Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sman 8 Bone Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi membahas mengenai “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sman 8 Bone Kecamatan Kajuara
Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni Bentuk-bentuk
Profesionalisme Guru di SMAN 8 Bone Kecamatan Kajuara?Motivasi Belajar Siswa
di SMAN 8 Bone Kecamatan Kajuara?Guru pendidikan Agama Islam Memberikan
Motivasi kepada siswa Supaya dapat meningkatkan hasil Bealajarnya
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawncara, dan
dokumentasi. Melakukan pendekatan pedagogis dan psikologis dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data ini diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data (display data), dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skripsi ini membahas mengenai
‘profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi
belajar Siswa di SMAN 8 Bone . Pertama, Bentuk-bentuk Profesionalisme Guru
SMAN 8 Bone Kecamatan Kajuara adalah salah satu bentuk yang harus dimiliki
seorang guru dalam proses belajar mengajar dalam kelas sehingga dapat
mempermudah untuk menyampaikan sebuah materi terhadap siswa.Bentuk-bentuk
profesionalisme guru memberikan motivasi terhadap siswa supaya dapat
meningkatkan motivasi belejarnya.Adapun bentuk-bentuk profesionalisme guru
dalam pembelajaran adalah menimbulkan motivasi belajar siswa,mengajak siswa
beraktivitas,mengajar dengan memmperhatikan perbedaan individu,mengajar dengan
umpan balik,mengajar dengan pengalihan,dan penyusunan penyusunan pemahaman
yang logis dan psikologis.Kedua, Motivasi Belajar Siswa SMAN 8 Bone adalah
semangat proses yang memberikan semangat belajar,Arah ,dan kegigihan. Ketiga,
cara Guru Pendidikan Agama Islam memberikan Motivasi kepada Siswa adalah
memberikan suatu kepandaian tertentu. Guru harus memiliki keahlian
khusus,pengetahuan atau kemampuan dan dituntut untuk dapat melaksanaka
tugasnya. Guru tidak hanya mengajar,melatih tetapi juga mendidik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis
lakukan tentang profesionalisme Guru pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa Di SMAN 8 Bone Kecamatan Kajuara
Kabupaten Bone. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Bentuk-bentuk profesionalisme guru memberikan motivasi terhadap siswa
supaya dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Adapun bentuk-bentuk
profesionalisme Guru dalam pemebelajaran adalah menimbulkan
motivasi belajar siswa, mengajak siswa beraktivitas, mengajar dengan
memperhatikan perbedaan individu, mengajar dengan umpan balik,
mengajar dengan pengalihan, dan penyusunan pemahaman yang logis dan
psikologis.
2. Motivasi adalah dorongan yang berasal dari dalam diri individu, yang
menggerakkan untuk melakukan perubahan tingka laku untuk mencapai
suatu tujuan.motivasi dan belajar merupakan dua hal yang tidak dapat
dipisahkan. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif dan
secara potensi terjadi sebagai hasil dari praktik penguatan(motivasi) yang
dilandasi tujuan tertentu. Motivasi belajar adalah semangat proses yang
memberi semangat belajar, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku
yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan
lama.
3. Guru adalah orang yang memberikan suatu ilmu ataun kepandaian
tertentu. Kepada seseorang atau sekelompok orang.Maka untuk menjadi
seorang guru harus memiliki keahlian khusus, pengetahuan atau
kemampuan dan dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya guru tidak
hanyak mengajar,melatih tetapi juga mendidik.Untuk dapat melaksanakan
guru tersebut harus mempunyai kompetensi sebagai modal dasar dalam
mengembangkan tugas kewajibannya.Guru merupakan kondisi, arah, nilai,
tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan keewenangan dalam bidang
pendidikan dan pembelajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang
yang menjadi mata pencaharian.
B. Saran
1. Kepada Kepala Sekolah untuk selalu memberikan dukungan yang
lebih terhadap profesionalisme guru,khususnya guru PAI.
2. Kepada Guru PAI hendak tetap berikan suatu arahan kepada siswa
untuk meningkatkan motivasi belajarnya.
3. Kepada Siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasinya dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga memiliki potensi
yang baik dalam meningkatkan motivasi belajarnya.
Ketersediaan
STAR20200281281/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

281/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top