Urgensi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberikan Keteladanan Kepada Siswa MTs DDI Lonrong Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang urgensi kompetensi sosial guru madrasah dalam
memberikan keteladanan kepada siswa di MTs DDI Lonrong, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kompetensi sosial guru madrasah, keteladanan guru madrasah serta
dampak dari kompetensi sosial guru madrasah dalam memberikan keteladanan
kepada siswa di MTs DDI Lonrong.
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif, Pengumpulan data
dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Skripsi ini menggunakan pendekatan teologis normatif, pedagogik, dan psikologis.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu: pertama Kompetensi sosial guru
madrasah di MTs DDI Lonrong dibuktikan dengan adanya interaksi dan komunikasi
yang baik antara guru dan siswa. Kedua, keteladanan guru dapat dilihat guru selalu
menunjukkan sikap yang baik dihadapan siswa, seperti ramah, sabar dan bertanggung
jawab. Ketiga, dampak dari kompetensi sosial dalam memberikan keteladanan kepada
siswa dapat dilihat dari siswa yang berkomunikasi secara sopan baik dengan guru
maupun dengan sesama temannya, cara siswa berinteraksi dengan sopan terhadap
guru dan temannya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Kompetensi sosial guru madrasah di MTs DDI Lonrong berada pada
kategori baik, karena guru mampu berkomunikasi secara lisan,
menggunakan teknologi dan infirmasi secara fungsional, bergaul secara
efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang
tua/wali siswa, serta bergau dengan masyarakat,sehingga guru dapat
dikatakan mampu berkomunikasi dengan baik dengan bahasa yang santun
dan berinteraksi dengan sopan.
2. Keteladan guru madrasah juga dapat dikatakan berada pada kategori baik hal
ini di dilihat guru mampu menjaga sikap dan tutur kata saat berinteraksi dan
berkomunikasi dengan siswa dan dengan sesama tenaga pendidik, guru
menyadari dirinya sebagai panutan yang ditiru dan dicontoh oleh siswanya.
3. Dampak dari kompetensi sosial guru madrasah dalam memberikan
keteladanan kepada siswa, guru yang berkompetensi sosial maka ia akan
diteladani oleh siswanya sebab selain kecerdasan intelektual, emosional, dan
spiritual, siswa juga perlu diperkenalkan dengan kecerdasan sosial. Siswa
yang lebih mudah mencontohnya apa yang mereka lihat sehingga siswa yang
berasal dari masyarakat mampu kembali kemasyarakat dengan kemampuan
berkomunikasi yang santun dan berintraksi dengan sopan di lingkungannya.
B. Implikasi
1. Disarankan kepada instansi dalam hal ini kepala madrasah MTs DDI
Lonrong agar selalu meningkatkan kompetensi sosial guru di madrasah.
2. Disarankan kepada guru agar selalu mengikuti kegiatan sekolah dan
masyarakat sebagai implementasi dari kompetensi sosial.
3. Disarankan agar guru lebih peka terhadap profesinya sebagai guru
panutan yang selalu siap untuk ditiru oleh siswanya.
Ketersediaan
STAR20240328328/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

328/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top