Strategi Guru Pendidikan Agam Islam dalam Membantu Siswa Meningkatkan Konsentrasi Belajar dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 12 Bone
Iis Dahlia/862082019052 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agam Islam dalam
Membantu Siswa Meningkatkan Konsentrasi Belajar dalam Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMA Negeri 12 Bone. dengan pokok masalah, 1) Strategi apa yang
digunakan guru PAI dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 Bone, 2). Apa faktor yang dapat
mengganggu konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMAN 12 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini
dianalisis menggunakan pendekatan 1) Pendidikan agama Islam. 2) Pendekatan
psikologi. 3) Pendekatan sosiologis. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di UPT SMA Negeri 12 Bone.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu
dengan metode observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
membantu siswa meningkatkan konsentrasi belajar dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan
diskusi, menggunakan media audio visual serta pendekatan pembelajaran yang
digunakan yaitu pendekatan kontekstual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis uraikan pada Bab III
mengenai Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membantu Siswa
Meningkatkan Konsentrasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMA Negeri 12 Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMA Negeri 12 Bone dalam membantu siswa meningkatkan
konsentrasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni
dengan menggunakan metode yang bervariasi seperti terkadang
menggunakan metode ceramah ataupun metode diskusi, menggunakan
media pembelajaran audio visual serta menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual . Dari beberapa strategi tersebut memiliki
tujuan yang sama yakni agar peserta didik dapat lebih berkonsentreasi
dalam mengikuti proses pembelajaran.
2. Faktor penyebab gangguan konsentrasi belajar siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam :
a. Faktor eksternalnya yaitu suasana kelas yang tidak kondusif
b. Faktor intrernalnya yaitu Kurangnya minat belajar siswa terhadap
materi pembelajaran.
B. Saran
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan konsentrasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk tetap
melaksanakan tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan
memperhatikan kosentrasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Membantu Siswa Meningkatkan Konsentrasi Belajar dalam Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMA Negeri 12 Bone. dengan pokok masalah, 1) Strategi apa yang
digunakan guru PAI dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 Bone, 2). Apa faktor yang dapat
mengganggu konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMAN 12 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini
dianalisis menggunakan pendekatan 1) Pendidikan agama Islam. 2) Pendekatan
psikologi. 3) Pendekatan sosiologis. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di UPT SMA Negeri 12 Bone.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu
dengan metode observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
membantu siswa meningkatkan konsentrasi belajar dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan
diskusi, menggunakan media audio visual serta pendekatan pembelajaran yang
digunakan yaitu pendekatan kontekstual.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis uraikan pada Bab III
mengenai Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membantu Siswa
Meningkatkan Konsentrasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMA Negeri 12 Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMA Negeri 12 Bone dalam membantu siswa meningkatkan
konsentrasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni
dengan menggunakan metode yang bervariasi seperti terkadang
menggunakan metode ceramah ataupun metode diskusi, menggunakan
media pembelajaran audio visual serta menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual . Dari beberapa strategi tersebut memiliki
tujuan yang sama yakni agar peserta didik dapat lebih berkonsentreasi
dalam mengikuti proses pembelajaran.
2. Faktor penyebab gangguan konsentrasi belajar siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam :
a. Faktor eksternalnya yaitu suasana kelas yang tidak kondusif
b. Faktor intrernalnya yaitu Kurangnya minat belajar siswa terhadap
materi pembelajaran.
B. Saran
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan konsentrasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk tetap
melaksanakan tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan
memperhatikan kosentrasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| 862082019052 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
166/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
