Implementasi Media Bervariasi dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka
A. Nanda Apriani/862082019127 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai implementasi media bervariasi dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka, Minat
belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa
Rukka, serta kontribusi penggunaan media bervariasi dalam menumbuhkan minat
belajar siswa di SD Inpres 12/ 79 Pallawa Rukka.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan paedagogis.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi,
instrument wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian terdiri dari data primer yang
diperoleh dari siswa dan guru pendidikan Agama Islam sedangkan data sekunder
diperoleh dari jurnal dan buku berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun
teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; implementasi media bervariasi
yang digunakan di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka khususnya pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam ada tiga yaitu: media visual dalam bentuk power point dan
buku, media audio dalam bentuk ceramah dan speaker, dan media audio visual yaitu
media kombinasi yang menggabungkan media visual dan media audio dalam bentuk
film. Kedua; siswa telah memiliki minat belajar pada pembelajaran pendidikan agama
Islam yang dibuktikan dengan siswa memiliki perasaan senang, perhatian dalam
belajar, dan ketertarikan dalam belajar. Ketiga; penggunaan media bervariasi telah
berkontribusi dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan agama Islam, dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang
membuat siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “implementasi penggunaan media yang
bervariasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka” Penulis menyimpulkan bahwa:
1. Implementasi media bervariasi yang digunakan di SD Inpres 12/79 Pallawa
Rukka khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Menggunakan
tiga jenis media yaitu yang pertama media visual dalam bentuk powerpoint dan
buku yang dapat dilihat melalui indra penglihatan. Kedua media audio dalam
bentuk ceramah dan speaker yang dapat didengar melalui indra pendengaran, dan
ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang menggabungkan media
visual dan media audio dalam bentuk film melalui indra penglihatan dan indra
pendengaran. Media ini sangat membantu dan memudahkan guru dalam proses
pembelajaran sehingga siswa tertarik dengan adanya variasi media tersebut.
2. Minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres
12/79 Pallawa Rukka telah memiliki minat belajar pendidikan agama Islam. Hal
tersebut dibuktikan siswa memiliki perasaan senang, perhatian dalam belajar,
tertarik terhadap pembelajaran, guru, serta pengalaman tertentu pada saat
penggunaan media pembelajaran.
3. Kontribusi media pembelajaran dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka.
Dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang membuat siswa lebih
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah memahami
pelajaran sehingga berguna pada masa yang akan datang.
B. Implikasi
1. Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam diharapkan mampu menggunakan
media pembelajaran dengan penyesuaian materi yang tertera di buku pendidikan.
Dalam mengajar terjelas penyampaian tujuan pembelajaran dan lebih
memperhatikan siswanya agar manfaat pembelajaran pendidikan agama Islam
dapat, bukan hanya di kehidupan sekolah, melainkan juara dalam penerapan
kehidupan sehari-hari siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penggunaan media bervariasi yang baik
dan benar dalam menumbuhkan minat belajar siswa.
pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka, Minat
belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa
Rukka, serta kontribusi penggunaan media bervariasi dalam menumbuhkan minat
belajar siswa di SD Inpres 12/ 79 Pallawa Rukka.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan paedagogis.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi,
instrument wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian terdiri dari data primer yang
diperoleh dari siswa dan guru pendidikan Agama Islam sedangkan data sekunder
diperoleh dari jurnal dan buku berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun
teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; implementasi media bervariasi
yang digunakan di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka khususnya pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam ada tiga yaitu: media visual dalam bentuk power point dan
buku, media audio dalam bentuk ceramah dan speaker, dan media audio visual yaitu
media kombinasi yang menggabungkan media visual dan media audio dalam bentuk
film. Kedua; siswa telah memiliki minat belajar pada pembelajaran pendidikan agama
Islam yang dibuktikan dengan siswa memiliki perasaan senang, perhatian dalam
belajar, dan ketertarikan dalam belajar. Ketiga; penggunaan media bervariasi telah
berkontribusi dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan agama Islam, dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang
membuat siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “implementasi penggunaan media yang
bervariasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka” Penulis menyimpulkan bahwa:
1. Implementasi media bervariasi yang digunakan di SD Inpres 12/79 Pallawa
Rukka khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Menggunakan
tiga jenis media yaitu yang pertama media visual dalam bentuk powerpoint dan
buku yang dapat dilihat melalui indra penglihatan. Kedua media audio dalam
bentuk ceramah dan speaker yang dapat didengar melalui indra pendengaran, dan
ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang menggabungkan media
visual dan media audio dalam bentuk film melalui indra penglihatan dan indra
pendengaran. Media ini sangat membantu dan memudahkan guru dalam proses
pembelajaran sehingga siswa tertarik dengan adanya variasi media tersebut.
2. Minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres
12/79 Pallawa Rukka telah memiliki minat belajar pendidikan agama Islam. Hal
tersebut dibuktikan siswa memiliki perasaan senang, perhatian dalam belajar,
tertarik terhadap pembelajaran, guru, serta pengalaman tertentu pada saat
penggunaan media pembelajaran.
3. Kontribusi media pembelajaran dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres 12/79 Pallawa Rukka.
Dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang membuat siswa lebih
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah memahami
pelajaran sehingga berguna pada masa yang akan datang.
B. Implikasi
1. Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam diharapkan mampu menggunakan
media pembelajaran dengan penyesuaian materi yang tertera di buku pendidikan.
Dalam mengajar terjelas penyampaian tujuan pembelajaran dan lebih
memperhatikan siswanya agar manfaat pembelajaran pendidikan agama Islam
dapat, bukan hanya di kehidupan sekolah, melainkan juara dalam penerapan
kehidupan sehari-hari siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penggunaan media bervariasi yang baik
dan benar dalam menumbuhkan minat belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20230400 | 400/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
400/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
