Urgensi Metode Tahsin Dalam Meningkatkan Kualiats Tajwid Santri Di TK/TPA Babussa'adah Desa Carebbu Kec.Awangpone Kab.Bone
Salwan/862082019078 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi metode tahsin dalam meningkatkan
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa
metode tahsin ini penting dalam meningkatkan kualitas tajwid santri di
TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec. Awangpone kab. Bone. Metode
tahsin ini dilakukan dengan cara dimana santri membaca secara perlahan ayat-
ayat al-Qur’an dengan memperhatikan tajwid atau huruf hijaiyahnya yang di
tuntun oleh ustadz/ustadzah dan jika didapati kesalahan dalam proses
bacaannya maka ustadz/ustadzah akan menegur serta memperbaiki bacaan
yang salah.
Penulis menggunakan pendekatan paedagogik, psikologi, sosiologi, dan
melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap, yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan.
Hasil dari penelitian terkait urgensi metode tahsin dalam meningkatkan
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone Kab. Bone yaitu pentingnya metode tahsin diterapkan yang tentu
dapat membantu meningkatkan kualitas tajwid santri di TK/TPA
Babussa’adah Desa Carebbu Kec. Awangpone Kab. Bone. Metode tahsin ini
dikalangan umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya, namun masih ada
kekurangan atau kelemahan dari pembiasaan ini yaitu membutuhkan
ustadz/ustadzah selaku pendidik yang benar-benar dapat mengajarkan santri
tajwid secara baik dan benar untuk diterapkan saat membaca al-Qur’an. Oleh
karena itu, ustadz/ustadzah yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan metode
tahsin ini adalah ustadz/ustadzah pilihan yang memahami dan menguasai
materi tajwid yang cukup dan setara dengan tingkatan TK/TPA sehingga tidak
ada kesan bahwa ustadz/ustadzah selaku pendidik hanya mampu mengarahkan
tetapi tidak mampu mengajarkan dengan benar terhadap santri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil dan pembahasan, maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Gambaran metode tahsin di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone Kab. Bone. Metode tahsin ini sangat penting untuk
meningkatkan kualitas tajwid santri. Dimana ustadz/ustadzah menerapkan
metode tahsin ini kepada santri dimana santri membaca secara perlahan
ayat-ayat al-Qur’an dengan memperhatikan tajwid atau huruf hijaiyahnya
yang dituntun oleh ustadz/ustadzah dan jika didapati kesalahan dalam
peroses bacaannya maka ustadz/ustadzah akan menegur serta
memperbaiki bacaan yang salah.
2. Gambaran kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu
Kec. Awangpone kab. Bone sudah bisa dikatakan baik, karena sebagian
besar santri telah mampu membedakan bacaan yang panjang, bacaan yang
pendek, makharijul huruf, sifat-sifat huruf dan hukum bacaan nun sukun
dan tanwin pada ayat-ayat al-Qur’an. Serta mampunya santri untuk
bersaing dengan TK/TPA lainnya, membantu masyarakat dalam hal jasa
penamatan al-Qur’an, adanya setiap tahun santri yang ikut wisuda
penamatan.
B. Implikasi
Mengingat bahwa pentingnya metode tahsin untuk meningkatkan
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone kab. Bone, maka penulis mengharapkan beberapa hal terutama
bagi Penulis untuk Menjadikan pelajaran sebagai calon pendidik bahwa
perlunya memakai metode yang terbaik agar dapat mecapai tujuan
sebagaimana yang diharapkan,
juga Menjadikan contoh bagi ustadz/ustadzah lainnya agar
memperhatikan hal-hal yang dapat membantu peningkatan kualitas tajwid
pada santri, dan bagi santri hendaknya belajar membaca al-Qur’an dengan
baik dan giat sesuai dengan arahan ustadz/ustadzah agar mampu menguasai
tajwid dan menjadi modal bagi kehidupan yang mendatang.
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa
metode tahsin ini penting dalam meningkatkan kualitas tajwid santri di
TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec. Awangpone kab. Bone. Metode
tahsin ini dilakukan dengan cara dimana santri membaca secara perlahan ayat-
ayat al-Qur’an dengan memperhatikan tajwid atau huruf hijaiyahnya yang di
tuntun oleh ustadz/ustadzah dan jika didapati kesalahan dalam proses
bacaannya maka ustadz/ustadzah akan menegur serta memperbaiki bacaan
yang salah.
Penulis menggunakan pendekatan paedagogik, psikologi, sosiologi, dan
melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap, yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan.
Hasil dari penelitian terkait urgensi metode tahsin dalam meningkatkan
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone Kab. Bone yaitu pentingnya metode tahsin diterapkan yang tentu
dapat membantu meningkatkan kualitas tajwid santri di TK/TPA
Babussa’adah Desa Carebbu Kec. Awangpone Kab. Bone. Metode tahsin ini
dikalangan umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya, namun masih ada
kekurangan atau kelemahan dari pembiasaan ini yaitu membutuhkan
ustadz/ustadzah selaku pendidik yang benar-benar dapat mengajarkan santri
tajwid secara baik dan benar untuk diterapkan saat membaca al-Qur’an. Oleh
karena itu, ustadz/ustadzah yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan metode
tahsin ini adalah ustadz/ustadzah pilihan yang memahami dan menguasai
materi tajwid yang cukup dan setara dengan tingkatan TK/TPA sehingga tidak
ada kesan bahwa ustadz/ustadzah selaku pendidik hanya mampu mengarahkan
tetapi tidak mampu mengajarkan dengan benar terhadap santri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil dan pembahasan, maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Gambaran metode tahsin di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone Kab. Bone. Metode tahsin ini sangat penting untuk
meningkatkan kualitas tajwid santri. Dimana ustadz/ustadzah menerapkan
metode tahsin ini kepada santri dimana santri membaca secara perlahan
ayat-ayat al-Qur’an dengan memperhatikan tajwid atau huruf hijaiyahnya
yang dituntun oleh ustadz/ustadzah dan jika didapati kesalahan dalam
peroses bacaannya maka ustadz/ustadzah akan menegur serta
memperbaiki bacaan yang salah.
2. Gambaran kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu
Kec. Awangpone kab. Bone sudah bisa dikatakan baik, karena sebagian
besar santri telah mampu membedakan bacaan yang panjang, bacaan yang
pendek, makharijul huruf, sifat-sifat huruf dan hukum bacaan nun sukun
dan tanwin pada ayat-ayat al-Qur’an. Serta mampunya santri untuk
bersaing dengan TK/TPA lainnya, membantu masyarakat dalam hal jasa
penamatan al-Qur’an, adanya setiap tahun santri yang ikut wisuda
penamatan.
B. Implikasi
Mengingat bahwa pentingnya metode tahsin untuk meningkatkan
kualitas tajwid santri di TK/TPA Babussa’adah Desa Carebbu Kec.
Awangpone kab. Bone, maka penulis mengharapkan beberapa hal terutama
bagi Penulis untuk Menjadikan pelajaran sebagai calon pendidik bahwa
perlunya memakai metode yang terbaik agar dapat mecapai tujuan
sebagaimana yang diharapkan,
juga Menjadikan contoh bagi ustadz/ustadzah lainnya agar
memperhatikan hal-hal yang dapat membantu peningkatan kualitas tajwid
pada santri, dan bagi santri hendaknya belajar membaca al-Qur’an dengan
baik dan giat sesuai dengan arahan ustadz/ustadzah agar mampu menguasai
tajwid dan menjadi modal bagi kehidupan yang mendatang.
Ketersediaan
| STAR20230051 | 51/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
