Pengaruh Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone
Selpira/02.18.5027 - Personal Name
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Domino Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian Pre Eksperimen Design
dengan model one group pretest-postest yang menggunakan perlakuan dan
pengukuran terhadap 1 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III yang
berjumlah 15 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi untuk
melihat aktivitas siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu domino untuk
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Bone, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis
menggunakan uji One-Sample T-Test bahwa nilai signifikan yang dihasilkan lebih
besar dibandingkan dari nilai alpha 0,05 (p-value > 0,05). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa H 0 ditolak H 1 diterima artinya media kartu domino berpengaruh
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang Pengaruh Media Kartu
Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone dapat disimpulkan bahwa:
1. Sebelum penggunaan media kartu domino, motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran matematika termasuk dalam kategori kurang. Hal tersebut dapat
dilihat pada perhitungan angket siswa dengan perolehan rata-rata 58,47 yaitu
berada pada interval 51-60 dengan kategori kurang.
2. Setelah penggunaan media kartu domino, motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran matematika termaksud dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat
dilihat pada perhitungan anggket siswa dengan perolehan rata-rata 78,00 yaitu
berada pada interval ˃ 70 dengan kategori sangat baik.
3. Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara sebelum dan setelah
penggunaan media kartu domino pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut
dapat dilihat dari perolehan rata-rata pretest dan posttest. Perolehan rata-rata
pretest yaitu 58,47 dan perolehhan rata-rata posttest yaitu 78,00. Hal tersebut
membuktikan bahwa Media kartu domino sangat berpengaruh untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas
III MIN 2 Bone. berpengaruhnya media kartu domino dalam proses
pembelajaran pretest dan posttest yang ditunjukan melalui uji-t yakni 0,000 ˃
0,05 dibuktikan dengan analisis statistik yang menyatakan bahwa nilai sig ˂ α
yaitu 0,000 ˃ 0,05 dengan demikian, H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun saran-saran yang penulis
sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media kartu domino
dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi
pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia serta
sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian Pre Eksperimen Design
dengan model one group pretest-postest yang menggunakan perlakuan dan
pengukuran terhadap 1 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III yang
berjumlah 15 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi untuk
melihat aktivitas siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu domino untuk
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Bone, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis
menggunakan uji One-Sample T-Test bahwa nilai signifikan yang dihasilkan lebih
besar dibandingkan dari nilai alpha 0,05 (p-value > 0,05). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa H 0 ditolak H 1 diterima artinya media kartu domino berpengaruh
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang Pengaruh Media Kartu
Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bone dapat disimpulkan bahwa:
1. Sebelum penggunaan media kartu domino, motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran matematika termasuk dalam kategori kurang. Hal tersebut dapat
dilihat pada perhitungan angket siswa dengan perolehan rata-rata 58,47 yaitu
berada pada interval 51-60 dengan kategori kurang.
2. Setelah penggunaan media kartu domino, motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran matematika termaksud dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat
dilihat pada perhitungan anggket siswa dengan perolehan rata-rata 78,00 yaitu
berada pada interval ˃ 70 dengan kategori sangat baik.
3. Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara sebelum dan setelah
penggunaan media kartu domino pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut
dapat dilihat dari perolehan rata-rata pretest dan posttest. Perolehan rata-rata
pretest yaitu 58,47 dan perolehhan rata-rata posttest yaitu 78,00. Hal tersebut
membuktikan bahwa Media kartu domino sangat berpengaruh untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas
III MIN 2 Bone. berpengaruhnya media kartu domino dalam proses
pembelajaran pretest dan posttest yang ditunjukan melalui uji-t yakni 0,000 ˃
0,05 dibuktikan dengan analisis statistik yang menyatakan bahwa nilai sig ˂ α
yaitu 0,000 ˃ 0,05 dengan demikian, H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun saran-saran yang penulis
sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media kartu domino
dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi
pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia serta
sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
Ketersediaan
| STAR20230131 | 131/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
131/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
