Penerapan Pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone
Kasmawati/862082019037 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai penerapan pendekatan komunikatif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri
1Ajangale Kab. Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana
penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone ? serta apa kendala dalam
menggunakan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone ? untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Fiel Research)
melakukan pendekatan paedagogik dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan
komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI
SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu membangun rasa percaya diri siswa dapat
berkomunikasi dengan baik dalam proses pembelajaran, dengan metode diskusi yang
diajarjarkan kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman pada saat proses
pembelajaran, dan terjadi umpan balik diantara siswa. Serta guru PAI telah
menerapkan pendekatan komunuikatif agar siswa dapat aktif dalam belajar.
Kendala pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu siswa yang
berbeda-beda karaakter, kompetensi siswa yang berbeda-beda misalkan dalam
pemahaman mengenai materi pembeajaran yang telah diberikan oleh guru PAI, serta
siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka. Adapun
solusinya yaitu selalu menciptakan suasana kelas yang nyaman dengan membentuk
kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang akan dipelajari dan
memberikan game dan refleksi setelah pembelajaran selesai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah diakukan, yaitu:
1. Penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu
membangun rasa percaya diri siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam
proses pembelajaran, berbagai macam metode yang diajarjarkan kepada
siswa sehingga siswa merasa nyaman pada saat proses pembelajaran, dan
terjadi umpan balik diantara siswa. Serta guru PAI telah menerapkan
pendekatan komunuikatif agar siswa dapat aktif dalam belajar.
2. Kendala pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu
siswa yang berbeda-beda karaakter, kompetensi siswa yang berbeda-beda
misalkan dalam pemahaman mengenai materi pembeajaran yang telah
diberikan oleh guru PAI, serta siswa masih kurang percaya diri dalam
mengungkapkan pendapat mereka. Adapun solusinya yaitu selalu
menciptakan suasana kelas yang nyaman dengan membentuk kelompok-
kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang akan dipelajari dan
memberikan game dan refleksi setelah pembelajaran selesai.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpastisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pendekatan komunikatif dalam belajar khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pelajaran PAI agar pendekatan komunikatif dapat tercipta secara maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu meberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, mamupun pendidikan informal.
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri
1Ajangale Kab. Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana
penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone ? serta apa kendala dalam
menggunakan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone ? untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Fiel Research)
melakukan pendekatan paedagogik dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan
komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI
SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu membangun rasa percaya diri siswa dapat
berkomunikasi dengan baik dalam proses pembelajaran, dengan metode diskusi yang
diajarjarkan kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman pada saat proses
pembelajaran, dan terjadi umpan balik diantara siswa. Serta guru PAI telah
menerapkan pendekatan komunuikatif agar siswa dapat aktif dalam belajar.
Kendala pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu siswa yang
berbeda-beda karaakter, kompetensi siswa yang berbeda-beda misalkan dalam
pemahaman mengenai materi pembeajaran yang telah diberikan oleh guru PAI, serta
siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka. Adapun
solusinya yaitu selalu menciptakan suasana kelas yang nyaman dengan membentuk
kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang akan dipelajari dan
memberikan game dan refleksi setelah pembelajaran selesai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah diakukan, yaitu:
1. Penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu
membangun rasa percaya diri siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam
proses pembelajaran, berbagai macam metode yang diajarjarkan kepada
siswa sehingga siswa merasa nyaman pada saat proses pembelajaran, dan
terjadi umpan balik diantara siswa. Serta guru PAI telah menerapkan
pendekatan komunuikatif agar siswa dapat aktif dalam belajar.
2. Kendala pendekatan komunikatif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Ajangale Kab. Bone yaitu
siswa yang berbeda-beda karaakter, kompetensi siswa yang berbeda-beda
misalkan dalam pemahaman mengenai materi pembeajaran yang telah
diberikan oleh guru PAI, serta siswa masih kurang percaya diri dalam
mengungkapkan pendapat mereka. Adapun solusinya yaitu selalu
menciptakan suasana kelas yang nyaman dengan membentuk kelompok-
kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang akan dipelajari dan
memberikan game dan refleksi setelah pembelajaran selesai.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpastisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pendekatan komunikatif dalam belajar khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pelajaran PAI agar pendekatan komunikatif dapat tercipta secara maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu meberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, mamupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20230391 | 391/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
411/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
