Strategi Komunikasi Pemasaran di Radio Suara Bone Beradat (SBB) dalam Menarik Minat Pemasang Iklan
Rosmini/ 03.16.2031 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran di Radio Suara Bone
Beradat (SBB) dalam Menarik Minat Pemasang Iklan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran di radio SBB dan untuk
menganalisisfaktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi komunikasi
pemasaran di radio SBB.
Jenis penelitian yang digunakan adalah dekskriptif kualitatif kemudian
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Informan yang dipilih adalah yang mempunyai relevansi yang dibutuhkan penelitian
yaitu Kepala LPPL radio SBB, Dewan Pengawas radio SBB, dan Penyiar radio SBB.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview atau wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif yang didukung oleh data
primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran di radio
SBB dalam menarik minat pemasang iklan yaitu strategi melalui program-program
menarik, penyiar yang berkompeten, strategi menjaga citra positif, strategi
mengungguli pesaing, strategi melalui penjualan melalui sosial media, strategi
promosi. Selain itu terdapat juga faktor yang mempengaruhi penerapan strategi
komunikasi pemasaran di radio SBB yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
faktor pendukung yaitu faktor usia dan nama radio SBB, SDM, dan tempat radio
SBB. Sedangkan faktor penghambat itu sendiri terdapat pada banyaknya persaingan
baik dari media radio maupun media lain. Strategi yang diterapkan selama ini sudah
efektif, efektif secara baget dan efektif bagi pendengar dan pengiklanitu terbukti dari
nama radio SBB yang masih eksis sampai saat ini serta banyaknya pemasang iklan di
radio SBB. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa masukan agar
pihak radio SBB lebih meningkatkan lagi strategi yang diterapkan dalam hal menarik
minat pendengar dan pemasang iklan.
A. Simpulan
Berdasarkan pada hasil analisis di atas sehingga diperoleh beberapa
kesimpulan sebagai berikut :
1. Upaya yang dilakukan radio Suara Bone Beradat (SBB) dalam menarik
minat peasang iklan yaitu: lewat program-program menarik, Penyiar yang
berkompeten, Strategi menjaga citra positif, mengungguli pesaing, strategi
penjualan melalui sosial media, dan strategi promosi.
2. Faktor yang mempengaruhi penerapan strategi komunikasi pemasaran
radio SBB dalam menarik minat pemasang iklan terbagi dua yaitu faktor
penghambat dan faktor pendukung. hambatan tersebut yaitu: persaingan
antarmedia, dan kemajuan teknologi, penyiaran swata. Sedangkan faktor
pendukungnya yaitu: SDM radio SBB, ciri khas radio SBB, usia dan nama
besar radio SBB, tempat/lokasi radio SBB .
3. Keefektifan strategi strategi yang yang diterapkan radio SBB dari sejak
berdiri sampai saat ini sangat efektif. Kefektifan strategi tersebut dapat
dilihat dari nama radio SBB yang masih eksis sampai sekarang ini serta
banyaknya pemasang iklan di radio SBB.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa hal yang disarankan peneliti untuk
digunakan sebagai masukan bagi pihak radio SBB dalam hal meningkatkan minat
pendengar dan pemasang iklan, yaitu sebagai berikut :
1. Sebaiknya stasiun radio lebih meningkatkan strategi komunikasi pemasaran
dengan memperhatikan hal yang menjadi daya tarik untuk masyarakat
sehingga jumlah pendengar dan pengiklan dapat terus meningkat.
2. Sebaiknya radio SBB ada staf khusus yang menangani bidang pemasaran,
agar tidak semua crew ikut andil dalam kegiatan pemasaran radio SBB.
Beradat (SBB) dalam Menarik Minat Pemasang Iklan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran di radio SBB dan untuk
menganalisisfaktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi komunikasi
pemasaran di radio SBB.
Jenis penelitian yang digunakan adalah dekskriptif kualitatif kemudian
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Informan yang dipilih adalah yang mempunyai relevansi yang dibutuhkan penelitian
yaitu Kepala LPPL radio SBB, Dewan Pengawas radio SBB, dan Penyiar radio SBB.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview atau wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif yang didukung oleh data
primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran di radio
SBB dalam menarik minat pemasang iklan yaitu strategi melalui program-program
menarik, penyiar yang berkompeten, strategi menjaga citra positif, strategi
mengungguli pesaing, strategi melalui penjualan melalui sosial media, strategi
promosi. Selain itu terdapat juga faktor yang mempengaruhi penerapan strategi
komunikasi pemasaran di radio SBB yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
faktor pendukung yaitu faktor usia dan nama radio SBB, SDM, dan tempat radio
SBB. Sedangkan faktor penghambat itu sendiri terdapat pada banyaknya persaingan
baik dari media radio maupun media lain. Strategi yang diterapkan selama ini sudah
efektif, efektif secara baget dan efektif bagi pendengar dan pengiklanitu terbukti dari
nama radio SBB yang masih eksis sampai saat ini serta banyaknya pemasang iklan di
radio SBB. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa masukan agar
pihak radio SBB lebih meningkatkan lagi strategi yang diterapkan dalam hal menarik
minat pendengar dan pemasang iklan.
A. Simpulan
Berdasarkan pada hasil analisis di atas sehingga diperoleh beberapa
kesimpulan sebagai berikut :
1. Upaya yang dilakukan radio Suara Bone Beradat (SBB) dalam menarik
minat peasang iklan yaitu: lewat program-program menarik, Penyiar yang
berkompeten, Strategi menjaga citra positif, mengungguli pesaing, strategi
penjualan melalui sosial media, dan strategi promosi.
2. Faktor yang mempengaruhi penerapan strategi komunikasi pemasaran
radio SBB dalam menarik minat pemasang iklan terbagi dua yaitu faktor
penghambat dan faktor pendukung. hambatan tersebut yaitu: persaingan
antarmedia, dan kemajuan teknologi, penyiaran swata. Sedangkan faktor
pendukungnya yaitu: SDM radio SBB, ciri khas radio SBB, usia dan nama
besar radio SBB, tempat/lokasi radio SBB .
3. Keefektifan strategi strategi yang yang diterapkan radio SBB dari sejak
berdiri sampai saat ini sangat efektif. Kefektifan strategi tersebut dapat
dilihat dari nama radio SBB yang masih eksis sampai sekarang ini serta
banyaknya pemasang iklan di radio SBB.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa hal yang disarankan peneliti untuk
digunakan sebagai masukan bagi pihak radio SBB dalam hal meningkatkan minat
pendengar dan pemasang iklan, yaitu sebagai berikut :
1. Sebaiknya stasiun radio lebih meningkatkan strategi komunikasi pemasaran
dengan memperhatikan hal yang menjadi daya tarik untuk masyarakat
sehingga jumlah pendengar dan pengiklan dapat terus meningkat.
2. Sebaiknya radio SBB ada staf khusus yang menangani bidang pemasaran,
agar tidak semua crew ikut andil dalam kegiatan pemasaran radio SBB.
Ketersediaan
| SFUD20200035 | 35/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
35/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
