Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Kelas Abu Bakar di Rumah Qur’an Panrita Kab. Bone
Siti Ayu Andika Ridwan/862082019077 - Personal Name
Penelitian ini menggunakan jenis peneltian kuantitatif khususnya penelitian
eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiental
Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah eksperimen
yang dalam pelaksanaanya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen
untu mengetahui pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an kelas
Abu Bakar di Rumah Qur‟an Panrita Kab. Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas hafalan al-Qur‟an santri sebelum dan sesudah mendapatkan
pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode ummi serta untuk
mengetahui pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an santri kelas
Abu bakar di Rumah Qur‟an Panrita Kab. Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah
santri kelas Abu Bakar sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5
orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hafalan al-Qur‟an santri
sebelum mendapatkan pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode
ummi dikategorikan rendah dengan rata-rata 58,00. Kualitas hafalan al-Qur‟an santri
setelah mendapatkan pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode ummi
mengalami peningkatan dengan rata-rata 88,90. Hasil analisis data (uji hipotesis)
menggunakan SPSS versi 23 diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka
ditolak dan di terima atau uji t dengan menggunakan rumus diperoleh hasil
t = 15,868 dan t = 2,262 jadi t > t = 15,868 > 2,262. Maka
ditolak dan di terima yang berarti ada pengaruh dalam penggunaan metode
ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an santri kelas Abu Bakar di Rumah Qur‟an
A. Simpulan
1. Kualitas hafalan al-Qur’an santri kelas Abu Bakar Rumah Qur’an Panrita
sebelum mendapatkan pembelajaran hafalan al-Qur’an menggunakan
metode ummi masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan data pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 73 dan skor
terendah sebesar 45 dengan jumlah rata-rata 58,00 dan standar deviasi
10,625.
2. Kualitas hafalan al-Qur’an santri kelas Abu Bakar Rumah Qur’an Panrita
setelah mendapatkan pembelajaran hafalan al-Qur’an menggunakan
metode ummi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan data posttest diperoleh skor tertinggi sebesar 97 dan skor
terendah sebesar 79 dengan jumlah rata-rata 88,90 dan standar deviasi
5,724.
3. Pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur’an santri maka
dilakukan uji t, setelah diuji dengan SPSS versi 23 nilai signifikansi 0,000
< 0,05 ditolak dan di terima atau uji t dengan menggunakan rumus
diperoleh hasil t = 15,868 dan t = 2,262 jadi t > t = 15,868
> 2,262. Maka ditolak dan di terima yang berarti ada pengaruh
dalam penerapan metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur’an santri
kelas Abu Bakar di Rumah Qur’an Panrita Kab. Bone.
B. Saran
Berdasarkan simpulan penelitian, dapat disarankan beberapa hal sebagai
berikut:
1. Metode ummi dapat dijadikan alternatif pembelajaran al-Qur’an oleh
pendidik untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an peserta
didik/santri dalam pembelajaran al-Qur’an.
2. Bagi peserta didik/santri untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran
al-Qur’an baik individu maupun berkelompok agar diperoleh kualitas
hafalan al-Qur’an yang baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiental
Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah eksperimen
yang dalam pelaksanaanya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen
untu mengetahui pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an kelas
Abu Bakar di Rumah Qur‟an Panrita Kab. Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas hafalan al-Qur‟an santri sebelum dan sesudah mendapatkan
pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode ummi serta untuk
mengetahui pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an santri kelas
Abu bakar di Rumah Qur‟an Panrita Kab. Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah
santri kelas Abu Bakar sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5
orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hafalan al-Qur‟an santri
sebelum mendapatkan pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode
ummi dikategorikan rendah dengan rata-rata 58,00. Kualitas hafalan al-Qur‟an santri
setelah mendapatkan pembelajaran menghafal al-Qur‟an menggunakan metode ummi
mengalami peningkatan dengan rata-rata 88,90. Hasil analisis data (uji hipotesis)
menggunakan SPSS versi 23 diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka
ditolak dan di terima atau uji t dengan menggunakan rumus diperoleh hasil
t = 15,868 dan t = 2,262 jadi t > t = 15,868 > 2,262. Maka
ditolak dan di terima yang berarti ada pengaruh dalam penggunaan metode
ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur‟an santri kelas Abu Bakar di Rumah Qur‟an
A. Simpulan
1. Kualitas hafalan al-Qur’an santri kelas Abu Bakar Rumah Qur’an Panrita
sebelum mendapatkan pembelajaran hafalan al-Qur’an menggunakan
metode ummi masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan data pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 73 dan skor
terendah sebesar 45 dengan jumlah rata-rata 58,00 dan standar deviasi
10,625.
2. Kualitas hafalan al-Qur’an santri kelas Abu Bakar Rumah Qur’an Panrita
setelah mendapatkan pembelajaran hafalan al-Qur’an menggunakan
metode ummi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan data posttest diperoleh skor tertinggi sebesar 97 dan skor
terendah sebesar 79 dengan jumlah rata-rata 88,90 dan standar deviasi
5,724.
3. Pengaruh metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur’an santri maka
dilakukan uji t, setelah diuji dengan SPSS versi 23 nilai signifikansi 0,000
< 0,05 ditolak dan di terima atau uji t dengan menggunakan rumus
diperoleh hasil t = 15,868 dan t = 2,262 jadi t > t = 15,868
> 2,262. Maka ditolak dan di terima yang berarti ada pengaruh
dalam penerapan metode ummi terhadap kualitas hafalan al-Qur’an santri
kelas Abu Bakar di Rumah Qur’an Panrita Kab. Bone.
B. Saran
Berdasarkan simpulan penelitian, dapat disarankan beberapa hal sebagai
berikut:
1. Metode ummi dapat dijadikan alternatif pembelajaran al-Qur’an oleh
pendidik untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an peserta
didik/santri dalam pembelajaran al-Qur’an.
2. Bagi peserta didik/santri untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran
al-Qur’an baik individu maupun berkelompok agar diperoleh kualitas
hafalan al-Qur’an yang baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
Ketersediaan
| STAR20230310 | 310/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
310/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
