Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SD Inpres 12/79 Ujung kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Mega Puspa Sari/862082019054 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi
Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone, hal yang penting dikaji dalam Skripsi ini yaitu tingkat
kedisiplinan siswa kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone, prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VI di SD Inpres
12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, pengaruh kedisiplinan
siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI di SD
Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk lebih memudahkan masalah tersebut, digunakan metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone yang berjumlah 10 siswa, yang diambil menggunakan teknik purposive
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Tingkat Kedisiplinan Siswa
Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 82. Kedua prestasi belajar Siswa
Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 77, ketiga pengaruh Kedisiplinan
Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone berdasarkan dari hasil uji t ditemukan bahwa t hitung t tabel (4,986
maka H 0 ditolak statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih
kecil dari 0,05 (0,001 berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas
VI. Jadi, dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar belajar pada mata pelajaran
PAI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah peneliti lakukan,
maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan data koesioner (angket) tentang tingkat kedisiplinan siswa
kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone, berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 0% (0 siswa),
“tinggi” sebesar 40 % (4 siswa), “cukup” 40% (4 siswa), “rendah”
sebesar 0% (0 siswa), dan “sangat rendah” sebesar 20% (2 siswa).
Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 82, tingkat kedisiplinan siswa dikelas
VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori “Cukup”.
2. Berdasarkan tes dan angket tentang prestasi belajar pada mata pelajaran
PAI kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone, berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 0% (0
siswa), “tinggi” sebesar 0 % (0 siswa), “cukup” 90% (9 siswa), “rendah”
sebesar 10% (1 siswa), dan “sangat rendah” sebesar 0% (0
siswa).berdasarkan nilai rata-rata yaitu 77, tingkat kedisiplinan siswa
dikelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung dalam kategori “Cukup”.
3. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung t tabel (4,986 maka H 0
ditolak statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih
kecil dari 0,05 (0,001 berarti terdapat pengaruh antara
kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI
kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone.
B. Saran
1. Bagi guru, Berdasarkan informasi yang diperoleh dari angket, guru
diharapkan memberi perhatian lebih kepada siswa yang mempunyai
kedisiplinan yang kurang. Selain itu, guru dan pihak sekolah diharapkan
dapat membimbing dan membiasakan pelaksanaan kedisiplinan, sehingga
kepatuhan siswa yang tinggi terhadap tata tertib sekolah tumbuh dengan
sendirinya, bukan dengan paksaan, sehingga tercipta suasana belajar
yang kondusif, yaitu suasana belajar yang menyenangkan siswa dalam
belajar.
2. Siswa harus terus meningkatkan kedisiplinan belajarnya tanpa harus ada
paksaan. Prestasi siswa bukan hanya karena faktor guru, tetapi faktor
yang paling utama adalah dari dalam diri siswa itu sendiri.
3. Setelah penulisan Skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun
pendidikan informal.
Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone, hal yang penting dikaji dalam Skripsi ini yaitu tingkat
kedisiplinan siswa kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone, prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VI di SD Inpres
12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, pengaruh kedisiplinan
siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI di SD
Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk lebih memudahkan masalah tersebut, digunakan metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone yang berjumlah 10 siswa, yang diambil menggunakan teknik purposive
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Tingkat Kedisiplinan Siswa
Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 82. Kedua prestasi belajar Siswa
Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 77, ketiga pengaruh Kedisiplinan
Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone berdasarkan dari hasil uji t ditemukan bahwa t hitung t tabel (4,986
maka H 0 ditolak statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih
kecil dari 0,05 (0,001 berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas
VI. Jadi, dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar belajar pada mata pelajaran
PAI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah peneliti lakukan,
maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan data koesioner (angket) tentang tingkat kedisiplinan siswa
kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone, berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 0% (0 siswa),
“tinggi” sebesar 40 % (4 siswa), “cukup” 40% (4 siswa), “rendah”
sebesar 0% (0 siswa), dan “sangat rendah” sebesar 20% (2 siswa).
Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 82, tingkat kedisiplinan siswa dikelas
VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
dalam kategori “Cukup”.
2. Berdasarkan tes dan angket tentang prestasi belajar pada mata pelajaran
PAI kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone, berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 0% (0
siswa), “tinggi” sebesar 0 % (0 siswa), “cukup” 90% (9 siswa), “rendah”
sebesar 10% (1 siswa), dan “sangat rendah” sebesar 0% (0
siswa).berdasarkan nilai rata-rata yaitu 77, tingkat kedisiplinan siswa
dikelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung dalam kategori “Cukup”.
3. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung t tabel (4,986 maka H 0
ditolak statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih
kecil dari 0,05 (0,001 berarti terdapat pengaruh antara
kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI
kelas VI di SD Inpres 12/79 Ujung Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten
Bone.
B. Saran
1. Bagi guru, Berdasarkan informasi yang diperoleh dari angket, guru
diharapkan memberi perhatian lebih kepada siswa yang mempunyai
kedisiplinan yang kurang. Selain itu, guru dan pihak sekolah diharapkan
dapat membimbing dan membiasakan pelaksanaan kedisiplinan, sehingga
kepatuhan siswa yang tinggi terhadap tata tertib sekolah tumbuh dengan
sendirinya, bukan dengan paksaan, sehingga tercipta suasana belajar
yang kondusif, yaitu suasana belajar yang menyenangkan siswa dalam
belajar.
2. Siswa harus terus meningkatkan kedisiplinan belajarnya tanpa harus ada
paksaan. Prestasi siswa bukan hanya karena faktor guru, tetapi faktor
yang paling utama adalah dari dalam diri siswa itu sendiri.
3. Setelah penulisan Skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun
pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20230040 | 40/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
40/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
