metode achievement grouping
dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di
SMK Negeri 4 Bone,. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil persentase
pree test ke post sebesar 45 %.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada tab hasil peelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan pada hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode achivemen grouping dimulai dengan dari perencanaan,
Dimana perencanaan ini menyenyun beberapa rancangan untuk penelitian.
Selanjutnya Tindakan. Tindakan yaitu pelaksanaan dri apa yang yang telah
direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri dari
pendahuluan, kegiatan inti , pengamatan, dan reflesi. Pada keiatan refleksi
apabila tindakan tersebut tidak ada peningkatan, maka perlu diperbaiki di
siklus selanjutnya.
2. Berdasarkan hasil test yang telah dibagikan untuk mengukur pemahaman
siswa kelas X TPL dengan hasil rata-rata pree test 52, 30, post test1 65,80
dan post test 2 74,35 Serta persentase pree test 30%, post test I 45% dan
post test II 75 %.
3. Penerapan metode achievement grouping dalam meningkatkan pemahaman
siswa kelas X TPL pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Bone, dapat
meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan
peningkatan hasil persentase pree test ke post sebesar 45 %.
B. Saran
1. Diharapkan guru lebih memperhatikan kemapuan daya serap siswa agar guru
senantiasa memperhatikan siswa yang daya tangkapnya kurang. Dan
menggunakan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diberikan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan konstribusi di
dalam dunia pendidikan formal, informal dan non formal.
Ketersediaan
| STAR20230174 | 174/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
174/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
