Urgensi Pembinaan Gerakan Pramuka dalam Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan dan Nasionalisme Siswa di MTs.. Annurain Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
Sitti Aisya/862082019059 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pembinaan gerakan pramuka dalam
pembinaan akhlak siswa di MTs.. Annurain lonrae Kecamatan. Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui
pola pembinaan gerakan pramuka di MTs.. Annurain Lonrae serta kontribusi pola
pembinaan gerakan pramuka tehadap penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan
nasionalisme siswa di MTs. Annurain Lonrae.
Peneliti ini dilakukan di MTs. Annurain Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang
Timur Kabupaten Bone. Subjek pembina dan anggota pramuka MTs. Annurain
Lonrae jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kualitatif
dan menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologi. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data diperoleh dan dianaliasis menggunakan olah data kualitatif yaitu reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil dari penelitian yaitu; 1) Pembinaan gerakan pramuka di MTs. Annurain
Lonrae menerapkan pola pembinaan tribina yang terdiri atas bina diri dengan
penekanan terhadap kepatuhan siswa terhadap seluruh aturan yang ada, bina satuan
dengan penekanan terhadap keterlibatan aktif siswa dalam mempertahan eksistensi
pramuka di sekolahnya, dan bina masyarakat dengan penekanan terhadap peranan
yang harus diambil baik dalam aktivitas sosial, keagamaan, ataupun kegiatan untuk
mempertahankan kesatuan masyarakat. 2) Bentuk urgensi dari pola pembinaan
gerakan pramuka terhadap penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan nasionalisme siswa
di MTs. Annurain Lonrae adalah adanya perubahan kedisiplinan siswa terkait
kehadiran dan kepatuhan terhadap segala aturan yang ada, dan tumbuhnya empati
untuk saling tolong menolong dengan mengutamakan semangat persatuan dan
kesatuan dalam menghadapi setiap tantangan. Hal ini dirasakan langsung oleh
pembina pramuka dan siswa di MTs. Annurain Lonrae.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi pola
pembinaan gerakan pramuka dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan
Nasionalisme di MTs. Annurain Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kabupaten Bone menyimpulkan bahwa:
1. Pembinaan gerakan pramuka di MTs. Annurain Lonrae menerapkan pola
pembinaan Tribina yang terdiri atas bina diri dengan penekanan terhadap
kepatuhan siswa terhadap seluruh aturan yang ada, bina satuan dengan
penekanan terhadap keterlibatan aktif siswa dalam mempertahan eksistensi
pramuka di sekolahnya, dan bina masyarakat dengan penekanan terhadap
peranan yang harus diambil dalam baik dalam aktivitas sosial, keagamaan,
ataupun kegiatan untuk mempertahankan kesatuan masyarakat.
2. Urgensi dari pembinaan gerakan pramuka terhadap penanaman nilai-nilai
kedisiplinan dan nasionalisme siswa di MTs. Annurain Lonrae adalah adanya
perubahan kedisiplinan siswa terkait kehadiran dan kepatuhan dalam segala
aturan yang ada dan tumbuhnya empati untuk saling tolong menolong dengan
mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan dalam mengadapi setiap
tantangan. Hal ini dirasakan langsung oleh pembina pramuka dan siswa di MTs.
Annurain Lonrae.
B. Saran
Ada beberapa saran dan masukan penulis kepada semua pihak dalam menulis
skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kepala MTs. Annurain Lonrae agar terus berupaya dan meningkatkan dan
memperluas wadah pengembangan pramuka di madrasah dan di masyarakat,
agar para siswa mempunyai ruang yang luas untuk mengambil peran aktif
sebagai anggota pramuka secara luas.
2. Untuk para guru agar terus berkordinasi dengan kepala sekolah dan juga
bekerja sama dengan orang tua/wali siswa supaya ikut mendukung kegiatan
pramuka.
