Peran pendidikan karakter terhadap moral siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone
Eka Paramita/862082019151 - Personal Name
Skripsi ini disusun berdasarkan fakta saat inidimana lingkup pendidikan
mengalami degradasi moral inilah yang melatar belakangi penelitian ini.
Degradasi moral terjadi sebab pendidikan saat ini nampaknya lebih
mengedepankan aspek kognitif dibanding aspek afektif. Pendidikan karakter
sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki perilaku siswa. Peran pendidikan
karakter sudah berusaha diterapkan secara optimal di SMPN 1 Ajangale Kab.
Bone dengan harapan dapat memperbaiki perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk memgetahui bagaimana peran pendidikan karakter terhadap moral siswa
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas
VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah
peran pendidikan karakter yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas VII SMPN 1 Ajangale yang dapat dilihat dari perilaku
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk itu, instrumen yang dibuat berupa pedoman observasi untuk
guru PAI dan siswa, pedoman wawancara untuk kepala sekolah, guru PAI dan
siswa, dan pedoman dokumentasi. Selanjutnya, temuan data hasil penelitian
dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi peran pendidikan
karakter terhadap moral siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale dapat ditingkatkan
dengan melalui tiga tahapan proses pembelajaran diantaranya, tahap pendahuluan,
tahap pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan nilai-nilai moral siswa
yang diharapkan tercapai pada penerapan peran pendidikan karakter diantaranya,
sikap hormat, sikap tanggung jawab, sikap jujur, dan sikap disiplin yang tercermin
dari kondisi moral siswa itu sendiri
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dalam skripsi ini, maka peneliti dapat
menarik kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah penelitian bahwa peran
pendidikan karakter terhadap moral siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone
dengan dintegrasikan kedalam pembelajaran yang melalui tiga tahap yaitu: tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peniliti dengan judul
“Peran Pendidikan Karakter Terhadap Moral Siswa Kelas VII SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone” penulis simpulkan bahwa:
1. Implementasi Peran Pendidikan karakter terhadap moral siswa kelas VII
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone diperoleh dengan penerapan melalui tiga
tahapan, yakni melalui Tahap Pendahuluan, Tahap Pelaksanaan, dan
Evaluasi Pembelajaran. Dari ketiga tahapan tersebut yang dilaksanakan oleh
pihak sekolah guna mengoptimalkan peran Pendidikan karakter yang
terealisasikan melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
memenuhi indikator-indikator nilai-nilai moral yang menjadi cerminan dari
Pendidikan karakter tersebut.
2. Peran pendidikan karakter telah memenuhi indikator di kelas VII SMPN 1
Ajangale Kab. Bone, dilihat dari perilaku siswa yang sebagaian besar telah
memenuhi nilai-nilai moral yakni sikap hormat, sikap tanggung jawab, sikap
jujur, dan sikap dispilin yang terangkum dalam Pendidikan karakter yang
diimplementasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
yang menjadi fokus penelitian oleh peneliti. Begitupula dengan kontribusi
dan dedikasi yang baik yang dilakukan oleh segenap tenaga edukatif dan
tenaga administrasi yang membimbing siswa dan menjadi contoh yang baik
dengan senantiasa melakukan pembiasaan untuk membentuk moral siswa
yang tidak lepas dari nilai-nilai karakter dalam pendidikan.
B. Implementasi Penelitian
Setelah penulis mengemukakan kesimpulan di atas, maka berikut ini
penulis akan mengemukakan beberapa bentuk implementasi penelitian yang berisi
saran-saran sebagai bentuk harapan yang ingin dicapai sekaligus sebagai
bentukkelengkapan dalam penyusunan skripsi ini sebagai berikut:
1. Bagi Kepala sekolah SMPN 1 Ajangale Kab. Bone diharapkan agar
senantiasa tetap meningkatkan peran pendidikan karakter di lingkungan
sekolah melalui pengawasan segenap tenaga edukatif dan tenaga
administrasi demi menjaga perilaku moral siswa tetap bertahan baik atau
bahkan ditingkatkan melalui beberapa kegiatan sesuai dengan budaya
tempat sekolah berada.
2. Bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) kelaa VII SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone agar siswa tetap memiliki perilaku yang baik, maka sebaiknya
guru meningkatkan perannya sebagai motivator dengan cara senatiasa
memberikan arahan dan menjadi contoh bentuk keteladanan berperilaku
baik kepada siswa.
3. Bagi siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone sebaiknya tetap patuh
dan taat pada perintah dan aturan yang ada di sekolah untuk tetap menjaga
esensi dari peran pendidikan karakter yang memberikan dampak positif
pada diri siswa dan lingkungannya.
mengalami degradasi moral inilah yang melatar belakangi penelitian ini.
