Implementasi Jaminan Mutu dalam Menghasilkan Lulusan Berprestasi Bidang Akademik di SMP Islam Athirah Bone
Riska Askariani/02.15.3059 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Jaminan Mutu dalam
Menghasilkan Lulusan Berprestasi Bidang Akademik di SMP Islam Athirah Bone”. Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang pelaksanaan jaminan
mutu yang telah ditetapkan dan hasil lulusan berprestasi bidang akademik di SMP Islam
Athirah Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan
manajemen, paedagogik, psikologis serta sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi jaminan mutu di
SMP Islam Athirah Bone dilaksanakan melalui tahap perencanaan yakni melakukan brifing
kemudian menetapkan standar atau kegiatan kemudian di breakdown kepada guru untuk
menentukan strategi yang digunakan untuk mencapai target atau jaminan mutu yang telah
ditentukan, kemudian melaksanakan standar atau kegiatan yang telah ditentukan dibarengi
dengan motivasi dan arahan oleh kepala sekolah salah satunya adanya reward untuk guru
yang melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan setelah pelaksanaan akan dilakukan
evaluasi baik kepada guru maupun kepada peserta didik sampai dimana pencapaiannya dan
diadakan tindak lanjut di SMP Islam Athirah Bone Athirah mengistilahkan RTL (Rencana
Tindak Lanjut) dari apa yang telah dievaluasi apabila sudah dicapai kemudian dilakukan
peningkatan standar atas pencapaian target tersebut. Kedua, hasil lulusan berprestasi bidang
akademik di SMP Islam Athirah Bone tersebut sudah dapat dilihat bahwa memang
lulusannya berprestasi terutama dibidang akademik dibuktikan dengan adanya beberapa
peserta didik yang telah mengikuti beberapa lomba baik ditingkat Kabupaten, Provinsi
maupun ditingkat Nasional, ditandai juga dengan adanya lulusan yang mampu menyusun
dan mempresentasikan karya ilmiah bahkan UN pada tahun 2019 ada 3 orang peserta didik
dari SMP Islam Athirah Bone yang mampu memperoleh nilai 100 murni dari mata pelajaran
matematika belum lagi mata pelajaran lain.
Dengan penerapan jaminan mutu di SMP Islam Athirah Bone, target prestasi
akademik lebih terarah karena dalam mencapai arah jaminan mutu tersebut prestasi peserta
didik dapat mengiringi pencapaian target.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi jaminan mutu di SMP Islam Athirah Bone sudah diterapkan
dengan baik melalui proses PDCA (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
Tindak Lanjut). Perencanaan dilakukan pada saat brifing karena setiap awal
tahun di SMP Islam Athirah Bone selalu mengadakan brifing antara kepala
sekolah, guru dan staf. Pada saat brifing kepala sekolah mencanangkan
beberapa standar atau kegiatan apa yang akan dilaksanakan untuk mencapai
target yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan dilakukan setelah mencanangkan
beberapa standar atau kegiatan kemudian kepala sekolah breakdown kepada
guru-guru bahwa ini yang harus dijalankan disertai dengan motivasi dan arahan
dari kepala sekolah salah satu bentuk motivasi yaitu reward. Evaluasi yang
dilakukan di SMP Islam Athirah Bone yakni menggunakan PICA yang
merupakan pemberian target yang telah direncanakan kemudian melihat
apakah sudah dicapai atau tidak. Tindak lanjut yakni setelah melihat hasil
evaluasinya kemudian diadakan perbaikan dan peningkatan standar contohnya
UN yang jaminan mutunya harus rata-rata 80 kemudian setelah dievaluasi
sudah mencapai rata-rata yang sudah ditetapkan maka standarnya harus
dinaikkan misalnya 85.
2. Hasil lulusan berprestasi bidang akademik di SMP Islam Athirah Bone sudah
dapat dilihat dengan diperolehnya berbagai piagam dan piala dibidang
akademik yakni UN tahun 2019 ada 3 orang peserta didik memperoleh nilai100
murni dimata pelajaran matematika dan lulusan SMP Islam Athirah Bone harus
mampu menyusun artikel ilmiah.
B. Implikasi
1. Kepala sekolah agar kiranya mempertahankan kinerjanya dalam mengarahkan
para guru agar tetap profesional dan konsisten dalam melaksanan jaminan mutu
agar lebih terarah, efektif dan efisien sehingga prestasi guru dan peserta didik
dapat mengiringi pencapaian target.
2. Kepada pihak sekolah agar kiranya mempertahankan komunikasi antara kepala
sekolah dengan guru, guru dengan peserta didik dalam melakukan proses
pendidikan agar dalam menghasilkan lulusan berprestasi terus dipertahankan
bahkan meningkatkan lulusannya dari tahun ke tahun.
