Penerapan Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bon

No image available for this title
Skripsi ini berjudul “Penerapan Manajemen Kesiswaan dalam
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone)”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, dan untuk mengetahui kontribusi
manajemen kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di
Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi bahwa, penerapan manajemen
kesiswaan di Madrasah Aliayah As’adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab.Bone
yaitu dengan melakukan kegiatan penerimaan siswa baru dengan merencanakan daya
tampung dan seleksi calon siswa baru, pembinan siswa baru dan pementapan
program. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa,
sehingga siswa dapat mengenali dan memahami emosi dirinya, siswa dapat
mengelola emosinya, siswa dapat memotivasi dirinya, siswa dapat mengenali emosi
orang lain, sampai siswa membinaan hubungan yang baik.
A. Simpulan
1. Penerapan manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie
Kec.Tellusiattinge Kab.Bone, melakukan kegiatan penerimaan siswa baru,
kedua pembinaan siswa baru, dan yang terakhir tahap pemantapan program
kesiswaan, dalam hal ini yang paling diutamakan, siswa mempunyai akhlak
yang baik, terhadap penerapan manajemen kesiswan, yang bertujuan untuk
mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
2. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam mengembangkan kecerdasan
emosional siswa di MA As’Adiyah Mattirowalie Kec.Tellusiattinge Kab. Bone,
yaitu siswa dapat mengelolah ke-lima kecerdsan emosional antara lain siswa
dapat mengenali emosinya, siswa dapat mengelolah emosinya, siswa dapat
memotivasi dirinya sendiri, siswa dapat mengenali emosi orang lain, sampai
siswa membina hubungan baik dengan masyarakat sekolah maupun masyarakat
luar sekolah.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan berdasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penerapan manajemen kesiswaan agar memberi perhatian serius, dalam
hal pembinaan siswa, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosional
siswa secara maksimal.
2. Kepala sekolah, hendaknya lebih memperhatikan lagi hal-hal yang dibutuhkan
siswa, terutama dalam hal mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Ketersediaan
STAR20210342342/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

342/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top