Degradasi moral terjadi sebab pendidikan saat ini nampaknya lebih
mengedepankan aspek kognitif dibanding aspek afektif. Pendidikan karakter
sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki perilaku siswa. Peran pendidikan
karakter sudah berusaha diterapkan secara optimal di SMPN 1 Ajangale Kab.
Bone dengan harapan dapat memperbaiki perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk memgetahui bagaimana peran pendidikan karakter terhadap moral siswa
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas
VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah
peran pendidikan karakter yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas VII SMPN 1 Ajangale yang dapat dilihat dari perilaku
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk itu, instrumen yang dibuat berupa pedoman observasi untuk
guru PAI dan siswa, pedoman wawancara untuk kepala sekolah, guru PAI dan
siswa, dan pedoman dokumentasi. Selanjutnya, temuan data hasil penelitian
dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi peran pendidikan
karakter terhadap moral siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale dapat ditingkatkan
dengan melalui tiga tahapan proses pembelajaran diantaranya, tahap pendahuluan,
tahap pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan nilai-nilai moral siswa
yang diharapkan tercapai pada penerapan peran pendidikan karakter diantaranya,
sikap hormat, sikap tanggung jawab, sikap jujur, dan sikap disiplin yang tercermin
dari kondisi moral siswa itu sendiri
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan dalam skripsi ini, maka peneliti dapat
menarik kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah penelitian bahwa peran
pendidikan karakter terhadap moral siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone
dengan dintegrasikan kedalam pembelajaran yang melalui tiga tahap yaitu: tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peniliti dengan judul
“Peran Pendidikan Karakter Terhadap Moral Siswa Kelas VII SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone” penulis simpulkan bahwa:
1. Implementasi Peran Pendidikan karakter terhadap moral siswa kelas VII
SMPN 1 Ajangale Kab. Bone diperoleh dengan penerapan melalui tiga
tahapan, yakni melalui Tahap Pendahuluan, Tahap Pelaksanaan, dan
Evaluasi Pembelajaran. Dari ketiga tahapan tersebut yang dilaksanakan oleh
pihak sekolah guna mengoptimalkan peran Pendidikan karakter yang
terealisasikan melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
memenuhi indikator-indikator nilai-nilai moral yang menjadi cerminan dari
Pendidikan karakter tersebut.
2. Peran pendidikan karakter telah memenuhi indikator di kelas VII SMPN 1
Ajangale Kab. Bone, dilihat dari perilaku siswa yang sebagaian besar telah
memenuhi nilai-nilai moral yakni sikap hormat, sikap tanggung jawab, sikap
jujur, dan sikap dispilin yang terangkum dalam Pendidikan karakter yang
diimplementasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
yang menjadi fokus penelitian oleh peneliti. Begitupula dengan kontribusi
dan dedikasi yang baik yang dilakukan oleh segenap tenaga edukatif dan
tenaga administrasi yang membimbing siswa dan menjadi contoh yang baik
dengan senantiasa melakukan pembiasaan untuk membentuk moral siswa
yang tidak lepas dari nilai-nilai karakter dalam pendidikan.
B. Implementasi Penelitian
Setelah penulis mengemukakan kesimpulan di atas, maka berikut ini
penulis akan mengemukakan beberapa bentuk implementasi penelitian yang berisi
saran-saran sebagai bentuk harapan yang ingin dicapai sekaligus sebagai
bentukkelengkapan dalam penyusunan skripsi ini sebagai berikut:
1. Bagi Kepala sekolah SMPN 1 Ajangale Kab. Bone diharapkan agar
senantiasa tetap meningkatkan peran pendidikan karakter di lingkungan
sekolah melalui pengawasan segenap tenaga edukatif dan tenaga
administrasi demi menjaga perilaku moral siswa tetap bertahan baik atau
bahkan ditingkatkan melalui beberapa kegiatan sesuai dengan budaya
tempat sekolah berada.
2. Bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) kelaa VII SMPN 1 Ajangale
Kab. Bone agar siswa tetap memiliki perilaku yang baik, maka sebaiknya
guru meningkatkan perannya sebagai motivator dengan cara senatiasa
memberikan arahan dan menjadi contoh bentuk keteladanan berperilaku
baik kepada siswa.
3. Bagi siswa kelas VII SMPN 1 Ajangale Kab. Bone sebaiknya tetap patuh
dan taat pada perintah dan aturan yang ada di sekolah untuk tetap menjaga
esensi dari peran pendidikan karakter yang memberikan dampak positif
pada diri siswa dan lingkungannya.
Ketersediaan
| STAR20230290 | 290/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
290/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
