Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Mutu Pengelolaan Madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie
Muh. Sabriadi S./02.13.3141 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang kompetensi manajerial kepala madrasah
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah,
Mutu Pengelolaan Madrasah, dan pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Pelaksanaan Kompetensi
Manajerial Kepala Madrasah, Mutu Pengelolaan Madrasah, dan kompetensi
manajerial kepala madrasah terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah
Mattirowalie. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian ini pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie adalah ada
pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap mutu pengelolaan
madrasah dari hasil uji anova. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 21 responden pelaksanaan Kompetensi Manajerial Kepala
Madrasah. Rata-rata dari jawaban responden adalah 81,00. Angka 81,00 berada pada
kategori cukup baik (80-85), sedangkan mutu pengelolaan madrasah di MA
As‟adiyah Mattirowalie adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban
angket yang dibagikan kepada 21 responden mengenai mutu pengelolaan madrasah.
Rata-rata jawaban responden adalah 87,00. Angka 87,00 berada pada kategori baik
(87-90).
Berdasarkan hasil uji anova nilai Fhitung sebesar 1,407 > Ftabel sebesar 0,415,
serta uji Thitung sebesar 4,176 > Ttabel sebesar 3,224. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap mutu
pengelolaan madrasah MA As‟adiyah Mattirowalie.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie
cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh
nilai sebesar 81,00. Angka 81,00 berada pada kategori baik, yaitu terletak
pada interval antara 80-85.
2. Mutu Pengelolaan Madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie cukup baik
karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar
87,00. Angka 87,00 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 87-90.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial kepala madrasah (variabel
X) terhadap mutu pengelolaan madrasah (variabel Y) dengan hubungan
antara dua variabel sebesar 0,595. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak
0,595, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya
terletak antara 0,50 – 0,70 yang termasuk dalam kategori sedang atau cukup.
Kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 1,407> Ftabel sebesar 0,415 , serta
uji Thitung sebesar 4,176 > Ttabel sebesar 3,224. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi
manajerial kepala madrasah terhadap pengelolaan mutu madrasah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak madrasah di
MA As‟adiyah Mattirowalie. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai
berikut:
1. Kepada kepala madrasah MA As‟adiyah Mattirowalie agar selalu
meningkatkan Pengawasan kepada Guru untuk selalu bersemangat dalam
mengerjakan sesuatu sehingga dalam pengelolaan madrasah tetap terjaga .
2. Kepada Guru-guru di MA As‟adiyah Mattirowalie agar mampu terbuka dalam
segala hal dalam masalah sekolah untuk selalu konsultasi kepala madrasah
sehingga solusi yang berikan bisa mengatasi dengan baik. Dalam hal ini juga
kepala madrasah juga mampu mengatasi masalah guru yang dihadapi
sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas kerja, melainkan mampu
meningkatkan mutu guru untuk lebih meningkatkan pengelolaan madrasah.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Kompetensi Manajerial Kepala
Madrasah dan Pengelolaan Mutu Madrasah.
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah,
Mutu Pengelolaan Madrasah, dan pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Pelaksanaan Kompetensi
Manajerial Kepala Madrasah, Mutu Pengelolaan Madrasah, dan kompetensi
manajerial kepala madrasah terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah
Mattirowalie. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian ini pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah
terhadap mutu pengelolaan madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie adalah ada
pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap mutu pengelolaan
madrasah dari hasil uji anova. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 21 responden pelaksanaan Kompetensi Manajerial Kepala
Madrasah. Rata-rata dari jawaban responden adalah 81,00. Angka 81,00 berada pada
kategori cukup baik (80-85), sedangkan mutu pengelolaan madrasah di MA
As‟adiyah Mattirowalie adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban
angket yang dibagikan kepada 21 responden mengenai mutu pengelolaan madrasah.
Rata-rata jawaban responden adalah 87,00. Angka 87,00 berada pada kategori baik
(87-90).
Berdasarkan hasil uji anova nilai Fhitung sebesar 1,407 > Ftabel sebesar 0,415,
serta uji Thitung sebesar 4,176 > Ttabel sebesar 3,224. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap mutu
pengelolaan madrasah MA As‟adiyah Mattirowalie.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie
cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh
nilai sebesar 81,00. Angka 81,00 berada pada kategori baik, yaitu terletak
pada interval antara 80-85.
2. Mutu Pengelolaan Madrasah di MA As‟adiyah Mattirowalie cukup baik
karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar
87,00. Angka 87,00 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 87-90.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial kepala madrasah (variabel
X) terhadap mutu pengelolaan madrasah (variabel Y) dengan hubungan
antara dua variabel sebesar 0,595. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak
0,595, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya
terletak antara 0,50 – 0,70 yang termasuk dalam kategori sedang atau cukup.
Kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 1,407> Ftabel sebesar 0,415 , serta
uji Thitung sebesar 4,176 > Ttabel sebesar 3,224. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi
manajerial kepala madrasah terhadap pengelolaan mutu madrasah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak madrasah di
MA As‟adiyah Mattirowalie. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai
berikut:
1. Kepada kepala madrasah MA As‟adiyah Mattirowalie agar selalu
meningkatkan Pengawasan kepada Guru untuk selalu bersemangat dalam
mengerjakan sesuatu sehingga dalam pengelolaan madrasah tetap terjaga .
2. Kepada Guru-guru di MA As‟adiyah Mattirowalie agar mampu terbuka dalam
segala hal dalam masalah sekolah untuk selalu konsultasi kepala madrasah
sehingga solusi yang berikan bisa mengatasi dengan baik. Dalam hal ini juga
kepala madrasah juga mampu mengatasi masalah guru yang dihadapi
sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas kerja, melainkan mampu
meningkatkan mutu guru untuk lebih meningkatkan pengelolaan madrasah.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Kompetensi Manajerial Kepala
Madrasah dan Pengelolaan Mutu Madrasah.
Ketersediaan
| STAR20170325 | 325/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
325/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
