Urgensi Life Skill Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran fikih Di MI Al-Quarniyah Nursyarifah Kab.Bone
ALmaghfira Nurul Fiqri/862082019042 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Life Skill Guru dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Mata Siswa Pelajaran Fikih di MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah
Bone. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Urgensi Life Skill Guru dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Siswa Pelajaran Fikih. Masalah ini
dianalisis dengan menggunakan pendekatan Peadagogis, sosiologis, dan Psikologis.
Dengan metode penelitian Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa life skill yang dimiliki oleh guru Fikih MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifah Bone adalah penguasaan terhadap materi pembelajaran,
keterampilan guru terhadap penyampaian dan penerapan materi pembelajaran, serta
keterampilan guru dalam memahami situasi kelas dan siswa. upaya meningkatkan
minat belajar siswa diantaranya keterampilan guru dalam menciptakan proses
pembelajaran yang menyenangkan. Dampak dari life skill guru tersebut adalah
tingginya daya tarik orang tua siswa terhadap MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah Bone.
Kata Kunci: Life skill guru, Minat Belajar.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai
berikut :
1. Life skill guru adalah kecakapan atau keterampilan yang dibutuhkan oleh guru
yang berorientasi pada aspek pengetahuan, sikap yang didalamnya termasuk
fisik dan mental, dan kecakapan dalam menanggapi tuntutan dan tantangan
dalam kelas. Adapun life skill yang dimiliki oleh guru Fikih MI Al-
Qur’aniyah Nursyarifah Bone, diantaranya : penguasaan terhadap materi
pembelajaran, keterampilan guru terhadap penyampaian dan penerapan materi
pembelajaran, keterampilan guru dalam memahami situasi kelas dan siswa,
serta pemberian bimbingan mengaji dan tuntunan sholat kepada siswa dengan
tujuan menciptakan lulusan siswa MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone yang
memiliki tingkat pemahaman yang baik terhadap ajaran islam.
2. Upaya guru Fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain:
kemampuan guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang
menyenangkan sehingga membuat siswa bersemangat belajar, melakukan
pendekatan dan bimbingan terhadap siswa yang masih kurang minat dalam
pembelajaran, serta pemilihan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.
Namun terlepas dari itu sebagian siswa sudah memiliki tingkat minat belajar
yang baik, hal tersebut dapat dinilai dari proses kegiatan belajar mengajar
dengan memperhatikan beberapa indikator penting yaitu : perasaan senang
siswa, perhatian siswa, dan partisipasi siswa.
3. Dengan adanya life skill yang dimiliki oleh guru MI Al-Qur’aniyah
Nursyarifah Bone memberikan dampak yang baik diantaranya: minat belajar
siswa tinggi walaupun sarana dan prasarana sekolah masih minim, selanjutnya
dengan minat belajar siswa yang tinggi tentu melahirkan siswa yang
berprestasi yang mampu bersaing dengan siswa lainnya diluar sekolah.
Selanjutnya dengan adanya prestasi yang diraih memberikan daya tarik
tersendiri kepada orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di MI Al-
Qur’aniyah Nursyarifah Bone. Serta dapat pula menciptakan siswa yang
mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dilingkungan keluarga, sekolah,
maupun masyarakat. serta siswa yang mampu bekerjasama dengan baik antara
siswa yang satu dengan siswa yang lainnya baik dalam hal kegiatan
pembelajaran maupun kegiatan bermanfaat lainnya.
B. Saran
Adapun saran yang diberikan oleh peneliti terhadap skripsi ini, antara lain :
1. Diharapkan dari pihak sekolah MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone untuk
melakukan peningkatan dalam hal sarana dan prasarana agar memberikan rasa
nyaman tersendiri bagi siswa saat proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada Guru MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone agar dapat
lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada siwa yang masih
kurang terhadap minat belajar karena adanya gangguan dari lingkungan luar.
