Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Sikap Malas Siswa Mengerjakan Tugas Sekolah di SDN 341 Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten Wajo

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
dalam Mengatasi Sikap Malas Siswa Mengerjakan Tugas Sekolah di SDN 341
Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten Wajo”. Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni
tentang Faktor yang mempengaruhi sikap siswa mengerjakan tugas sekolah. Strategi
guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengatasi sikap siswa dalam mengerjakan
tugas sekolah dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi sikap malas
siswa mengerjakan tugas sekolah di SDN 341 Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten
Wajo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang mempengaruhi sikap siswa
dalam mengerjakan tugas sekolah di SDN 341 Lattimu yaitu terdapat 2 faktor yaitu
faktor intenal dan faktor eksternal, dimana faktor internal meliputi faktor fisiologis
dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sosial
dan lingkungan non sosial. 2) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam
mengatasi sikap malas siswa mengerjakan tugas sekolah di SDN 341 Lattimu yaitu
pertama yaitu mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku kepribadian siswa agar
kegiatan pembelajaran lebih terarah dan memiliki tujuan yang pasti, kedua memilih
pendekatan yaitu pendekatan individu dimana pendekatan ini dapat mengetahui siswa
yang sedang bermasalah pada saat proses pembelajaran, ketiga menetapkan metode
dengan metode study kasus agar siswa tetap fokus dan tidak merasa jenuh dalam
belajar, dan keempat menetapkan norma keberhasilan yaitu dengan melakukan
evaluasi untuk menilai sampai sejauh pemahaman siswa yang telah di ajarkan. 3)
Faktor pendukung dalam mengatasi sikap malas siswa mengerjakan tugas sekolah
yaitu pendidik bertanggung jawab terhadap pembentukan kepribadian siswa, sarana
dan prasana yang ada di sekolah dapat membantu proses pembelajaran, dan
lingkungan sekolah yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya
alokasi waktu, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran, tingkat kecerdasan
siswa yang berbeda-beda.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Strategi Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Mengatasi Sikap Malas Siswa Mengerjakan Tugas Sekolah di SDN
341 Lattimu Kecamatan Bola Kabupaten Wajo” sebagai berikut:
1. Faktor yang mempengaruhi sikap siswa dalam mengerjakan tugas sekolah di
SDN 341 Lattimu yaitu terdapat 2 faktor yaitu faktor intenal dan faktor
eksternal, dimana faktor internal meliputi faktor fisiologis dan faktor
psikologis. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sosial dan
lingkungan non sosial.
2. Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengatasi sikap malas
siswa mengerjakan tugas sekolah di SDN 341 Lattimu yaitu pertama
mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku kepribadian siswa agar
kegiatan pembelajaran lebih terarah dan memiliki tujuan yang pasti, kedua
memilih pendekatan yaitu pendekatan individu dimana pendekatan ini dapat
mengetahui siswa yang sedang bermasalah pada saat proses pembelajaran,
ketiga menetapkan metode dengan metode study kasus agar siswa tetap fokus
dan tidak merasa jenuh dalam belajar, dan keempat menetapkan norma
keberhasilan yaitu dengan melakukan evaluasi untuk menilai sampai sejauh
pemahaman siswa yang telah di ajarkan.
3. Faktor pendukung dalam mengatasi sikap malas siswa mengerjakan tugas
sekolah yaitu guru bertanggung jawab terhadap pembentukan kepribadian
siswa, sarana dan prasana yang ada di sekolah dapat membantu proses
pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang baik. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu kurangnya alokasi waktu, kurangnya minat siswa
terhadap mata pelajaran, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Guru harus meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi khususnya
teknologi pembelajaran seperti peningkatan kemampuan dalam
mengembangkan strategi pembelajaran yang mampu memberikan kesan
pembelajaran kepada siswa. Dan guru harus memiliki personal yang baik dan
memiliki metode pembelajaran yang menarik agar peserta didik termotivasi
dalam mengikuti pembelajaran.
2. Siswa di harapkan memiliki semangat belajar yang baik dengan menghilangkan
kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada pada dirinya. Dan rang tua hendaknya
memiliki kerja sama yang baik dengan pihak sekolah guna terciptanya sumber
daya manusia yang baik.
Ketersediaan
STAR2023005050/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

50/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Sikap Malas

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top