Penerapan Metode Asy Syafi'i Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab.Bone
Juskumala Dewi/862082019050 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Asy Syafi'i Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec.
Cenrana Kab. Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
Perencanaan Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone,
Pelaksanaan Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone, dan
Evaluasi Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an
Santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone. Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang digunakan
dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung
terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan teologis, paedagogik, psikologis dan sosiologis.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, Perencanaan metode Asy
syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Miftahul
Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu bahwa proses pembelajaran
Al-Qur'an di TPQ Miftahul khair menggunakan metode Asy syafi'i dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Di mana metode Asy syafi'i
diharapkan dapat memperbaiki bacaan/tahsin, ketepatan bacaan dan memperlancar
bacaan dan mempermudah serta memberikan kenyamanan bagi santri dalam
mempelajari Al-Qur'an. Kedua, Pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec.
Cenrana Kab. Bone yaitu pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam proses pembelajaran
Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Meskipun cara ustadzah atau pengajar dalam
menyampaikan materi berbeda-beda tapi, tetap menggunakan metode Asy syafi'i.
materinya yaitu tentang makhorijul huruf, tanda baca (fathah, kasrah, dammah,
tanwin, sukun, tasydid dan harakat panjang), bunyi huruf dan materi yang lain.
Ketiga, Evaluasi metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu
evaluasi metode Asy syafi'i dalam proses pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan
berjalan dengan baik, evaluasi yang diberikan kepada santri disesuaikan dengan
bacaannya atau materinya masing-masing. Ada dua macam evaluasi yang dilakukan
yaitu: evaluasi harian dan evaluasi kenaikan tingkat bacaan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis mengenai
penerapan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca al-
Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec. Cenrana kab. Bone
yaitu sebagai berikut:
1. Perencanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu bahwa proses pembelajaran Al-Qur'an di
TPQ Miftahul khair menggunakan metode Asy syafi'i dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Di mana
metode Asy syafi'i diharapkan dapat memperbaiki bacaan/tahsin,
ketepatan bacaan dan memperlancar bacaan dan mempermudah serta
memberikan kenyamanan bagi santri dalam mempelajari Al-Qur'an.
2. Pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam proses
pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik,
sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri.
Meskipun cara ustadzah atau pengajar dalam menyampaikan materi
berbeda-beda tapi, tetap menggunakan metode Asy syafi'i. materinya
yaitu tentang makhorijul huruf, tanda baca (fathah, kasrah, dammah,
tanwin, sukun, tasydid dan harakat panjang), bunyi huruf dan materi
yang lain.
3. Evaluasi metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu evaluasi metode Asy syafi'i dalam proses
pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik,
evaluasi yang diberikan kepada santri disesuaikan dengan bacaannya
atau materinya masing-masing. Ada dua macam evaluasi yang
dilakukan yaitu: evaluasi harian dan evaluasi kenaikan tingkat bacaan.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya menyarankan sebagai berikut:
1. Kepada pembina TPQ
Dalam penerapan metode Asy syafi'i diharapkan dapat membantu
ustadzah atau pengajar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri.
2. Kepada ustadzah
Hendaknya para ustadzah harus senantiasa memotivasi santri agar
bersemangat dalam mempelajari Al-Qur'an. Dan memberikan contoh
yang baik sesuai dalam Al-Qur'an.
3. Kepada santri
Agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah dengan mempelajari Al-
Qu'an dan mengamalkan isi Al-Qur'an serta hendaknya selalu mengikuti
arahan ustadzah selama itu untuk kebaikan santri.
4. Kepada peneliti selanjutnya
Kepada peneliti selanjutnya diharapkan semoga dapat melakukan
penelitian lanjutan sehingga dapat membantu ustadzah atau pengajar
untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri.
Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec.
Cenrana Kab. Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu
Perencanaan Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone,
Pelaksanaan Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone, dan
Evaluasi Metode Asy Syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an
Santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone. Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang digunakan
dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung
terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan teologis, paedagogik, psikologis dan sosiologis.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: pertama, Perencanaan metode Asy
syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Miftahul
Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu bahwa proses pembelajaran
Al-Qur'an di TPQ Miftahul khair menggunakan metode Asy syafi'i dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Di mana metode Asy syafi'i
diharapkan dapat memperbaiki bacaan/tahsin, ketepatan bacaan dan memperlancar
bacaan dan mempermudah serta memberikan kenyamanan bagi santri dalam
mempelajari Al-Qur'an. Kedua, Pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec.
Cenrana Kab. Bone yaitu pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam proses pembelajaran
Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Meskipun cara ustadzah atau pengajar dalam
menyampaikan materi berbeda-beda tapi, tetap menggunakan metode Asy syafi'i.
materinya yaitu tentang makhorijul huruf, tanda baca (fathah, kasrah, dammah,
tanwin, sukun, tasydid dan harakat panjang), bunyi huruf dan materi yang lain.
Ketiga, Evaluasi metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri TPQ Miftahul Khair Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu
evaluasi metode Asy syafi'i dalam proses pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan
berjalan dengan baik, evaluasi yang diberikan kepada santri disesuaikan dengan
bacaannya atau materinya masing-masing. Ada dua macam evaluasi yang dilakukan
yaitu: evaluasi harian dan evaluasi kenaikan tingkat bacaan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis mengenai
penerapan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca al-
Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec. Cenrana kab. Bone
yaitu sebagai berikut:
1. Perencanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu bahwa proses pembelajaran Al-Qur'an di
TPQ Miftahul khair menggunakan metode Asy syafi'i dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Di mana
metode Asy syafi'i diharapkan dapat memperbaiki bacaan/tahsin,
ketepatan bacaan dan memperlancar bacaan dan mempermudah serta
memberikan kenyamanan bagi santri dalam mempelajari Al-Qur'an.
2. Pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu pelaksanaan metode Asy syafi'i dalam proses
pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik,
sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri.
Meskipun cara ustadzah atau pengajar dalam menyampaikan materi
berbeda-beda tapi, tetap menggunakan metode Asy syafi'i. materinya
yaitu tentang makhorijul huruf, tanda baca (fathah, kasrah, dammah,
tanwin, sukun, tasydid dan harakat panjang), bunyi huruf dan materi
yang lain.
3. Evaluasi metode Asy syafi'i dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an santri TPQ miftahul khair desa cakkeware kec.
Cenrana kab. Bone yaitu evaluasi metode Asy syafi'i dalam proses
pembelajaran Al-Qur'an dapat dikatakan berjalan dengan baik,
evaluasi yang diberikan kepada santri disesuaikan dengan bacaannya
atau materinya masing-masing. Ada dua macam evaluasi yang
dilakukan yaitu: evaluasi harian dan evaluasi kenaikan tingkat bacaan.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya menyarankan sebagai berikut:
1. Kepada pembina TPQ
Dalam penerapan metode Asy syafi'i diharapkan dapat membantu
ustadzah atau pengajar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an santri.
2. Kepada ustadzah
Hendaknya para ustadzah harus senantiasa memotivasi santri agar
bersemangat dalam mempelajari Al-Qur'an. Dan memberikan contoh
yang baik sesuai dalam Al-Qur'an.
3. Kepada santri
Agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah dengan mempelajari Al-
Qu'an dan mengamalkan isi Al-Qur'an serta hendaknya selalu mengikuti
arahan ustadzah selama itu untuk kebaikan santri.
4. Kepada peneliti selanjutnya
Kepada peneliti selanjutnya diharapkan semoga dapat melakukan
penelitian lanjutan sehingga dapat membantu ustadzah atau pengajar
untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri.
Ketersediaan
| STAR20230180 | 180/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
180/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