3. Untuk para siswa agar lebih peka dan lebih menyadari lagi bahwa kegiatan
pramuka adalah wadah yang mampu menumbuhkan nilai kedisiplinan
nasionalisme pada diri terhadap orang lain dan lingkungan.
pembinaan akhlak siswa di MTs.. Annurain lonrae Kecamatan. Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui
pola pembinaan gerakan pramuka di MTs.. Annurain Lonrae serta kontribusi pola
pembinaan gerakan pramuka tehadap penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan
nasionalisme siswa di MTs. Annurain Lonrae.
Peneliti ini dilakukan di MTs. Annurain Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang
Timur Kabupaten Bone. Subjek pembina dan anggota pramuka MTs. Annurain
Lonrae jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kualitatif
dan menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologi. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data diperoleh dan dianaliasis menggunakan olah data kualitatif yaitu reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil dari penelitian yaitu; 1) Pembinaan gerakan pramuka di MTs. Annurain
Lonrae menerapkan pola pembinaan tribina yang terdiri atas bina diri dengan
penekanan terhadap kepatuhan siswa terhadap seluruh aturan yang ada, bina satuan
dengan penekanan terhadap keterlibatan aktif siswa dalam mempertahan eksistensi
pramuka di sekolahnya, dan bina masyarakat dengan penekanan terhadap peranan
yang harus diambil baik dalam aktivitas sosial, keagamaan, ataupun kegiatan untuk
mempertahankan kesatuan masyarakat. 2) Bentuk urgensi dari pola pembinaan
gerakan pramuka terhadap penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan nasionalisme siswa
di MTs. Annurain Lonrae adalah adanya perubahan kedisiplinan siswa terkait
kehadiran dan kepatuhan terhadap segala aturan yang ada, dan tumbuhnya empati
untuk saling tolong menolong dengan mengutamakan semangat persatuan dan
kesatuan dalam menghadapi setiap tantangan. Hal ini dirasakan langsung oleh
pembina pramuka dan siswa di MTs. Annurain Lonrae.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi pola
pembinaan gerakan pramuka dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan
Nasionalisme di MTs. Annurain Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur
Kabupaten Bone menyimpulkan bahwa:
1. Pembinaan gerakan pramuka di MTs. Annurain Lonrae menerapkan pola
pembinaan Tribina yang terdiri atas bina diri dengan penekanan terhadap
kepatuhan siswa terhadap seluruh aturan yang ada, bina satuan dengan
penekanan terhadap keterlibatan aktif siswa dalam mempertahan eksistensi
pramuka di sekolahnya, dan bina masyarakat dengan penekanan terhadap
peranan yang harus diambil dalam baik dalam aktivitas sosial, keagamaan,
ataupun kegiatan untuk mempertahankan kesatuan masyarakat.
2. Urgensi dari pembinaan gerakan pramuka terhadap penanaman nilai-nilai
kedisiplinan dan nasionalisme siswa di MTs. Annurain Lonrae adalah adanya
perubahan kedisiplinan siswa terkait kehadiran dan kepatuhan dalam segala
aturan yang ada dan tumbuhnya empati untuk saling tolong menolong dengan
mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan dalam mengadapi setiap
tantangan. Hal ini dirasakan langsung oleh pembina pramuka dan siswa di MTs.
Annurain Lonrae.
B. Saran
Ada beberapa saran dan masukan penulis kepada semua pihak dalam menulis
skripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kepala MTs. Annurain Lonrae agar terus berupaya dan meningkatkan dan
memperluas wadah pengembangan pramuka di madrasah dan di masyarakat,
agar para siswa mempunyai ruang yang luas untuk mengambil peran aktif
sebagai anggota pramuka secara luas.
2. Untuk para guru agar terus berkordinasi dengan kepala sekolah dan juga
bekerja sama dengan orang tua/wali siswa supaya ikut mendukung kegiatan
pramuka.
3. Untuk para siswa agar lebih peka dan lebih menyadari lagi bahwa kegiatan
pramuka adalah wadah yang mampu menumbuhkan nilai kedisiplinan
nasionalisme pada diri terhadap orang lain dan lingkungan.
Ketersediaan
| STAR20230261 | 261/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
261/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
