Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Rahmah/862082019055 - Personal Name
Skripsi ini membahas Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD
Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, hal yang penting
dikaji pada skripsi ini yaitu hasil belajar siswa SD Inpres 12/79 Ujung sebelum
menggunakan media flash card pada proses pembelajaran, cara penerapan media
flash card yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SD Inpres 12/79 Ujung,
dan pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Ujung.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen dengan metode
kuantitatif. Penelitian Eksperimen yang digunakan yaitu Pre experiment dengan
desain one group pre test post test desain, dengan teknik pengumpulan data
melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, hasil belajar PAI siswa
kelas IV SD Inpres 12/79 Ujung sebelum menggunakan media pembelajaran
Flash card tergolong sangat rendah. Kedua,cara penerapan media flash card pada
pembelajaran PAI ada dua cara yaitu pada pertemuan pertama dan pertemuan
ketiga dengan cara meminta siswa untuk menganalisis gambar, kedua dengan cara
meminta siswa untuk berbaris sesuai urutan absen kemudian mencabut kartu flash
card yang berisikan gambar terkait materi yang dipelajari. Ketiga pengaruh
penggunaan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres 12/79
Ujung bisa dilihat dari pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian hipotesis dapat
disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan
Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan dari pengujian hipotesis yang
telah dilakukan dimana Dari hasil perhitungan diperoleh nilai sig pada pretest dan
posttest adalah 0,000. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa
0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H a diterima “terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran flash card
terhadap hasil belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut:
1. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa sebelum
menggunakan media flash card tergolong sangat rendah. Hal ini
dibuktikan dari hasil pretest, bahwa rata-rata siswa = 60,56, nilai
tertinggi yang didapat siswa adalah 79 dan nilai terendahnya adalah 50
dengan standar deviasi = 9,681. Jika nilai hasil belajar Pendidikan
Agama Islam (PAI) siswa sebelum menggunakan media flash card atau
pretest dikelompokkan kedalam lima kategori, maka diperoleh distribusi
nilai frekuensi dan presentase bahwa tidak terdapat siswa yang
memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi dan kategori tinggi. 4
siswa yang memperoleh nilai kategori sedang dengan presentase 25 %, 5
siswa yang memperoleh nilai ketegori rendah dengan presentase 31,3 %,
dan 7 siswa yang memperoleh nilai kategori sangat rendah dengan
presentase 43,8 %.
2. Cara penerapan media flash card berbeda-beda pada setiap pertemuan,
pada pertemuan pertama dengan membagi siswa kedalam tiga kelompok
dan meminta siswa untuk menganalisis gambar yang ada pada kartu
flash card. pada pertemuan kedua yaitu dengan cara meminta siswa
untuk berbaris sesuai dengan urutan absen dan meminta siswa untuk
menjelaskan kembali materi sesuai dengan kartu flash card yang
didapatkan. Dan pada pertemuan ketiga yaitu membagikan kartu flash
card pada setiap siswa, kemudian meminta siswa untuk menganalisis
gambar yang ada pada kartu flash card tersebut.
3. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig pada pretest dan
posttest adalah 0,000. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis pretest dan
posttest diketahui bahwa 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa
H 0 ditolak dan H a diterima. hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan media pembelajaran flash card terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Inpres
12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti ingin memberikan
saran sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran
flash card berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu
media tersebut dapat disajikan sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran.
b. Dengan menggunakan media pembelajaran flash card guru dapat lebih
memotivasi siswa untuk lebih aktif sehingga dalam proses
pembelajaran terjadi interaksi antara siswa dengan siswa maupun guru.
2. Bagi Sekolah
a. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana yang
dapat mendukung guru untuk penggunaan media pembelajaran flash
card.
3. Bagi Peneliti
a. Bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian dengan judul yang
sama dengan penelitian ini, agar skripsi ini menjadi referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya dengan teliti dan lebih baik lagi dari
penelitian ini.
