Penerapan Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bon
Emil/02.14.3119 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Penerapan Manajemen Kesiswaan dalam
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone)”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, dan untuk mengetahui kontribusi
manajemen kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di
Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi bahwa, penerapan manajemen
kesiswaan di Madrasah Aliayah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone
yaitu dengan melakukan kegiatan penerimaan siswa baru dengan merencanakan daya
tampung dan seleksi calon siswa baru, pembinan siswa baru dan pementapan
program. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa,
sehingga siswa dapat mengenali dan memahami emosi dirinya, siswa dapat
mengelola emosinya, siswa dapat memotivasi dirinya, siswa dapat mengenali emosi
orang lain, sampai siswa membinaan hubungan yang baik.
A. Simpulan
1. Penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie
Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, melakukan kegiatan penerimaan siswa baru,
kedua pembinaan siswa baru, dan yang terakhir tahap pemantapan program
kesiswaan, dalam hal ini yang paling diutamakan, siswa mempunyai akhlak
yang baik, terhadap penerapan manajemen kesiswan, yang bertujuan untuk
mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
2. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam mengembangkan kecerdasan
emosional siswa di MA As’Adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab. Bone,
yaitu siswa dapat mengelolah ke-lima kecerdsan emosional antara lain siswa
dapat mengenali emosinya, siswa dapat mengelolah emosinya, siswa dapat
memotivasi dirinya sendiri, siswa dapat mengenali emosi orang lain, sampai
siswa membina hubungan baik dengan masyarakat sekolah maupun masyarakat
luar sekolah.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan berdasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penerapan manajemen kesiswaan agar memberi perhatian serius, dalam
hal pembinaan siswa, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosional
siswa secara maksimal.
2. Kepala sekolah, hendaknya lebih memperhatikan lagi hal-hal yang dibutuhkan
siswa, terutama dalam hal mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone)”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, dan untuk mengetahui kontribusi
manajemen kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di
Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi bahwa, penerapan manajemen
kesiswaan di Madrasah Aliayah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone
yaitu dengan melakukan kegiatan penerimaan siswa baru dengan merencanakan daya
tampung dan seleksi calon siswa baru, pembinan siswa baru dan pementapan
program. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa,
sehingga siswa dapat mengenali dan memahami emosi dirinya, siswa dapat
mengelola emosinya, siswa dapat memotivasi dirinya, siswa dapat mengenali emosi
orang lain, sampai siswa membinaan hubungan yang baik.
A. Simpulan
1. Penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie
Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, melakukan kegiatan penerimaan siswa baru,
kedua pembinaan siswa baru, dan yang terakhir tahap pemantapan program
kesiswaan, dalam hal ini yang paling diutamakan, siswa mempunyai akhlak
yang baik, terhadap penerapan manajemen kesiswan, yang bertujuan untuk
mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
2. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam mengembangkan kecerdasan
emosional siswa di MA As’Adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab. Bone,
yaitu siswa dapat mengelolah ke-lima kecerdsan emosional antara lain siswa
dapat mengenali emosinya, siswa dapat mengelolah emosinya, siswa dapat
memotivasi dirinya sendiri, siswa dapat mengenali emosi orang lain, sampai
siswa membina hubungan baik dengan masyarakat sekolah maupun masyarakat
luar sekolah.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan berdasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penerapan manajemen kesiswaan agar memberi perhatian serius, dalam
hal pembinaan siswa, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosional
siswa secara maksimal.
2. Kepala sekolah, hendaknya lebih memperhatikan lagi hal-hal yang dibutuhkan
siswa, terutama dalam hal mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Ketersediaan
| STAR20210342 | 342/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
342/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
