Peranan Guru PAI (Fikih) dalam Membiasakan Shalat Dhuha Berjamaah pada Siswa di MTs DDI Mulamenree Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Guru PAI (Fikih) dalam
Membiasakan Shalat Dhuha Berjamaah Pada Siswa Di MTs DDI Mulamenree
Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui tentang Peranan Guru PAI (Fikih). Pembiasaan shalat
dhuha berjamaah pada siswa di MTs DDI Mulamenree Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif merupakan
penelitian yang menunjukkan kualitas atau mutu sesuatu yang ada, baik keadaan,
proses, peristiwa atau kejadian yang lainnya yang dinyatakan dalam bentuk
pernyataan atau berupa kata-kata. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
pendidikan Islam dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data
primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Guru PAI pada siswa di MTs
DDI Mulamenree memiliki peranan yang sangat penting dalam memahami
karakter setiap siswa karena guru mempunyai tanggung jawab yang besar baik
dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Karena sejatinya guru
adalah contoh bagi siswa baik di sekolah maupun di masyarakat. 2) Pembiasaan
shalat dhuha berjamaah pada siswa di MTs DDI Mulamenree dilakukan dengan
tiga pembiasaan yaitu keteladan, maksudnya yaitu guru memberi inspirasi saat
pada siswa yang memandang guru sebagai panutan. Misalnya guru menjadi
panutan siswa maka apa yang guru lakukan harus selaras dengan apa yang guru
katakan, karena siswa melihat guru dari perbuatan bukan perkataan. Pembiasaan
yang kedua yaitu dengan rajin, contohnya dengan mengerjakan shalat dhuha
berjamaah dimana merupakan salah satu shalat sunnah, dan shalat dhuha juga
memiliki banyak keutamaan-keutamaan seperti untuk memohon pertolongan
Allah Swt, dimudahkan rezekinya, dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.
Pembiasaan yang ketiga adalah dengan rutin, maksudnya guru melaksanakan
shalat dhuha dilakukan terus menerus, sehingga kegiatan yang dilakukan terus
menerus tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Misalnya
bersiap segera mengambil air wudhu bia sudah datangnya waktu shalat.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Guru PAI pada siswa di MTs DDI Mulamenree memiliki peranan yang
sangat penting dalam memahami karakter setiap siswa karena guru
mempunyai tanggung jawab yang besar baik dalam proses pembelajaran
maupun di luar pembelajaran. Karena sejatinya guru adalah contoh bagi
siswa baik di sekolah maupun di masyarakat.
2. Pembiasaan shalat dhuha berjamaah pada siswa di MTs DDI Mulamenree
dilakukan dengan tiga pembiasaan yaitu keteladan, maksudnya yaitu guru
memberi inspirasi saat pada siswa yang memandang guru sebagai panutan.
Misalnya guru menjadi panutan siswa maka apa yang guru lakukan harus
selaras dengan apa yang guru katakan, karena siswa melihat guru dari
perbuatan bukan perkataan. Pembiasaan yang kedua yaitu dengan rajin,
contohnya dengan mengerjakan shalat dhuha berjamaah dimana
merupakan salah satu shalat sunnah, dan shalat dhuha juga memiliki
banyak keutamaan-keutamaan seperti untuk memohon pertolongan Allah
Swt, dimudahkan rezekinya, dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.
Pembiasaan yang ketiga adalah dengan rutin, maksudnya guru
melaksanakan shalat dhuha dilakukan terus menerus, sehingga kegiatan
yang dilakukan terus menerus tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan yang
sulit ditinggalkan. Misalnya bersiap segera mengambil air wudhu bia
sudah datangnya waktu shalat.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Pelaksanaan kegiatan shalat dhuha berjamaah di MTs DDI Mulamenree
hendaknya tetap ditingkatkan agar siswa terbiasa melaksanakan shalat
dhuha secara berjamaah.
2. Pembiasaan siswa dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah perlu
diupayakan ada peningkatan lagi karena masih ada beberapa siswa yang
masih malas, maka guru perlu membimbing siswa agar selalu melaksanakan
shalat dhuha secara berjamaah.
Ketersediaan
STAR20230293293/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

293/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top