Penerapan Metode Pembelajaran Snowbal Throwing dalam meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 2 Tellu Siattinge Kab. Bone

No image available for this title
Tujuan peneliti ini adalah 1). Untuk mengetahui penerapan metode snowball
throwing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Tellu
Siattinge 2). Untuk mengetahui metode pembelajaran snowball throwing dalam
meningkatkan kualitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas IX di SMPN 2 Tellu Siattinge.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan desain penelitian One Group
Pretest Posttest Design. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kependidikan agama Islam, pendekatan sosiologi, dan
pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket,
lembar observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis infrensial melalui aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Penerapan metode snowball
throwing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Tellu
Siattinge efektif, karena metode ini adalah salah satu alternatif pembelajaran yang
bermuara pada pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini
dilakukan dengan beberapa langkah dimulai pembagian lembar observasi (pre-test
dan post-test), pembagian angket (pre-test dan post-test) kemudian menganalisis
data dengan uji asumsi (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis
(pairet sample t test). Berdasarkan nilai t test di dapatkan bahwa t hitung > t tabel, 2,945
> 1,7171. Maka artinya H 1 diterima dan H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa 2).
Metode snowball throwing dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Tellu Siattinge sangat
efektif, karena kualitas belajar siswa lebih baik setelah diterapkan metode
pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar
0,007. Jika nilai Sig (2 tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikansi antara
kualitas belajar siswa sebelum perlakuan ( pre-tast) dan kualitas belajar setelah
perlakuan (post-test) dari hasil pengolahan data IMB SPSS Statisti 26 diperoleh
signifikansi (2 tailed) sebesar 0,007, artinya jadi 0,007 < 0,05 maka terdapat
perbedaan signifikansi antara kualitas belajar siswa sebelum perlakuan ( pre-tast)
dan kualitas belajar setelah perlakuan (post-test).
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah di diturutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pembelajaran snowball throwing pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah salah satu alternatif pembelajaran yang
bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Sehingga
akan memudahkan siswa untuk memahami materi, dan kedepannya para siswa
besar kemungkinan akan menjadi manusia yang shalih dan shalihah.
Berdasarkan hasil deskripsi data angket pre-test siswa pada tabel 2.3
menunjukkan bahwa jumlah responden (N) ada 23. Dari 23 responden tersebut
merupakan nilai hasil belajar pre-tes siswa. Nilai terkecil (minimum) adalah
25, dan nilai terbesar (maximum) adalah 38. Nilai range merupakan selisih dari
nilai minimum dan maximum adalah 23 sedangkan nilai sum merupakan
penjumlahan dari nilai pre-test ke-23 siswa (responden) sebesar 772. Rata-rata
nilai atau mean dari 23 responden adalah 33,57 dengan standar deviasi sebesar
3,028. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kualitas belajar pada mata
pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IX A di SMPN 2 Tellu Siattinge
sebelum menerapkan metode snowball throwing masih perlu ditingkatkan lagi.
Selanjutnya deskripsi data hasil belajar post-test siswa pada tabel 2.6
menunjukkan jumlah responden (N) ada 23. Dari 23 responden tersebut
merupakan nilai post-test siswa terkecil (minimum) adalah 29, dan nilai post-
test terbesar (maximum) adalah 38. Nilai range yang merupakan
selisih nilai minimum dan maximum sebesar 9 dan nilai sum yang merupakan
penjumlahan dari nilai post-test ke-23 siswa (responden) sebesar 812. Rata-rata
nilai atau mean dari 23 responden sebesar 35,30 dengan standar deviasi sebesar
2,476. Dapat disimpulkan bahwa hasil post-test kualitas belajar pada mata
pembelajaran pendidikan agama islam kelas IX A di SMPN 2 Tellu Siattinge
setelah menerapkan metode snowball throwing ada peningkatan jika dibandingkan
kulaitas belajar sebelum menerapkan metode snowball throwing.
2. Metode snowball throwing dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2T Tellu Siattinge
terbukti meningkat berdasarkan kriteria analisis pengujian hipotesis dapat
disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, 2,945 > 1,7171. Maka artinya H 1 diterima dan
H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa lebih baik setelah
diterapkan metode snowball throwing. Oleh karena itu, metode snowball throwing
efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam.
Sedangkan signifikasi yang diproleh nilai signifikasi sebesar 0,007. Jika nilai sig
0,05 maka tidak terdapat perbedaan
signifikan antara kualitas pembelajaran sebelum menggunakan metode dan
setelah menggunakan metode snowball throwing. Dari hasil pengolahan dari IMB
SPSS Statistik 25 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,007, artinya jadi 0,007 <
0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara kualitas pembelajaran sebelum
menggunakan metode snowball throwing dan setelah menggunakan metode
snowball throwing.
B. Saran
Sehubung dengan penelitian ini yang berjudul tentang Penerapan
Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Kualitas
Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP
Negeri 2 Tellu Siattinge, maka penelitian ini menyarankan hal-hal yaitu sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada guru khususnya guru pendidikan agama islam agar
mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
menggunakan metode snowball throwing agar pembelajaran pendidikan
agama Islam lebih berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama islam kelas IX A SMPN 2 Tellu
Siattinge agar selalu menggunakan metode pembelajaran snowball
throwing yang sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu
meningkatkan kulaitas pembelajaran.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode snowball throwing diharapkan
untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik
sehingga pembelajaran dapat lebih berkualitas.
Ketersediaan
STAR20240307307/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

307/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top