Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ketakwaan Pada Siswa SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Arisda Ahmad/02.14.1068 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peranan guru Pendidikan Agama Islam
dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan, hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang peranan guru pendididkan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai takwa pada siswa. Masalah pada skripsi ini terbagi
menjadi dua yaitu 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang?, 2) Bagaimana
kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai
ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang?.
Masalah dalam skrispi ini dibahas dengan metode deskriptif kualitatif
dengan menggunakan pendekatan Teologis normatif, paedagogis, dan fungsional.
Untuk mendapatkan data pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan
menggunkan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display)
kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclutiondrawing/verification)
Hasil dari penetian ini bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa sudah terstruktur dengan baik.
Menjalankan pola-pola pendidikan dengan menanamkan dan mengembangkan
sikap siswa terhadap nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan dan kasih
sayang sebagai nilai-nilai positif yang dimiliki oleh semua agama. Sehingga
mewujudkan lulusan yang memiliki ketakwaaan sesuai dengan misi sekolah.
Adapun upaya dan kontribusi yang dilakukan yaitu 1) Menjadi guru yang
professional memiliki keterampilan dan variasi dalam mengajar baik di dalam
kelas maupun di luar kelas. Belajar sambil bernyanyi atau bermain game adalah
salah satu cara yang digemari oleh siswa. Hal ini yang dilakukan di SDN 24
Macanang. Siswa bernyanyi ketika di dalam kelas sebelum atau di sela-sela
pelajaran atau saat menghapal asmaul husna dibarengi dengan sebuah permainan
yang akan memudahkan siswa untuk mengingatnya.
2) Membina serta membimbim siswa dalam menjalankan setiap kegiatan di sekolah yaitu
ektrakurikuler, program pembiasaan sekolah (shalat dhuhur berjamaah,
menghapal asmaul husna dan surah pendek dll) dan perlombaan-perlombaan yang
bertema islami. 3) Memberikan evaluasi yang mampu meningkatkan motivasi
belajar siswa. Sehingga siswa dapat menjadi seseorang yang bertakwa.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, sesuai data hasil penelitian
dan analisis peneliti mengenai peranan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai
ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:.
1. Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa
SDN 24 Macanang yaitu melalui proses pembelajaran yang menarik.
Proses pembelajaran yang diserta dengan nyanyian dan permainan serta
tidak dilakukan di dalam kelas saja melainkan di lakukan di luar kelas
sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh apalagi siswa harus
belajar sampai sore.
2. Kontribusi guru PAI dalam menanmkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa
SDN 24 Macanang yaitu melalui berbagai pembiasaan perilaku baik di
sekolah seperti: (1) Pembiasaan salam, (2) Shalat dhuhur berjamaah, (3)
Menghapal surah pendek dan asmaul husna, (4) Literasi dan (5) Mengikuti
ekstrakulikuler wajib maupun pilihan siswa itu sendiri.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian ini, maka berikut ini
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pembaca
Penelitian ini diharapkan menumbuhkan kesadaran para pembaca,
sehingga para pembaca budiman akan mengetahui bagaimana pentingnya
peranan dan kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam usaha
menananmkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa. Bagaimana kerasnya
usaha para guru dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang
bermartabat. Melalui ajaran agama Islam yang penuh dengan kedamaian.
Dengan demikian siswa dapat mencapai tujuan pendidikan nasional dalam
hal ini adalah siswa yang bertakwa.
2. Guru Pendidikan Agama Islam
Untuk semua bentuk antusias/partisipasi guru dalam menyukseskan
usaha peneliti dalam menyelesaikan penelitian mengenai peranan guru
pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada
siswa telah dilakukan secara optimal, penulis harapkan akan dapat terus
berlanjut dan semakin meminamilisir segala bentuk hambatan yang
ditemui.
3. Siswa
Untuk siswa SDN 24 Macanang untuk menjadi seorang yang
berhasil tidak hanya dilihat seberapa pandai anda di dalam kelas tapi
bagaimana seseorang bisa berbuat baik terhadap diri sendiri, keluarga
maupun dengan orang lain. Serta menjadi manusia yang bermamfaat bagi
orang lain dan Negara. Menjadi seseorang yang bertakwa kepada Allah
dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Karena Allah swt. akan
menempatkan kita pada derajat yang lebih tinggi.
4. Penelitian selanjutnya
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis berharap
dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai salah satu referensi
dalam melakukan penelitian, karena penelitian yang penulis lakukan masih
jauh dari kata sempurna, penulis mengharapkan akan ada banyak
penelitian untuk tema-tema seperti ini dan dikaji lebih dalam lagi.
dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan, hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang peranan guru pendididkan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai takwa pada siswa. Masalah pada skripsi ini terbagi
menjadi dua yaitu 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang?, 2) Bagaimana
kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai
ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang?.
