Peran Orang Tua Dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Sarana Pembinaan Moral Anak Di Desa Labotto Kecamatan Cenrana
Nurlina Ilfa/862082019021 - Personal Name
Skirpsi ini membahas peranan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan
islam sebagai sarana pembinaan moral anak di Desa Labotto Kecamatan Cenrana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memilih
lembaga pendidkikan islam sebagai sarana pembinaan moral anak di Desa Labotto
Kecamtaan Cenrana dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam sebagai sarana pembinaan moral
anak di Desa Labotto Kecamatan Cenrana.
Untuk memudahkan dalam pemecahan masalah tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan berupa
pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa:pertama peranan orang tua dalam
memilih lembaga pendidikan islam sebagai sarana pembinaan moral anak yaitu orang
tua memberikan motivasi kepada anak berupa dukungan kepada pendidikan anak.
Orang tua memilih lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren atau
madrasah untuk membina moral karena di pondok anak benar-benar diajarkan cara
berperilaku dengan baik terbukti bahwa anak sudah mampu menghormati orang yang
lebih tua,melaksanakan shalat lima waktu tepat waktu dan sopan santun. Kedua faktor
pendukung orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam yaitu untuk
memperbaiki perilaku anak serta memperdalam ilmu Agama.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan yang
berkaitan dengan peran orang tua memilih lembaga pendidikan islam sebagai
sarana pembinaan moral anak, yaitu:
1. Peranan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam sebagai
sarana pembinaan moral anak di desa labotto kecamatan cenrana yaitu
orang tua memberikan motivasi kepada anak berupa dukungan kepada
proses pendidikan anak. Orang tua memilih lembaga pendidikan islam
seperti pondok pesantren sebagai tempat terbaik untuk membina moral
anak. Karena di pondok anak benar-benar di ajarakan cara berperilaku
yang baik sesuai dengan ajaran islam,bahkan bukan hanya sekedar
dipelajari tetapi, diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua
sangat berharap dengan memasukkan anak-anaknya ke pondok
pesantren bisa menjadi anak yang berperilaku baik,sopan santun,
mempunyai pedoman hidup yang baik serta menjadi anak yang patuh
kepada kedua orang tua. Selain itu, Banyak sekali perubahan-
perubahan yang dialami oleh seorang anak setelah di sekolahkan ke
lembaga pendidikan islam
2. Faktor pendukung orang tua memilih lembaga pendidikan islam
untuk anaknya yaitu untuk memperbaiki akhlak atau perilaku anak.
Selain itu,di pondok anak sudah banyak diajarkan tentang ilmu
agama seperti ilmu-ilmu tauhid yang dasar untuk membina moral
anak. Dan di sana anak tidak mudah terpengaruh oleh faktor
lingkungan. Sedangkan yang menjadi penghambat yaitu masih
banyak anak yang tidak mau jauh dari orang tua nya dan tidak mudah
bersosialisasi di lingkungan baru.
B. Saran
penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran. Adapun yang penulis maksudkan da;am pembahasan skripsi
ini sebagai berikut:
1. Sebaiknya Oran tua lebih sering memantau perkembangan anaknya di
pondok pesantren minimal satu bulan sekali
2. Orang tua jangan begitu saja lepas tangan dalam proses pembinaan
moral anak-anaknya meskipun di pondok pesantren atau madrsah
banyak ustdaz/ustadzah yang membimbing.
islam sebagai sarana pembinaan moral anak di Desa Labotto Kecamatan Cenrana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memilih
lembaga pendidkikan islam sebagai sarana pembinaan moral anak di Desa Labotto
Kecamtaan Cenrana dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam sebagai sarana pembinaan moral
anak di Desa Labotto Kecamatan Cenrana.
Untuk memudahkan dalam pemecahan masalah tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan berupa
pendekatan pedagogik, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa:pertama peranan orang tua dalam
memilih lembaga pendidikan islam sebagai sarana pembinaan moral anak yaitu orang
tua memberikan motivasi kepada anak berupa dukungan kepada pendidikan anak.
Orang tua memilih lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren atau
madrasah untuk membina moral karena di pondok anak benar-benar diajarkan cara
berperilaku dengan baik terbukti bahwa anak sudah mampu menghormati orang yang
lebih tua,melaksanakan shalat lima waktu tepat waktu dan sopan santun. Kedua faktor
pendukung orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam yaitu untuk
memperbaiki perilaku anak serta memperdalam ilmu Agama.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan yang
berkaitan dengan peran orang tua memilih lembaga pendidikan islam sebagai
sarana pembinaan moral anak, yaitu:
1. Peranan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan islam sebagai
sarana pembinaan moral anak di desa labotto kecamatan cenrana yaitu
orang tua memberikan motivasi kepada anak berupa dukungan kepada
proses pendidikan anak. Orang tua memilih lembaga pendidikan islam
seperti pondok pesantren sebagai tempat terbaik untuk membina moral
anak. Karena di pondok anak benar-benar di ajarakan cara berperilaku
yang baik sesuai dengan ajaran islam,bahkan bukan hanya sekedar
dipelajari tetapi, diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua
sangat berharap dengan memasukkan anak-anaknya ke pondok
pesantren bisa menjadi anak yang berperilaku baik,sopan santun,
mempunyai pedoman hidup yang baik serta menjadi anak yang patuh
kepada kedua orang tua. Selain itu, Banyak sekali perubahan-
perubahan yang dialami oleh seorang anak setelah di sekolahkan ke
lembaga pendidikan islam
2. Faktor pendukung orang tua memilih lembaga pendidikan islam
untuk anaknya yaitu untuk memperbaiki akhlak atau perilaku anak.
Selain itu,di pondok anak sudah banyak diajarkan tentang ilmu
agama seperti ilmu-ilmu tauhid yang dasar untuk membina moral
anak. Dan di sana anak tidak mudah terpengaruh oleh faktor
lingkungan. Sedangkan yang menjadi penghambat yaitu masih
banyak anak yang tidak mau jauh dari orang tua nya dan tidak mudah
bersosialisasi di lingkungan baru.
B. Saran
penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran. Adapun yang penulis maksudkan da;am pembahasan skripsi
ini sebagai berikut:
1. Sebaiknya Oran tua lebih sering memantau perkembangan anaknya di
pondok pesantren minimal satu bulan sekali
2. Orang tua jangan begitu saja lepas tangan dalam proses pembinaan
moral anak-anaknya meskipun di pondok pesantren atau madrsah
banyak ustdaz/ustadzah yang membimbing.
Ketersediaan
| STAR20230364 | 364/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
364/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
