Strategi Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone
Herianti/862082019018 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca al-Qur’an Peserta Didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Adapun sub bahasannya adalah strategi tenaga
pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone,
kemampuan memmbaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone, dan kontribusi strategi tenaga pendidik dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah
Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan jenis
penelitian field research (penelitian lapangan) dengan metode kualitatif. Melakukan
pendekatan normatif, psikologi dan pedagogik dengan menggunakan data dan sumber
data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dengan menggunakan teknik analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, strategi tenaga
pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu a)
strategi pengorganisasian, yang memiliki tiga indikator yaitu penyesuaian materi
sesuai kaidah ilmu tajwid, penyesuaian alokasi waktu belajar mengajar dan
pengelompokan belajar. b) strategi penyampaian, ada tiga indikator yaitu
penyampaian yang kreatif dan inovatif, perbaikan bacaan al-Qur’an dan penyampaian
dengan tanya jawab. c) strategi pengevaluasian. Kedua, kemampuan membaca al-
Qur’an peserta didk di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab.
Bone dikategorikan baik karena santri telah mampu: a) Melafalkan makharijul huruf
yaitu kemampuan santri dalam melafalkan huruf-huruf sesuai tempat keluarnya huruf
tersebut, baik dari segi al-Jauf, al-Halq, al-Lisan, asy-Syafatain, dan al-Khaisyum. b)
Melafalkan hukum bacaan nun mati yaitu kemampuan santri dalam menerapkan
hukum bacaan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf (idzhar, idgham,
ikhfa dan iqlab). c) Membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar yaitu kemampuan
santri dalam melafalkan huruf hijaiyyah, mengetahui tanda baca atau harakat, dan
mampu merangkai kata perkata dalam ayat al-Qur’an. Ketiga, strategi
pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengevalusian telah berkontrbusi
dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul
Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal tersebut dibuktikan dengan
meningkatnya kemampuan santri dalam melafalkan huruf sesuai makhraj, melafalkan
hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan santri lebih lancar membaca al-Qur’an.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian tentang strategi tenaga pendidik dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah
Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab.
Bone yaitu a) strategi pengorganisasian, yang memiliki tiga indikator yaitu
penyesuaian materi sesuai kaidah ilmu tajwid, penyesuaian alokasi waktu belajar
mengajar dan pengelompokan belajar. b) strategi penyampaian, ada tiga indikator
yaitu penyampaian yang kreatif dan inovatif, perbaikan bacaan al-Qur’an dan
penyampaian dengan tanya jawab. c) strategi pengevaluasian.
2. Kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone dikategorikan baik. Hal tersebut dibuktikan
karena santri telah mampu:
a. Melafalkan makharijul huruf, yaitu kemampuan santri melafalkan tempat-
tempat keluarnya huruf baik dari dari segi al-Jauf, al-Halq, al-Lisan, asy-
Syafatain dan al-Khaisyum.
b. Melafalkan nun mati atau tanwin dengan baik yaitu kemampuan santri
kemampuan dalam menerapkan hukum bacaan nun mati atau tanwin ketika
bertemu dengan huruf (idzhar, idgham, ikhfa dan iqlab).
c. Membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar, yaitu kemampuan santri dalam
melafalkan huruf hijaiyyah, mengetahui tanda baca atau harakat dan mampu
merangkai kata per kata dalam ayat al-Qur’an.
3. Strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengevalusian telah
berkontrbusi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik
di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan santri dalam melafalkan huruf
sesuai makhraj, melafalkan hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan santri lebih
lancar membaca al-Qur’an.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Bagi pendidik, hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang
telah diamanahkan seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan santri dalam
membaca al-Qur’an.
2. Bagi santri, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pengajaran
serta rajin membaca al-Qur’an agar bisa membacanya dengan lancar, baik dan
benar.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam
pendidikan formal, non formal dan pendidikan informal.