Masalah dalam skrispi ini dibahas dengan metode deskriptif kualitatif
dengan menggunakan pendekatan Teologis normatif, paedagogis, dan fungsional.
Untuk mendapatkan data pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan
menggunkan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display)
kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclutiondrawing/verification)
Hasil dari penetian ini bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa sudah terstruktur dengan baik.
Menjalankan pola-pola pendidikan dengan menanamkan dan mengembangkan
sikap siswa terhadap nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan dan kasih
sayang sebagai nilai-nilai positif yang dimiliki oleh semua agama. Sehingga
mewujudkan lulusan yang memiliki ketakwaaan sesuai dengan misi sekolah.
Adapun upaya dan kontribusi yang dilakukan yaitu 1) Menjadi guru yang
professional memiliki keterampilan dan variasi dalam mengajar baik di dalam
kelas maupun di luar kelas. Belajar sambil bernyanyi atau bermain game adalah
salah satu cara yang digemari oleh siswa. Hal ini yang dilakukan di SDN 24
Macanang. Siswa bernyanyi ketika di dalam kelas sebelum atau di sela-sela
pelajaran atau saat menghapal asmaul husna dibarengi dengan sebuah permainan
yang akan memudahkan siswa untuk mengingatnya.
2) Membina serta membimbim siswa dalam menjalankan setiap kegiatan di sekolah yaitu
ektrakurikuler, program pembiasaan sekolah (shalat dhuhur berjamaah,
menghapal asmaul husna dan surah pendek dll) dan perlombaan-perlombaan yang
bertema islami. 3) Memberikan evaluasi yang mampu meningkatkan motivasi
belajar siswa. Sehingga siswa dapat menjadi seseorang yang bertakwa.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, sesuai data hasil penelitian
dan analisis peneliti mengenai peranan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai
ketakwaan pada siswa SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:.
1. Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa
SDN 24 Macanang yaitu melalui proses pembelajaran yang menarik.
Proses pembelajaran yang diserta dengan nyanyian dan permainan serta
tidak dilakukan di dalam kelas saja melainkan di lakukan di luar kelas
sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh apalagi siswa harus
belajar sampai sore.
2. Kontribusi guru PAI dalam menanmkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa
SDN 24 Macanang yaitu melalui berbagai pembiasaan perilaku baik di
sekolah seperti: (1) Pembiasaan salam, (2) Shalat dhuhur berjamaah, (3)
Menghapal surah pendek dan asmaul husna, (4) Literasi dan (5) Mengikuti
ekstrakulikuler wajib maupun pilihan siswa itu sendiri.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian ini, maka berikut ini
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pembaca
Penelitian ini diharapkan menumbuhkan kesadaran para pembaca,
sehingga para pembaca budiman akan mengetahui bagaimana pentingnya
peranan dan kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam usaha
menananmkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa. Bagaimana kerasnya
usaha para guru dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang
bermartabat. Melalui ajaran agama Islam yang penuh dengan kedamaian.
Dengan demikian siswa dapat mencapai tujuan pendidikan nasional dalam
hal ini adalah siswa yang bertakwa.
2. Guru Pendidikan Agama Islam
Untuk semua bentuk antusias/partisipasi guru dalam menyukseskan
usaha peneliti dalam menyelesaikan penelitian mengenai peranan guru
pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada
siswa telah dilakukan secara optimal, penulis harapkan akan dapat terus
berlanjut dan semakin meminamilisir segala bentuk hambatan yang
ditemui.
3. Siswa
Untuk siswa SDN 24 Macanang untuk menjadi seorang yang
berhasil tidak hanya dilihat seberapa pandai anda di dalam kelas tapi
bagaimana seseorang bisa berbuat baik terhadap diri sendiri, keluarga
maupun dengan orang lain. Serta menjadi manusia yang bermamfaat bagi
orang lain dan Negara. Menjadi seseorang yang bertakwa kepada Allah
dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Karena Allah swt. akan
menempatkan kita pada derajat yang lebih tinggi.
4. Penelitian selanjutnya
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis berharap
dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai salah satu referensi
dalam melakukan penelitian, karena penelitian yang penulis lakukan masih
jauh dari kata sempurna, penulis mengharapkan akan ada banyak
penelitian untuk tema-tema seperti ini dan dikaji lebih dalam lagi.
Ketersediaan
| STAR20190332 | 332/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
332/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
