Urgensi Pola Komunikasi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs. Darul Muttaqin Componge

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang urgensi pola komunikasi guru dalam
meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTs. Darul Muttaqin Componge.
Hal yang dikaji dalam skripsi ini adalah pola komunikasi yang diterapkan oleh
guru Akidah Akhlak di MTs. Darul Muttaqin Componge dan kondisi kecerdasan
emosional siswa di MTs. Darul Muttaqin Componge dengan adanya pola
komunikasi guru Akidah Akhlak.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan paedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dan
dianalisis dengan menggunakan olah data deskriptif kualitatif yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan pola komunikasi guru
akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut
dapat dilihat bahwa: Ada 3 pola komunikasi yang diterapkan dan terealisasikan,
yaitu pola komunikasi aksi, interaksi, dan transaksi. Kemudian urgensi pola
komunikasi guru ini, dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa yaitu
dengan mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenal emosi
orang lain, dan membina hubungan. Komunikasi dan hubungan emosional dapat
dibentuk dan dijalin dengan adanya interaksi dan komunikasi yang baik. Dengan
komunikasi yang baik, maka hubungan emosional yang baik juga dapat dibina dan
dibangun antar warga sekolah terutama antara guru dan siswa di dalam kelas pada
saat proses pembelajaran berlangsung. Kecerdasan emosional yang dimaksud itu
adalah mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenal emosi
orang lain dan membina hubungan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang Urgensi
pola komunikasi guru akidah akhlak dalam meningkatka kecerdasan emosional
siswa di MTs. Darul Muttaqin Componge menyimpulkan.
1. Pola komunikasi yang diterapkan oleh guru akidah akhlak adalah sebagai
berikut: Pertama pola komunikasi aksi (satu arah) diterapkan oleh guru
akidah akhlak di MTs. Darul Muttaqin Componge di mana menekankan
untuk guru lebih aktif memberi instruksi dan arahan kepada siswa. Guru
menerapkan pola komunikasi ini dan diterapkan pada awal proses
pembelajaran. Kedua, pola Komunikasi Interaksi (dua arah), juga
diterapkan oleh guru akidah akhlak di MTs. Darul Muttaqin Componge
yaitu di mana adanya interaksi antara guru dan siswa yang secara bersama-
sama aktif di dalam kelas. Penerapan komunikasi ini terjadi pada saat
proses pembelajaran sedang berlangsung. Ketiga, pola Komunikasi
Transaksi (multi arah), terealisasikan oleh guru akidah akhlak terhadap
beberapa siswa akan tetapi tidak berlaku terhadap beberapa siswa yang
lain. Di mana guru menekankan agar semua pihak untuk aktif di dalam
kelas. Penerapan komunikasi ini terjadi pada saat pembelajaran
berlangsung yaitu guru, siswa, sesama siswa saling mengeluarkan
pendapatnya masing-masing terhadap pembahasan dan materi ajar yang
berlangsung akan tetapi tidak semua siswa bisa ikut aktif berpartisipasi.
2. Komunikasi dan hubungan emosional dapat bisa dibentuk dan dijalin
dengan adanya interaksi dan komunikasi yang baik. Dengan komunikasi
yang baik maka hubungan emosional yang baik juga dapat dibina dan
dibangun antar warga sekolah terutama antara guru dan siswa di dalam
kelas pada saat proses pembelajran berlangsung. Kecerdasan emosional
yang dimaksud itu adalah mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi
diri, mengenal emosi orang lain, dan membina hubungan. Kondisi
kecerdasan emosional siswa di MTs. Darul Muttaqin Componge
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi
diantaranya adalah: sarana prasarana, peran orang-orang sekitar seperti
sesama siswa, oleh guru, dan yang paling penting adalah faktor dari siswa
(individi itu sendiri). Dari data sarana prasarana madrasah diketahui bahwa
ada beberapa fasilitas yang berada dalam kondisi rusak, baik rusak ringan,
rusak sedang, dan rusak berat. Hal ini tentunya cukup mempengaruhi bagi
keberlangsungan proses pembelajaran maupun seluruh aktivitas yang ada
di sekolah. Sehingga menurut kepala madrasah juga mempengaruhi
kecerdasan emosional siswa. Harapan beliau kedepannya semoga ada
perbaikan.
Ketersediaan
STAR20230332332/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

332/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top