Kemampuan Membaca al-Qur’an Peserta Didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Adapun sub bahasannya adalah strategi tenaga
pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone,
kemampuan memmbaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone, dan kontribusi strategi tenaga pendidik dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah
Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan jenis
penelitian field research (penelitian lapangan) dengan metode kualitatif. Melakukan
pendekatan normatif, psikologi dan pedagogik dengan menggunakan data dan sumber
data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dengan menggunakan teknik analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, strategi tenaga
pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu a)
strategi pengorganisasian, yang memiliki tiga indikator yaitu penyesuaian materi
sesuai kaidah ilmu tajwid, penyesuaian alokasi waktu belajar mengajar dan
pengelompokan belajar. b) strategi penyampaian, ada tiga indikator yaitu
penyampaian yang kreatif dan inovatif, perbaikan bacaan al-Qur’an dan penyampaian
dengan tanya jawab. c) strategi pengevaluasian. Kedua, kemampuan membaca al-
Qur’an peserta didk di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab.
Bone dikategorikan baik karena santri telah mampu: a) Melafalkan makharijul huruf
yaitu kemampuan santri dalam melafalkan huruf-huruf sesuai tempat keluarnya huruf
tersebut, baik dari segi al-Jauf, al-Halq, al-Lisan, asy-Syafatain, dan al-Khaisyum. b)
Melafalkan hukum bacaan nun mati yaitu kemampuan santri dalam menerapkan
hukum bacaan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf (idzhar, idgham,
ikhfa dan iqlab). c) Membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar yaitu kemampuan
santri dalam melafalkan huruf hijaiyyah, mengetahui tanda baca atau harakat, dan
mampu merangkai kata perkata dalam ayat al-Qur’an. Ketiga, strategi
pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengevalusian telah berkontrbusi
dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul
Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal tersebut dibuktikan dengan
meningkatnya kemampuan santri dalam melafalkan huruf sesuai makhraj, melafalkan
hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan santri lebih lancar membaca al-Qur’an.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian tentang strategi tenaga pendidik dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah
Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pendidik di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab.
Bone yaitu a) strategi pengorganisasian, yang memiliki tiga indikator yaitu
penyesuaian materi sesuai kaidah ilmu tajwid, penyesuaian alokasi waktu belajar
mengajar dan pengelompokan belajar. b) strategi penyampaian, ada tiga indikator
yaitu penyampaian yang kreatif dan inovatif, perbaikan bacaan al-Qur’an dan
penyampaian dengan tanya jawab. c) strategi pengevaluasian.
2. Kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di TK/TPA Nurul Falah Desa
Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone dikategorikan baik. Hal tersebut dibuktikan
karena santri telah mampu:
a. Melafalkan makharijul huruf, yaitu kemampuan santri melafalkan tempat-
tempat keluarnya huruf baik dari dari segi al-Jauf, al-Halq, al-Lisan, asy-
Syafatain dan al-Khaisyum.
b. Melafalkan nun mati atau tanwin dengan baik yaitu kemampuan santri
kemampuan dalam menerapkan hukum bacaan nun mati atau tanwin ketika
bertemu dengan huruf (idzhar, idgham, ikhfa dan iqlab).
c. Membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar, yaitu kemampuan santri dalam
melafalkan huruf hijaiyyah, mengetahui tanda baca atau harakat dan mampu
merangkai kata per kata dalam ayat al-Qur’an.
3. Strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengevalusian telah
berkontrbusi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik
di TK/TPA Nurul Falah Desa Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan santri dalam melafalkan huruf
sesuai makhraj, melafalkan hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan santri lebih
lancar membaca al-Qur’an.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Bagi pendidik, hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang
telah diamanahkan seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan santri dalam
membaca al-Qur’an.
2. Bagi santri, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pengajaran
serta rajin membaca al-Qur’an agar bisa membacanya dengan lancar, baik dan
benar.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam
pendidikan formal, non formal dan pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20230216 | 216/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
216/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
