Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar Pada Juz 30 di MIN 3 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah
pendek siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qu’an sebelum belajar pada juz 30 di
MIN 3 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembiasaan membaca
Al-Qur’an sebelum belajar pada juz 30 dapat meningkatkan kemampuan menghafal
surah-surah pendek siswa di MIN 3 Bone. Pembiasaan ini dilakukan dipagi hari secara
bersamaan dan keseluruhan dengan teman sekelas sebelum proses pembelajaran jam
pertama selama 5 sampai 10 menit. Dalam pembiasaan ini guru yang mengajar jam
pertama memandu siswa untuk membaca surah-surah pendek dengan memperhatikan
bacaan yang panjang dan pendek serta memperbaikinya jika terdapat kesalahan
Penulis melakukan pendekatan normatif, psikologi, sosiologi dan melakukan penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara dokumentasi, dan
observasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan
tahap kesimpulan.
Hasil dari penelitian terkait upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah
pendek siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qu’an sebelum belajar pada juz 30 di
MIN 3 Bone yaitu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah
pendek siswa dengan cara membiasakan membaca Al-Qur’an sebelum belajar pada juz
30 dan disertakan dengan upaya-upaya lainnya yang tentu dapat membantu
meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek siswa di MIN 3 Bone.
Pembiasaan ini dikalangan umum sudah dapat dibuktikan keefektifannya. Namun
masih ada kekurangan atau kelemahan dari pembiasaan ini yaitu membutuhkan tenaga
pendidik yang benar-benar dapat mengajarkan peserta didik cara membaca dan
menghafal surah-surah pendek secara baik dan benar. Oleh karena itu, pendidik yang
dibutuhkan dalam mengaplikasikan pendekatan pembiasaan ini adalah pendidik
pilihan yang memahami dan menguasai strategi yang baik dan tajwid yang cukup yang
setara dengan tingkatan sekolah dasar. Sehingga tidak ada kesan bahwa pendidik
hanya mampu mengarahkan tetapi tidak mampu mengajarkan dengan benar terhadap
anak didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Gambaran kemampuan menghafal surah-surah pendek siswa di MIN 3 Bone
telah dilaksanakan dengan benar karena sebagian besar dari siswa MIN 3 Bone
mampu menyelesaikan hafalan surah-surah pendek sesuai dengan batas target
yang telah ditentukan pada masing-masing tingkatan kelas. Bahkan siswa MIN 3
Bone mampu dan berhasil meraih prestasi dengan mengekuti beberapa lomba
yang seterkaitan dengan hafalan surah-surah pendek yang memuaskan dan
membanggakan nama MIN 3 Bone.
2. Pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar pada juz 30 di MIN 3 Bone.
Pembiasaan ini merupakan salah satu upaya guru untuk meningkatkan
kemampuan menghafal surah-surah pendek siswa di MIN 3 Bone. Dimana
guru/pendidik melakukan pembiasaan ini dipagi hari yang berkisaran 5 sampai
10 menit sebelum proses pembelajaran dimulai yang dipandu oleh guru yang
mengajar pada jam pertama, dengan memperhatikan bacaan siswa, mengoreksi
bacaan yang salah, dilakukan secara berjamaah atau bersamaan dan
menyesuaikan urutan surah-surah pendek yang terdapat di dalam Al-Qur’an pada
juz 30.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal surah-surah pendek
siswa dibagi menjadi 2 dua faktor yaitu: faktor pendukung dan penghambat.
Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah faktor psikologi, kecerdasan,
motivasi, pengawasan orang tua dan lainnya. Sedangkan yang menjadi faktor
penghambat adalah kebalikan dari faktor pendukung itu sendiri ataupun
dipengaruhi karena kurangnya murojaah (mengulang-ulangi hafalan), suka
menunda, kurang konsentrasi dan lainnya.
B. Implikasi
Mengingat bahwa pentingnya hafalan surah-surah pendek bagi siswa di MIN
3 Bone, maka penulis mengharapkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Penulis
Menjadikan pelajaran sebagai calon guru bahwa pembiasaan baik yang
diterapkan kepada guru oleh siswa mampu memberi pengaruh baik dimasa
yang akan datang.
2. Bagi Guru
Menjadikan contoh bagi guru lainnya agar memperhatikan hal-hal yang
dapat membantu peningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek
siswa.
3. Bagi Siswa
Hendaknya mengikuti proses pembelajaran ataupun kegiatan tambahan
dengan baik dan benar sesuai dengan arahan guru yang dapat membantu
meningkatkan hasil pembelajaran dan menjadi modal bagi kehidupan yang
mendatang.
Ketersediaan
STAR2023005353/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

53/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top