Strategi Guru dalam Menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Cina Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam menganalisis faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs. Cina.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam
menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone dan untuk mengetahui kendala
guru dalam menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Cina Kab. Bone.
Penelitian ini dilakukan di MTs. Cina, Kelurahan Tanete, Kecamatan Cina,
Kabupaten Bone.Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VII B.Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan
pendekatan paedagogik dan psikologis. Adapun Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan adapun Teknik
anaalisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: pertama, strategi guru dalam
mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu:a).
Menciptakan suasana belajar yang kondusif, b). Metode penyajian yang menarik,
c). Memberikan pujian kepada siswa, dan d). Menilai tugas siswa. Kedua, Faktor-
Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa, antara lain sebagai berikut:
a). Kemauan siswa, b). Kondisi siswa, dan c). Kondisi lingkungan. Ketiga,
terdapat kendala guru dalam memotivasi siswa yaitu:kurang konsentrasi dan
karakter peserta didik yang beragam.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang strategi guru dalam menganalisis
faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs. Cina menyimpulkan bahwa:
1. Strategi guru dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak
a. Menciptakan suasana belajar yang kondusif
b. Metode penyajian yang menarik
c. Memberikan pujian kepada siswa
d. Menilai tugas siswa
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa
a. Kemauan siswa
b. Kondisi siswa
c. Kondisi lingkungan
3. Kendalaguru dalam memotivasi siswa
a. Kurang konsentrasi
b. Karakter peserta didik yang beragam
B. Saran
Sebagai akhir penulisan skripsi ini, maka ada beberapa saran dan masukan penulis
kepada semua pihak dalam menulis skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kepala MTs.Cina agar terus berupaya dan meningkatkan pengawasan terhadap
perkembangan perilaku siswa dan pengawasan atas pemberlakuan tata tertib madrasah,
agar para siswa tidak mempunyai ruang untuk melakukan hal-hal yang negatif.
2. Kepada pendidik agar lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaranagar siswa tidak
merasa bosan serta tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.
3. Kepada peserta didik agar lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran serta lebih
fokus dalam proses pembelajaran, dan alangkah baiknya jika pada saat guru
menjelaskan siswa tidak bermain atau mengganggu temanya tetapi memperhatikan dan
mendengarkan ketika guru menjelaskan.
Ketersediaan
STAR20230280280/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

280/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top