Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur’an Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone.

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen pendidikan Islam dalam
meningkatkan kualitas pendidikan (Studi di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan. Untuk mengetahui
peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan sosiologis. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pendidikan di MTs
Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari
standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yakni
a) Merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan,
b) Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan,c)
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses
penerimaan peserta didik, d) Penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi
lulusan, standar isi, dan peraturan pelaksanaannya. 2) Peningkatan kualitas
pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge
Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik. Hal ini dapat
dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a) Memberikan layanan
pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan individual siswa; b)
Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang belajar, meja-kursi,
papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c) Memberikan layanan
sumber belajar. Maka dari itu manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting
dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan
manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil ke simpulan
bahwa manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting dalam peningkatan
kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu
Siatting Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan manajemen pendidikan Islam
sudah sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek dan pemberian pembelayanan
yaitu; Manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec.
Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini
dapat dilihat dari beberapa aspek yakni 1) merencanakan, memenuhi dan
mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan, 2) menyusun program
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, 3) menyusun dan menetapkan
petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik, 4)
penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi lulusan, standar isi, dan
peraturan pelaksanaannya.
Peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah
sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a)
Memberikan layanan pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan
individual siswa; b) Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang
belajar, meja-kursi, papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c)
Memberikan layanan sumber belajar.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
sebagai berikut:
1. Kepada pihak madrasah hendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan
pendidikan dengan melibatkan siswa maupun orang tua siswa sebagai pelanggan.
2. Adapun peningkatan kualitas yang perlu diprioritaskan yaitu pada atribut
penjagaan kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah, penyediaan buku
perpustakaan, dan penguasaan metode penilaian hasil belajar oleh guru.
Ketersediaan
STAR20210190190/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

190/2021

Penerbit

Skripsi Tarbiyah : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top