Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Memotivasi Siswa Untuk Aktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone
Salmiana/862082019081 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Scientific Dalam
Memotivasi SiswaUntuk Aktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa
pendekatan scientific ini penting dalam Memotivasi Siswa Untuk Aktif Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ajangale Kab Bone.
Pendekatan scientific ini dilakukan dengan cara melibatkan untuk peserta didik
aktif dalam proses pembelajaran, namun keaktifan siswa masih rendah hal ini
disebabkan karena kurangnya percaya diri siswa serta nerves untuk
mengemukakan pendapanya, maka guru menumbuhkan motivasi belajar kepada
siswa sebelum pembelajaran dimulai.
Penulis menggunakan pendekatan paedagogik dan melakukan penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap, yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan.
Hasil dari penelitian terkait Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Memotivasi
Untuk Aktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone yaitu pentingnya pendekatan scientific diterapkan yang tentu dapat
membantu siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone pendekatan scientific ini dikalangan
umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya, namun masih ada kekurangan
atau kelemahan dari pendekatan ini yaitu membutuhkan guru/ selaku pendidik
yang benar-benar tidak hanya membimbing, juga menumbuhkan motivasi
belajar dan memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif dan
tidak memiliki rasa percaya diri, nerves dan takut salah. Oleh karena itu, yang
dibutuhkan dalam mengaplikasikan pendekatan scientific ini adalah diperlukan
variasi dalam pembelajaran sehingga siswa ikut berpartisipasi dan tertarik untuk
belajar. Karena Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar
apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar, dan seseorang akan
melakukan kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil dan pembahasan, maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Penerapan pendekatan scientific Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone. untuk
aktif pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dimana Guru
menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan RPP ( Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) yang melibatkan siswa untuk aktif dalam
pembelajaran. Akan tetapi dalam hal menalar dan mengkomunikasikan
siswa masih sulit untuk mengaplikasikan hasil belajarnya, untuk itu guru
berusaha menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa yang kurang
percaya diri, nerves, agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif
sesuai tujuan yang akan dicapai.
2. Dalam pendekatan scientific di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone Dalam
pendekatan scientific Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone. pendekatan
scientific ini di kalangan umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya,
namun masih ada dampak dalam mengaplikasikan hasil belajarnya.
pendekatan ini guru/ selaku pendidik berusaha membimbing, juga
menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa dan memberikan perhatian
khusus kepada siswa yang kurang aktif. Agar terbentuk jadi manusia
insan kamil, memiliki akhlak yang baik, beribadah serta bertaqwah
kepada Allah Swt. Dalam pendekatan scientific di SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone tentu ada Faktor pendukung dan penghambat Penerapan
Pendekatan Scientific Dalam Memotivasi Siswa Untuk Aktif Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Yang menjadi faktor pendukung
dari pendekatan scientific ini yaitu sarana dan prasarana, harapan dan
cita-cita, lingkungan belajar. Dan adapun problem guru dalam
menerapkan pendekatan scientific yaitu terutama dalam hal media
pembelajaran belum tersedianya LCD secara permanen. Dan juga
Kehadiran peserta didik sangatlah penting karna jika siswa terlalu banyak
alfa maka yang dirugikan itu siswa itu sendiri dan bukan gurunya. Dan
kesiapan siswa masih perlu diperhatikan terlebih dahulu karna siswa
terkadang belum siap untuk mengikuti proses pembelajan, Terutama
kedisiplinanya
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
Guru hendaknya lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) terlebih dahulu dan merancang
metode apa yang akan diterapkan dan memberikan variasi dalam pembelajaran
yang bisa melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran.
Sehingga peserta didik tertarik dan tidak mudah bosan dalam mengikuti
pembelajaran
Guru hendaknya memberikan perhatian khusus Peserta siswa yang kurang
aktif agar siswa memiliki kepecayaan diri dan tidak nerves dan juga guru harus
lebih memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif, memberikan
motivasi/dorongan dalam belajar jika peserta didik ikut serta dalam pembelajaran
maka tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Memotivasi SiswaUntuk Aktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa
pendekatan scientific ini penting dalam Memotivasi Siswa Untuk Aktif Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ajangale Kab Bone.