Menghasilkan Lulusan Berprestasi Bidang Akademik di SMP Islam Athirah Bone”. Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang pelaksanaan jaminan
mutu yang telah ditetapkan dan hasil lulusan berprestasi bidang akademik di SMP Islam
Athirah Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan
manajemen, paedagogik, psikologis serta sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi jaminan mutu di
SMP Islam Athirah Bone dilaksanakan melalui tahap perencanaan yakni melakukan brifing
kemudian menetapkan standar atau kegiatan kemudian di breakdown kepada guru untuk
menentukan strategi yang digunakan untuk mencapai target atau jaminan mutu yang telah
ditentukan, kemudian melaksanakan standar atau kegiatan yang telah ditentukan dibarengi
dengan motivasi dan arahan oleh kepala sekolah salah satunya adanya reward untuk guru
yang melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan setelah pelaksanaan akan dilakukan
evaluasi baik kepada guru maupun kepada peserta didik sampai dimana pencapaiannya dan
diadakan tindak lanjut di SMP Islam Athirah Bone Athirah mengistilahkan RTL (Rencana
Tindak Lanjut) dari apa yang telah dievaluasi apabila sudah dicapai kemudian dilakukan
peningkatan standar atas pencapaian target tersebut. Kedua, hasil lulusan berprestasi bidang
akademik di SMP Islam Athirah Bone tersebut sudah dapat dilihat bahwa memang
lulusannya berprestasi terutama dibidang akademik dibuktikan dengan adanya beberapa
peserta didik yang telah mengikuti beberapa lomba baik ditingkat Kabupaten, Provinsi
maupun ditingkat Nasional, ditandai juga dengan adanya lulusan yang mampu menyusun
dan mempresentasikan karya ilmiah bahkan UN pada tahun 2019 ada 3 orang peserta didik
dari SMP Islam Athirah Bone yang mampu memperoleh nilai 100 murni dari mata pelajaran
matematika belum lagi mata pelajaran lain.
Dengan penerapan jaminan mutu di SMP Islam Athirah Bone, target prestasi
akademik lebih terarah karena dalam mencapai arah jaminan mutu tersebut prestasi peserta
didik dapat mengiringi pencapaian target.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi jaminan mutu di SMP Islam Athirah Bone sudah diterapkan
dengan baik melalui proses PDCA (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
Tindak Lanjut). Perencanaan dilakukan pada saat brifing karena setiap awal
tahun di SMP Islam Athirah Bone selalu mengadakan brifing antara kepala
sekolah, guru dan staf. Pada saat brifing kepala sekolah mencanangkan
beberapa standar atau kegiatan apa yang akan dilaksanakan untuk mencapai
target yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan dilakukan setelah mencanangkan
beberapa standar atau kegiatan kemudian kepala sekolah breakdown kepada
guru-guru bahwa ini yang harus dijalankan disertai dengan motivasi dan arahan
dari kepala sekolah salah satu bentuk motivasi yaitu reward. Evaluasi yang
dilakukan di SMP Islam Athirah Bone yakni menggunakan PICA yang
merupakan pemberian target yang telah direncanakan kemudian melihat
apakah sudah dicapai atau tidak. Tindak lanjut yakni setelah melihat hasil
evaluasinya kemudian diadakan perbaikan dan peningkatan standar contohnya
UN yang jaminan mutunya harus rata-rata 80 kemudian setelah dievaluasi
sudah mencapai rata-rata yang sudah ditetapkan maka standarnya harus
dinaikkan misalnya 85.
2. Hasil lulusan berprestasi bidang akademik di SMP Islam Athirah Bone sudah
dapat dilihat dengan diperolehnya berbagai piagam dan piala dibidang
akademik yakni UN tahun 2019 ada 3 orang peserta didik memperoleh nilai100
murni dimata pelajaran matematika dan lulusan SMP Islam Athirah Bone harus
mampu menyusun artikel ilmiah.
B. Implikasi
1. Kepala sekolah agar kiranya mempertahankan kinerjanya dalam mengarahkan
para guru agar tetap profesional dan konsisten dalam melaksanan jaminan mutu
agar lebih terarah, efektif dan efisien sehingga prestasi guru dan peserta didik
dapat mengiringi pencapaian target.
2. Kepada pihak sekolah agar kiranya mempertahankan komunikasi antara kepala
sekolah dengan guru, guru dengan peserta didik dalam melakukan proses
pendidikan agar dalam menghasilkan lulusan berprestasi terus dipertahankan
bahkan meningkatkan lulusannya dari tahun ke tahun.
Ketersediaan
| STAR20190330 | 330/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
330/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