3. Diharapkan kepada tenanga pendidik MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone
agar lebih meningkatkan bimbingan kepada siswa yang berprestasi agar
kedepannya sekolah MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone dapat bersaing di
ajang internasional dengan prestasi-prestasi yang dimiliki
Belajar Siswa pada Mata Siswa Pelajaran Fikih di MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah
Bone. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Urgensi Life Skill Guru dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Siswa Pelajaran Fikih. Masalah ini
dianalisis dengan menggunakan pendekatan Peadagogis, sosiologis, dan Psikologis.
Dengan metode penelitian Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa life skill yang dimiliki oleh guru Fikih MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifah Bone adalah penguasaan terhadap materi pembelajaran,
keterampilan guru terhadap penyampaian dan penerapan materi pembelajaran, serta
keterampilan guru dalam memahami situasi kelas dan siswa. upaya meningkatkan
minat belajar siswa diantaranya keterampilan guru dalam menciptakan proses
pembelajaran yang menyenangkan. Dampak dari life skill guru tersebut adalah
tingginya daya tarik orang tua siswa terhadap MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah Bone.
Kata Kunci: Life skill guru, Minat Belajar.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai
berikut :
1. Life skill guru adalah kecakapan atau keterampilan yang dibutuhkan oleh guru
yang berorientasi pada aspek pengetahuan, sikap yang didalamnya termasuk
fisik dan mental, dan kecakapan dalam menanggapi tuntutan dan tantangan
dalam kelas. Adapun life skill yang dimiliki oleh guru Fikih MI Al-
Qur’aniyah Nursyarifah Bone, diantaranya : penguasaan terhadap materi
pembelajaran, keterampilan guru terhadap penyampaian dan penerapan materi
pembelajaran, keterampilan guru dalam memahami situasi kelas dan siswa,
serta pemberian bimbingan mengaji dan tuntunan sholat kepada siswa dengan
tujuan menciptakan lulusan siswa MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone yang
memiliki tingkat pemahaman yang baik terhadap ajaran islam.
2. Upaya guru Fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain:
kemampuan guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang
menyenangkan sehingga membuat siswa bersemangat belajar, melakukan
pendekatan dan bimbingan terhadap siswa yang masih kurang minat dalam
pembelajaran, serta pemilihan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.
Namun terlepas dari itu sebagian siswa sudah memiliki tingkat minat belajar
yang baik, hal tersebut dapat dinilai dari proses kegiatan belajar mengajar
dengan memperhatikan beberapa indikator penting yaitu : perasaan senang
siswa, perhatian siswa, dan partisipasi siswa.
3. Dengan adanya life skill yang dimiliki oleh guru MI Al-Qur’aniyah
Nursyarifah Bone memberikan dampak yang baik diantaranya: minat belajar
siswa tinggi walaupun sarana dan prasarana sekolah masih minim, selanjutnya
dengan minat belajar siswa yang tinggi tentu melahirkan siswa yang
berprestasi yang mampu bersaing dengan siswa lainnya diluar sekolah.
Selanjutnya dengan adanya prestasi yang diraih memberikan daya tarik
tersendiri kepada orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di MI Al-
Qur’aniyah Nursyarifah Bone. Serta dapat pula menciptakan siswa yang
mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dilingkungan keluarga, sekolah,
maupun masyarakat. serta siswa yang mampu bekerjasama dengan baik antara
siswa yang satu dengan siswa yang lainnya baik dalam hal kegiatan
pembelajaran maupun kegiatan bermanfaat lainnya.
B. Saran
Adapun saran yang diberikan oleh peneliti terhadap skripsi ini, antara lain :
1. Diharapkan dari pihak sekolah MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone untuk
melakukan peningkatan dalam hal sarana dan prasarana agar memberikan rasa
nyaman tersendiri bagi siswa saat proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada Guru MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone agar dapat
lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada siwa yang masih
kurang terhadap minat belajar karena adanya gangguan dari lingkungan luar.
3. Diharapkan kepada tenanga pendidik MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone
agar lebih meningkatkan bimbingan kepada siswa yang berprestasi agar
kedepannya sekolah MI Al-Qur’aniyah Nursyarifah Bone dapat bersaing di
ajang internasional dengan prestasi-prestasi yang dimiliki
Ketersediaan
| STAR20230017 | 17/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
