Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur’an Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone.
Kasmir/02.15.3182 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen pendidikan Islam dalam
meningkatkan kualitas pendidikan (Studi di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan. Untuk mengetahui
peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan sosiologis. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pendidikan di MTs
Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari
standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yakni
a) Merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan,
b) Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan,c)
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses
penerimaan peserta didik, d) Penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi
lulusan, standar isi, dan peraturan pelaksanaannya. 2) Peningkatan kualitas
pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge
Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik. Hal ini dapat
dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a) Memberikan layanan
pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan individual siswa; b)
Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang belajar, meja-kursi,
papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c) Memberikan layanan
sumber belajar. Maka dari itu manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting
dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan
manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil ke simpulan
bahwa manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting dalam peningkatan
kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu
Siatting Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan manajemen pendidikan Islam
sudah sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek dan pemberian pembelayanan
yaitu; Manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec.
Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini
dapat dilihat dari beberapa aspek yakni 1) merencanakan, memenuhi dan
mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan, 2) menyusun program
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, 3) menyusun dan menetapkan
petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik, 4)
penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi lulusan, standar isi, dan
peraturan pelaksanaannya.
Peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah
sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a)
Memberikan layanan pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan
individual siswa; b) Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang
belajar, meja-kursi, papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c)
Memberikan layanan sumber belajar.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
sebagai berikut:
1. Kepada pihak madrasah hendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan
pendidikan dengan melibatkan siswa maupun orang tua siswa sebagai pelanggan.
2. Adapun peningkatan kualitas yang perlu diprioritaskan yaitu pada atribut
penjagaan kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah, penyediaan buku
perpustakaan, dan penguasaan metode penilaian hasil belajar oleh guru.
meningkatkan kualitas pendidikan (Studi di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan. Untuk mengetahui
peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan sosiologis. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pendidikan di MTs
Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari
standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yakni
a) Merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan,
b) Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan,c)
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses
penerimaan peserta didik, d) Penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi
lulusan, standar isi, dan peraturan pelaksanaannya. 2) Peningkatan kualitas
pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu Siattinge
Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik. Hal ini dapat
dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a) Memberikan layanan
pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan individual siswa; b)
Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang belajar, meja-kursi,
papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c) Memberikan layanan
sumber belajar. Maka dari itu manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting
dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan
manajemen pendidikan Islam sudah sangat baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil ke simpulan
bahwa manajemen pendidikan Islam sangat berperan penting dalam peningkatan
kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec. Tellu
Siatting Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan dan manajemen pendidikan Islam
sudah sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek dan pemberian pembelayanan
yaitu; Manajemen pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an Pajalele Kec.
Tellu Siattinge Kab. Bone dilihat dari standar pengelolaan sudah sangat baik. Hal ini
dapat dilihat dari beberapa aspek yakni 1) merencanakan, memenuhi dan
mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan, 2) menyusun program
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, 3) menyusun dan menetapkan
petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik, 4)
penyusunan KTSP memperhatikan standar kompetensi lulusan, standar isi, dan
peraturan pelaksanaannya.
Peningkatan kualitas pendidikan di MTs Pondok Pesantren Daarul Qur‟an
Pajalele Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone melalui manajemen pendidikan Islam sudah
sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pemberian pelayanan yang dilakukan yaitu a)
Memberikan layanan pembelajaran yang nyaman dan aman sesuai dengan perbedaan
individual siswa; b) Menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah, seperti ruang
belajar, meja-kursi, papan tulis, almari, alat peraga, dan papan pengumuman; c)
Memberikan layanan sumber belajar.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
sebagai berikut:
1. Kepada pihak madrasah hendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan
pendidikan dengan melibatkan siswa maupun orang tua siswa sebagai pelanggan.
2. Adapun peningkatan kualitas yang perlu diprioritaskan yaitu pada atribut
penjagaan kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah, penyediaan buku
perpustakaan, dan penguasaan metode penilaian hasil belajar oleh guru.
Ketersediaan
| STAR20210190 | 190/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
190/2021
Penerbit
Skripsi Tarbiyah : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
