Urgensi Gaya Mengajar Personalisasi Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Bone Kab. Bone
Adri Alwan Agilla/862082019170 - Personal Name
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana
urgensi gaya mengajar personalisasi guru pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI
MIPA 1 di MAN 4 Bone. Kedua, Bagaimana minat belajar siswa melalui gaya
mengajar personalisasi guru pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MIPA 1 MAN
4 Bone. Ketiga, Apakah faktor pendukung dan penghambat gaya mengajar
personalisasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA 1 pada
mata pelajaran akidah akhlak di MAN 4 Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu guru mata pelajaran akidak akhlak, serta siswa kelas XI MIPA 1 MAN 4 Bone.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Adapun penggunaan gaya
mengajar personalisasi guru sangat penting dalam proses pembelajaran karena siswa
lebih aktif dibandingkan dengan guru, bertujuan untuk mengembangkan pribadi siswa
secara utuh sehingga siswa dapat menangani masalah yang ada dan mengembangkan
proses mentalnya, tugas guru yaitu membimbing, memotivasi dan memberikan
intruksi. Kedua, Peningkatan minat belajar siswa dalam menggunakan gaya mengajar
personalisasi guru dapat diketahui melaui indikator minat belajar siswa sebagai
berikut: ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Dari beberapa
indikator tersebut bahwa setiap siswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda.
Namun minat belajar siswa sudah cukup bagus dan meningkat. Ketiga, Adapun faktor
pendukung dan penghambat gaya mengajar personalisasi guru dalam meningkatkan
minat belajar siswa meliputi faktor pendukung yaitu: Menghemat waktu,
meningkatkan keterlibatan siswa, dapat meningkatkan daya ingat siswa, dan
meningkatan minat dan hasil belajar. Adapun faktor penghambat yaitu Tingkat
kecerdasan siswa berbeda-beda dalam memahami pembelajaran, dan terkadang ribut
pada saat pembelajaran berlangsung sehingga proses pembelajaran terganggu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakuakn, yaitu:
1. Urgensi gaya mengajar personalisasi guru pada pembelajaran akidah akhlak
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA 1 MAN 4 Bone, dapat
diketahui bahwa penggunan gaya mengajar personalisasi guru sangat penting
dalam proses pembelajaran karena siswa lebih aktif dibandingkan dengan guru,
bertujuan untuk mengembangkan pribadi siswa secara utuh sehingga siswa dapat
menangani masalah yang ada dan mengembangkan proses mentalnya, tugas guru
yaitu mengontrol, membimbing, memotivasi dan memberikan intruksi.
2. Peningkatan minat belajar siswa dalam menggunakan gaya mengajar
personalisasi guru dapat diketahui melaui indikator minat belajar siswa sebagai
berikut: ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Dari
beberapa indikator tersebut bahwa setiap siswa memiliki minat belajar yang
berbeda-beda. Namun minat belajar siswa sudah cukup bagus dan meningkat.
3. Berdasarkan hasil penelitian Adapun faktor pendukung dan penghambat gaya
mengajar personalisasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa meliputi
faktor pendukung yaitu: Menghemat waktu, meningkatkan keterlibatan siswa,
dapat meningkatkan daya ingat siswa, dan meningkatan minat dan hasil belajar.
Adapun faktor penghambat yaitu Tingkat kecerdasan siswa berbeda-beda dalam
memahami pembelajaran, dan terkadang ribut pada saat pembelajaran
berlangsung sehingga proses pembelajaran terganggu.
B. Implikasi
Adapun saran yang peneliti maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana kepada siswa.
2. Kepada guru akidah akhlak MAN 4 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan dalam
memahami siswa dalam pembelajaran karna setiap siswa memiliki minat dan
bakat belajar yang berbeda-beda, sehingga proses belajar mengajar di dalam
kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam
dunia Pendidikan formal, nonformal, maupun Pendidikan informal.
urgensi gaya mengajar personalisasi guru pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI
MIPA 1 di MAN 4 Bone. Kedua, Bagaimana minat belajar siswa melalui gaya
mengajar personalisasi guru pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MIPA 1 MAN
4 Bone. Ketiga, Apakah faktor pendukung dan penghambat gaya mengajar
personalisasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA 1 pada
mata pelajaran akidah akhlak di MAN 4 Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu guru mata pelajaran akidak akhlak, serta siswa kelas XI MIPA 1 MAN 4 Bone.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Adapun penggunaan gaya
mengajar personalisasi guru sangat penting dalam proses pembelajaran karena siswa
lebih aktif dibandingkan dengan guru, bertujuan untuk mengembangkan pribadi siswa
secara utuh sehingga siswa dapat menangani masalah yang ada dan mengembangkan
proses mentalnya, tugas guru yaitu membimbing, memotivasi dan memberikan
intruksi. Kedua, Peningkatan minat belajar siswa dalam menggunakan gaya mengajar
personalisasi guru dapat diketahui melaui indikator minat belajar siswa sebagai
berikut: ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Dari beberapa
indikator tersebut bahwa setiap siswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda.
Namun minat belajar siswa sudah cukup bagus dan meningkat. Ketiga, Adapun faktor
pendukung dan penghambat gaya mengajar personalisasi guru dalam meningkatkan
minat belajar siswa meliputi faktor pendukung yaitu: Menghemat waktu,
meningkatkan keterlibatan siswa, dapat meningkatkan daya ingat siswa, dan
meningkatan minat dan hasil belajar. Adapun faktor penghambat yaitu Tingkat
kecerdasan siswa berbeda-beda dalam memahami pembelajaran, dan terkadang ribut
pada saat pembelajaran berlangsung sehingga proses pembelajaran terganggu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakuakn, yaitu:
1. Urgensi gaya mengajar personalisasi guru pada pembelajaran akidah akhlak
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA 1 MAN 4 Bone, dapat
diketahui bahwa penggunan gaya mengajar personalisasi guru sangat penting
dalam proses pembelajaran karena siswa lebih aktif dibandingkan dengan guru,
bertujuan untuk mengembangkan pribadi siswa secara utuh sehingga siswa dapat
menangani masalah yang ada dan mengembangkan proses mentalnya, tugas guru
yaitu mengontrol, membimbing, memotivasi dan memberikan intruksi.
2. Peningkatan minat belajar siswa dalam menggunakan gaya mengajar
personalisasi guru dapat diketahui melaui indikator minat belajar siswa sebagai
berikut: ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Dari
beberapa indikator tersebut bahwa setiap siswa memiliki minat belajar yang
berbeda-beda. Namun minat belajar siswa sudah cukup bagus dan meningkat.
3. Berdasarkan hasil penelitian Adapun faktor pendukung dan penghambat gaya
mengajar personalisasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa meliputi
faktor pendukung yaitu: Menghemat waktu, meningkatkan keterlibatan siswa,
dapat meningkatkan daya ingat siswa, dan meningkatan minat dan hasil belajar.
Adapun faktor penghambat yaitu Tingkat kecerdasan siswa berbeda-beda dalam
memahami pembelajaran, dan terkadang ribut pada saat pembelajaran
berlangsung sehingga proses pembelajaran terganggu.
B. Implikasi
Adapun saran yang peneliti maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana kepada siswa.
2. Kepada guru akidah akhlak MAN 4 Bone hendaknya tetap melaksanakan tugas
dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan dalam
memahami siswa dalam pembelajaran karna setiap siswa memiliki minat dan
bakat belajar yang berbeda-beda, sehingga proses belajar mengajar di dalam
kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam
dunia Pendidikan formal, nonformal, maupun Pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20230124 | 124/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
124/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
