Implementasi Metode Small Group Discussion dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Cina
A.Resti/862082019047 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang implementasi metode small group discussion
dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Cina. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan
pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis dengan teknik pengumpulan
data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, implementasi metode small group
discussion pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Cina yaitu dilakukan dengan
cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3- 5 orang,
kemudian diberikan materi atau bacaan untuk dijadikan sebagai bahan, kemudian
dipersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk memaparkan hasil diskusi
dengan teman kelompoknya, kemudian mempersilahkan kepada kelompok lain
untuk memberikan pertanyaan atau menanggapi, kemudian guru memberikan
rangkuman terkait dengan materi yang dibahas. Metode ini menuntut siswa agar
berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kedua, metode small group discussion
untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas VIII B di MTs Cina dinyatakan
berhasil, di tandai dengan adanya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran,
adanya rasa semangat, dan antusian dalam mengajukan pertanyaan, serta lebih
fokus pada saat pembelajaran berlangsung.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang implementasi metode
small group discussion dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlah di MTs Cina menyimpulkan bahwa:
1. Implementasi metode small group discussion dalam pembelajaran akidah
akhlak di mts Cina dilaksanakan dengan cara membagi siswa kedalam
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa. Kemudian
setiap kelompok diberikan materi atau bacaan untuk yang kemudian
dipaparkan oleh setiap kelompok. Kemudian mempersilahkan kepada
perwakilan setiap kelompok untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri.
Apabila jawaban dari pemateri sudah diterima oleh kelompok penanya
berarti diskusi dinyatakan telah selesai.
2. Implementasi metode small group discussion untuk mengatasi kejenuhan
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Cina di kelas VIII
B dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan siswa lebih aktif dalam
proses pembelajaran, siswa lebih fokus dalam proses pembelajaran, dan
adanya semangat atau gairah dalam proses pembelajaran, serta antusias dari
setiap anggota kelompok.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, maka penulis memberikan saran
yang mungkin dapat menjadi bahan masuk, antara lain sebagai berikut:
1. Kepada pendidik agar lebih bisa lebih kreatif lagi dalam proses
pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan serta tujuan dari pembelajaran
bisa tercapai.
2. Kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran
serta lebih fokus dalam proses pembelajaran, dan alangkah baiknya jika
pada saat guru menjelaskan siswa tidak bermain atau mengganggu
temannya tetapi memperhatikan dan mendengarkan ketika guru
menjelaskan.
dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Cina. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan
pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis dengan teknik pengumpulan
data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, implementasi metode small group
discussion pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Cina yaitu dilakukan dengan
cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3- 5 orang,
kemudian diberikan materi atau bacaan untuk dijadikan sebagai bahan, kemudian
dipersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk memaparkan hasil diskusi
dengan teman kelompoknya, kemudian mempersilahkan kepada kelompok lain
untuk memberikan pertanyaan atau menanggapi, kemudian guru memberikan
rangkuman terkait dengan materi yang dibahas. Metode ini menuntut siswa agar
berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kedua, metode small group discussion
untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas VIII B di MTs Cina dinyatakan
berhasil, di tandai dengan adanya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran,
adanya rasa semangat, dan antusian dalam mengajukan pertanyaan, serta lebih
fokus pada saat pembelajaran berlangsung.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang implementasi metode
small group discussion dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlah di MTs Cina menyimpulkan bahwa:
1. Implementasi metode small group discussion dalam pembelajaran akidah
akhlak di mts Cina dilaksanakan dengan cara membagi siswa kedalam
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa. Kemudian
setiap kelompok diberikan materi atau bacaan untuk yang kemudian
dipaparkan oleh setiap kelompok. Kemudian mempersilahkan kepada
perwakilan setiap kelompok untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri.
Apabila jawaban dari pemateri sudah diterima oleh kelompok penanya
berarti diskusi dinyatakan telah selesai.
2. Implementasi metode small group discussion untuk mengatasi kejenuhan
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Cina di kelas VIII
B dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan siswa lebih aktif dalam
proses pembelajaran, siswa lebih fokus dalam proses pembelajaran, dan
adanya semangat atau gairah dalam proses pembelajaran, serta antusias dari
setiap anggota kelompok.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, maka penulis memberikan saran
yang mungkin dapat menjadi bahan masuk, antara lain sebagai berikut:
1. Kepada pendidik agar lebih bisa lebih kreatif lagi dalam proses
pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan serta tujuan dari pembelajaran
bisa tercapai.
2. Kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran
serta lebih fokus dalam proses pembelajaran, dan alangkah baiknya jika
pada saat guru menjelaskan siswa tidak bermain atau mengganggu
temannya tetapi memperhatikan dan mendengarkan ketika guru
menjelaskan.
Ketersediaan
| STAR20230136 | 136/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
136/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
