Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi Belajar BTHQ di Madrasah Tsanawiyah DDI Lonrong Kec. Ponre Kab. Bone
Wahidah Anshar/862082019013 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Taman
Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi Belajar BTHQ di MTs DDI Lonrong
Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) di
MTs DDI Lonrong 2) Bagaimana prestasi belajar BTHQ ( Baca Tulis Hafal al-
Qur’an) di MTs DDI Lonrong 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Taman
Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap prestasi belajar BTHQ di MTs DDI Lonrong.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif dan metode penelitian lapangan (Field Research) data yang
diperoleh dianalisis peneliti menggunakan statistic regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TPQ memperoleh nilai
rata-rata sebesar 59 yang berada pada interval 52-67 yang dikategorikan berada pada
kategori baik. Namun demikian masih ada empat indikator yang direspon dibawah
rata-rata skor variabel. Namun, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban
responden menunjukkan bahwa pembelajaran TPQ siswa kelas VII berada pada
kategori baik. Kemudian, untuk prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 92
yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t bahwa t hitung ≤ t
tabel (1.153 ≤ 2.101) dengan nilai signifikansi 0,264 ≥ 0.05. Hal ini menunjukkan
bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial antara pembelajaran TPQ dan terhadap
prestasi belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, hasil analisis data penelitian
tentang pengaruh pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar BTHQ siswa dapat
ditarik kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam penelitian iniyakni sebagai berikut:
1. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran TPQ siswa berada pada kategori
baik diketahuibahwa sebagian besar responden memberikan tanggapan yang
baik atas pernyataan variabel pembelajaran TPQ dari nilai rata-rata sebesar
59 yang berada pada kategori baik. Namun demikian masih ada empat
indikator yang direspon dibawah rata-rata skor variabel. Secara keseluruhan
skor akhir rata-rata jawaban responden menunjukkan bahwa pembelajaran
TPQ siswa MTs DDI Lonrong berada pada kategori baik.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dapat dilihat dari
nilai ujian semester ganjil pelajaran BTHQ siswa, bahwa 10 siswa
mendapatkan nilai yang berada pada kriteria sangat baik, sedangkan 10
siswa mendapatkan nilai yang berada pada kriteria baik, dalam hal ini berarti
tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar KKM, dan hasil
perolehan rata-rata nilai memperoleh nilai 92 yang artinya berada pada
kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar BTHQ
siswa kelas VII di MTs DDI Lonrong dapat dikatakan sangat baik.
3. Hasil pengujian dengan SPSS untuk variabel pembelajaran TPQ (X)
terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai t hitung 1.153 sedangkan
nilai t tabel 2.101, kemudian diperoleh nilai signifikansi 0,264. Karena nilai
signifikansi (0,264 ≥ 0,05) dan nilai t hitung ≤ t tabel (1.153 ≤ 2.101), maka
variabel (X) tidak berpengaruh positif atau tidak signifikan terhadap variabel
Y. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TPQ tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa (Y).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diketahui maka saran yang dapat
dikemukakan sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah dan Siswa
Untuk siswa yang sudah mempunyai motivasi dan prestasi belajar yang baik
agar dapat lebih meningkatkan lagi kedepannya.
2. Bagi Peneliti
Untuk dijadikan bahan dan sumber untuk kami secara khusus peneliti dan
secara umum peneliti lainnya dalam mempermudah menemukan sumber
penelitian selanjutnya.
Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi Belajar BTHQ di MTs DDI Lonrong
Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) di
MTs DDI Lonrong 2) Bagaimana prestasi belajar BTHQ ( Baca Tulis Hafal al-
Qur’an) di MTs DDI Lonrong 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Taman
Pendidikan al-Qur’an (TPQ) terhadap prestasi belajar BTHQ di MTs DDI Lonrong.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif dan metode penelitian lapangan (Field Research) data yang
diperoleh dianalisis peneliti menggunakan statistic regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TPQ memperoleh nilai
rata-rata sebesar 59 yang berada pada interval 52-67 yang dikategorikan berada pada
kategori baik. Namun demikian masih ada empat indikator yang direspon dibawah
rata-rata skor variabel. Namun, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban
responden menunjukkan bahwa pembelajaran TPQ siswa kelas VII berada pada
kategori baik. Kemudian, untuk prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 92
yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t bahwa t hitung ≤ t
tabel (1.153 ≤ 2.101) dengan nilai signifikansi 0,264 ≥ 0.05. Hal ini menunjukkan
bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial antara pembelajaran TPQ dan terhadap
prestasi belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, hasil analisis data penelitian
tentang pengaruh pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar BTHQ siswa dapat
ditarik kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam penelitian iniyakni sebagai berikut:
1. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran TPQ siswa berada pada kategori
baik diketahuibahwa sebagian besar responden memberikan tanggapan yang
baik atas pernyataan variabel pembelajaran TPQ dari nilai rata-rata sebesar
59 yang berada pada kategori baik. Namun demikian masih ada empat
indikator yang direspon dibawah rata-rata skor variabel. Secara keseluruhan
skor akhir rata-rata jawaban responden menunjukkan bahwa pembelajaran
TPQ siswa MTs DDI Lonrong berada pada kategori baik.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dapat dilihat dari
nilai ujian semester ganjil pelajaran BTHQ siswa, bahwa 10 siswa
mendapatkan nilai yang berada pada kriteria sangat baik, sedangkan 10
siswa mendapatkan nilai yang berada pada kriteria baik, dalam hal ini berarti
tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar KKM, dan hasil
perolehan rata-rata nilai memperoleh nilai 92 yang artinya berada pada
kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar BTHQ
siswa kelas VII di MTs DDI Lonrong dapat dikatakan sangat baik.
3. Hasil pengujian dengan SPSS untuk variabel pembelajaran TPQ (X)
terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai t hitung 1.153 sedangkan
nilai t tabel 2.101, kemudian diperoleh nilai signifikansi 0,264. Karena nilai
signifikansi (0,264 ≥ 0,05) dan nilai t hitung ≤ t tabel (1.153 ≤ 2.101), maka
variabel (X) tidak berpengaruh positif atau tidak signifikan terhadap variabel
Y. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TPQ tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa (Y).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diketahui maka saran yang dapat
dikemukakan sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah dan Siswa
Untuk siswa yang sudah mempunyai motivasi dan prestasi belajar yang baik
agar dapat lebih meningkatkan lagi kedepannya.
2. Bagi Peneliti
Untuk dijadikan bahan dan sumber untuk kami secara khusus peneliti dan
secara umum peneliti lainnya dalam mempermudah menemukan sumber
penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20230365 | 365/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
365/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
