Peran Keterampilan Mengajar Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cenrana Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peran Keterampilan Mengajar Guru PAI dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cenrana
Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
peran keterampilan mengajar guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian
ini menggunakan pendekatan paedagogik dan psikologis. Dalam pengumpulan data
penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru PAI sudah
dilakukan dengan baik pada proses pembelajaran, dalam hal ini keterampilan
mengadakan variasi baik itu variasi gaya mengajar dengan menyesuaikan keadaan
saat pelajaran, penggunaan media dan bahan pelajaran, dan variasi dalam pola
interaksi dan keterampilan mengelola kelas dengan melakukan penciptaan dan
pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dengan membuat suasana belajar yang
menyenangkan, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal dengan adanya
respon terhadap respon negatif yang muncul saat pembelajaran berlangsung.
Keaktifan belajar siswa merupakan keterlibatannya dalam proses pembelajaran, hal
tersebut merupakan aktivitas belajar siswa baik itu menyimak, bertanya, menjawab
pertanyaan, mengerjakan tugas-tugas maupun aktivitas belajar lainnya.
Adapun peran keterampilan mengajar guru PAI dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cenrana sudah berperan dengan
baik dimana guru PAI sudah mengaplikasikan bermacam keterampilan mengajae
termasuk keterampilan dalam mengadakan variasi dan keterampilan dalam
mengelola kelas yang sudah diterapkan saat pembelajaran. Dimana kedua
keterampilan mengajar tersebut juga memiliki peran penting dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang tentunya dapat dipadukan
dengan keterampilan mengajar yang lainnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa :
1. Keterampilan mengajar guru PAI di SMP Negeri 1 Cenrana dalam proses
pembelajaran, dalam hal ini keterampilan mengadakan variasi baik itu
variasi gaya mengajar dengan menyesuaikan keadaan saat pelajaran,
penggunaan media dan bahan pelajaran, dan variasi dalam pola interaksi.
Keterampilan mengelola kelas dengan melakukan penciptaan dan
pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dengan membuat suasana belajar
yang menyenangkan, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal
dengan adanya respon guru terhadap respon negatif dari siswa yang muncul
saat pembelajaran berlangsung.
2. Keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cenrana sudah ada
peningkatan dengan adanya aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam
pembelajaran yakni menyimak, bertanya, menjawab, berdiskusi, dan
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Meskipun masih ada
kekurangan seperti masih ada siswa yang kurang memperhatikan dan
mendengarkan penjelasan guru dengan baik, saat bertanya ada yang subtansi
pertanyaannya diluar dari pembahasan, dan saat menjawab pertanyaan
masih ada yang jawabannya tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan.
Namun, terlepas dari hal tersebut keaktifan siswa kelas VIII sudah ada
peningkatan yang awalnya hanya satu atau dua orang saja sedangkan saat ini
sudah lebih banyak dari sebelumnya
3. Upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII di
SMP Negeri 1 Cenrana sudah berupaya dengan baik. Adapun upaya yang
dilakukan yaitu melakukan review materi pelajaran sebelumnya,
menggunakan metode mengajar yang bervariasi meningkatkan keterampilan
mengelola kelas, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
memanfaatkan media yang ada, dan memberi pertanyaan kepada siswa yang
tidak konsetrasi dalam pembelajaran. Dengan melakukan hal tersebut
keaktifan belajar siswa kelas VIII sudah ada peningkatan walaupun masih
ada kekurangan.
B. Saran
Berdasrakan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud yaitu:
1. Bagi guru PAI SMP Negeri 1 Cenrana diharapkan agar terus meningkatkan
peran keterampilan mengajarnya untuk meningkatkan keaktifan belajar
siswa dan dapat lebih antusias serta pembelajaran berjalan dengan baik.
2. Bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cenrana hendaknya lebih focus,
semangat, dan aktif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran dapat
lebih hidup.
Ketersediaan
STAR20230240240/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

240/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top