Pendekatan scientific ini dilakukan dengan cara melibatkan untuk peserta didik
aktif dalam proses pembelajaran, namun keaktifan siswa masih rendah hal ini
disebabkan karena kurangnya percaya diri siswa serta nerves untuk
mengemukakan pendapanya, maka guru menumbuhkan motivasi belajar kepada
siswa sebelum pembelajaran dimulai.
Penulis menggunakan pendekatan paedagogik dan melakukan penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap, yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan.
Hasil dari penelitian terkait Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Memotivasi
Untuk Aktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone yaitu pentingnya pendekatan scientific diterapkan yang tentu dapat
membantu siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone pendekatan scientific ini dikalangan
umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya, namun masih ada kekurangan
atau kelemahan dari pendekatan ini yaitu membutuhkan guru/ selaku pendidik
yang benar-benar tidak hanya membimbing, juga menumbuhkan motivasi
belajar dan memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif dan
tidak memiliki rasa percaya diri, nerves dan takut salah. Oleh karena itu, yang
dibutuhkan dalam mengaplikasikan pendekatan scientific ini adalah diperlukan
variasi dalam pembelajaran sehingga siswa ikut berpartisipasi dan tertarik untuk
belajar. Karena Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar
apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar, dan seseorang akan
melakukan kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil dan pembahasan, maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Penerapan pendekatan scientific Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone. untuk
aktif pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dimana Guru
menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan RPP ( Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) yang melibatkan siswa untuk aktif dalam
pembelajaran. Akan tetapi dalam hal menalar dan mengkomunikasikan
siswa masih sulit untuk mengaplikasikan hasil belajarnya, untuk itu guru
berusaha menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa yang kurang
percaya diri, nerves, agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif
sesuai tujuan yang akan dicapai.
2. Dalam pendekatan scientific di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone Dalam
pendekatan scientific Di SMPN 1 Ajangale Kab. Bone. pendekatan
scientific ini di kalangan umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya,
namun masih ada dampak dalam mengaplikasikan hasil belajarnya.
pendekatan ini guru/ selaku pendidik berusaha membimbing, juga
menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa dan memberikan perhatian
khusus kepada siswa yang kurang aktif. Agar terbentuk jadi manusia
insan kamil, memiliki akhlak yang baik, beribadah serta bertaqwah
kepada Allah Swt. Dalam pendekatan scientific di SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone tentu ada Faktor pendukung dan penghambat Penerapan
Pendekatan Scientific Dalam Memotivasi Siswa Untuk Aktif Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Yang menjadi faktor pendukung
dari pendekatan scientific ini yaitu sarana dan prasarana, harapan dan
cita-cita, lingkungan belajar. Dan adapun problem guru dalam
menerapkan pendekatan scientific yaitu terutama dalam hal media
pembelajaran belum tersedianya LCD secara permanen. Dan juga
Kehadiran peserta didik sangatlah penting karna jika siswa terlalu banyak
alfa maka yang dirugikan itu siswa itu sendiri dan bukan gurunya. Dan
kesiapan siswa masih perlu diperhatikan terlebih dahulu karna siswa
terkadang belum siap untuk mengikuti proses pembelajan, Terutama
kedisiplinanya
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
Guru hendaknya lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) terlebih dahulu dan merancang
metode apa yang akan diterapkan dan memberikan variasi dalam pembelajaran
yang bisa melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran.
Sehingga peserta didik tertarik dan tidak mudah bosan dalam mengikuti
pembelajaran
Guru hendaknya memberikan perhatian khusus Peserta siswa yang kurang
aktif agar siswa memiliki kepecayaan diri dan tidak nerves dan juga guru harus
lebih memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif, memberikan
motivasi/dorongan dalam belajar jika peserta didik ikut serta dalam pembelajaran
maka tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Ketersediaan
| STAR20230233 | 233/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
