Strategi Guru dalam Menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Cina Kabupaten Bone
Nurul Adni/862082019041 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam menganalisis faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs. Cina.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam
menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone dan untuk mengetahui kendala
guru dalam menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone.
Penelitian ini dilakukan di MTs. Cina, Kelurahan Tanete, Kecamatan Cina,
Kabupaten Bone.Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VII B.Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan
pendekatan paedagogik dan psikologis. Adapun Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan adapun Teknik
anaalisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: pertama, strategi guru dalam
mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu:a).
Menciptakan suasana belajar yang kondusif, b). Metode penyajian yang menarik,
c). Memberikan pujian kepada siswa, dan d). Menilai tugas siswa. Kedua, Faktor-
Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa, antara lain sebagai berikut:
a). Kemauan siswa, b). Kondisi siswa, dan c). Kondisi lingkungan. Ketiga,
terdapat kendala guru dalam memotivasi siswa yaitu:kurang konsentrasi dan
karakter peserta didik yang beragam.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang strategi guru dalam menganalisis
faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs. Cina menyimpulkan bahwa:
1. Strategi guru dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak
a. Menciptakan suasana belajar yang kondusif
b. Metode penyajian yang menarik
c. Memberikan pujian kepada siswa
d. Menilai tugas siswa
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa
a. Kemauan siswa
b. Kondisi siswa
c. Kondisi lingkungan
3. Kendalaguru dalam memotivasi siswa
a. Kurang konsentrasi
b. Karakter peserta didik yang beragam
B. Saran
Sebagai akhir penulisan skripsi ini, maka ada beberapa saran dan masukan penulis
kepada semua pihak dalam menulis skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kepala MTs.Cina agar terus berupaya dan meningkatkan pengawasan terhadap
perkembangan perilaku siswa dan pengawasan atas pemberlakuan tata tertib madrasah,
agar para siswa tidak mempunyai ruang untuk melakukan hal-hal yang negatif.
2. Kepada pendidik agar lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaranagar siswa tidak
merasa bosan serta tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.
3. Kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran serta lebih
fokus dalam proses pembelajaran, dan alangkah baiknya jika pada saat guru
menjelaskan siswa tidak bermain atau mengganggu temanya tetapi memperhatikan dan
mendengarkan ketika guru menjelaskan.
yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs. Cina.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam
menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone dan untuk mengetahui kendala
guru dalam menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone.
Penelitian ini dilakukan di MTs. Cina, Kelurahan Tanete, Kecamatan Cina,
Kabupaten Bone.Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VII B.Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan
pendekatan paedagogik dan psikologis. Adapun Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan adapun Teknik
anaalisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: pertama, strategi guru dalam
mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu:a).
Menciptakan suasana belajar yang kondusif, b). Metode penyajian yang menarik,
c). Memberikan pujian kepada siswa, dan d). Menilai tugas siswa. Kedua, Faktor-
Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa, antara lain sebagai berikut:
a). Kemauan siswa, b). Kondisi siswa, dan c). Kondisi lingkungan. Ketiga,
terdapat kendala guru dalam memotivasi siswa yaitu:kurang konsentrasi dan
karakter peserta didik yang beragam.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang strategi guru dalam menganalisis
faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs. Cina menyimpulkan bahwa:
1. Strategi guru dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak
a. Menciptakan suasana belajar yang kondusif
b. Metode penyajian yang menarik
c. Memberikan pujian kepada siswa
d. Menilai tugas siswa
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa
a. Kemauan siswa
b. Kondisi siswa
c. Kondisi lingkungan
3. Kendalaguru dalam memotivasi siswa
a. Kurang konsentrasi
b. Karakter peserta didik yang beragam
B. Saran
Sebagai akhir penulisan skripsi ini, maka ada beberapa saran dan masukan penulis
kepada semua pihak dalam menulis skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kepala MTs.Cina agar terus berupaya dan meningkatkan pengawasan terhadap
perkembangan perilaku siswa dan pengawasan atas pemberlakuan tata tertib madrasah,
agar para siswa tidak mempunyai ruang untuk melakukan hal-hal yang negatif.
2. Kepada pendidik agar lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaranagar siswa tidak
merasa bosan serta tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.
3. Kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran serta lebih
fokus dalam proses pembelajaran, dan alangkah baiknya jika pada saat guru
menjelaskan siswa tidak bermain atau mengganggu temanya tetapi memperhatikan dan
mendengarkan ketika guru menjelaskan.
Ketersediaan
| STAR20230280 | 280/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
280/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