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD
Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, hal yang penting
dikaji pada skripsi ini yaitu hasil belajar siswa SD Inpres 12/79 Ujung sebelum
menggunakan media flash card pada proses pembelajaran, cara penerapan media
flash card yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SD Inpres 12/79 Ujung,
dan pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Ujung.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen dengan metode
kuantitatif. Penelitian Eksperimen yang digunakan yaitu Pre experiment dengan
desain one group pre test post test desain, dengan teknik pengumpulan data
melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, hasil belajar PAI siswa
kelas IV SD Inpres 12/79 Ujung sebelum menggunakan media pembelajaran
Flash card tergolong sangat rendah. Kedua,cara penerapan media flash card pada
pembelajaran PAI ada dua cara yaitu pada pertemuan pertama dan pertemuan
ketiga dengan cara meminta siswa untuk menganalisis gambar, kedua dengan cara
meminta siswa untuk berbaris sesuai urutan absen kemudian mencabut kartu flash
card yang berisikan gambar terkait materi yang dipelajari. Ketiga pengaruh
penggunaan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres 12/79
Ujung bisa dilihat dari pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian hipotesis dapat
disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan
Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan dari pengujian hipotesis yang
telah dilakukan dimana Dari hasil perhitungan diperoleh nilai sig pada pretest dan
posttest adalah 0,000. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa
0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H a diterima “terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran flash card
terhadap hasil belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut:
1. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa sebelum
menggunakan media flash card tergolong sangat rendah. Hal ini
dibuktikan dari hasil pretest, bahwa rata-rata siswa = 60,56, nilai
tertinggi yang didapat siswa adalah 79 dan nilai terendahnya adalah 50
dengan standar deviasi = 9,681. Jika nilai hasil belajar Pendidikan
Agama Islam (PAI) siswa sebelum menggunakan media flash card atau
pretest dikelompokkan kedalam lima kategori, maka diperoleh distribusi
nilai frekuensi dan presentase bahwa tidak terdapat siswa yang
memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi dan kategori tinggi. 4
siswa yang memperoleh nilai kategori sedang dengan presentase 25 %, 5
siswa yang memperoleh nilai ketegori rendah dengan presentase 31,3 %,
dan 7 siswa yang memperoleh nilai kategori sangat rendah dengan
presentase 43,8 %.
2. Cara penerapan media flash card berbeda-beda pada setiap pertemuan,
pada pertemuan pertama dengan membagi siswa kedalam tiga kelompok
dan meminta siswa untuk menganalisis gambar yang ada pada kartu
flash card. pada pertemuan kedua yaitu dengan cara meminta siswa
untuk berbaris sesuai dengan urutan absen dan meminta siswa untuk
menjelaskan kembali materi sesuai dengan kartu flash card yang
didapatkan. Dan pada pertemuan ketiga yaitu membagikan kartu flash
card pada setiap siswa, kemudian meminta siswa untuk menganalisis
gambar yang ada pada kartu flash card tersebut.
3. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig pada pretest dan
posttest adalah 0,000. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis pretest dan
posttest diketahui bahwa 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa
H 0 ditolak dan H a diterima. hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan media pembelajaran flash card terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SD Inpres
12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti ingin memberikan
saran sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran
flash card berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu
media tersebut dapat disajikan sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran.
b. Dengan menggunakan media pembelajaran flash card guru dapat lebih
memotivasi siswa untuk lebih aktif sehingga dalam proses
pembelajaran terjadi interaksi antara siswa dengan siswa maupun guru.
2. Bagi Sekolah
a. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana yang
dapat mendukung guru untuk penggunaan media pembelajaran flash
card.
3. Bagi Peneliti
a. Bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian dengan judul yang
sama dengan penelitian ini, agar skripsi ini menjadi referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya dengan teliti dan lebih baik lagi dari
penelitian ini.
Ketersediaan
| STAR20230228 | 228/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
228/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
