Mplementasi Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk It Asshiddiq Bone
St. Nurhajar/ 02.15.3047 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi manajemen kurikulum dalam
pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana
implementasi manajemen kurikulum, bagaimana pengembangan pendidikan anak
usia dini, dan bagaimanan kontirbusi manajemen kurikulum dalam pengembangan
pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: implementasi manajemen
kurikulum di TK IT Asshiddiq Bone dilaksanakan melalui tahap perencanaan dengan
menyusun program kegiatan pembelajaran yang disusun berdasarkan standar tingkat
pencapaian perkembangan anak, mengelompokkan mata pelajaran kedalam program
tahunan, semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan
rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang disesuaikan dengan
kompetensi inti dan kompetensi dasar, pelaksanaan kurikulumm dilaksanakan dalam
proses kegiatan belajar mengajar dengan menghubungkan kegiatan belajar dengan
kurikulum, evaluasi kurikulum dilakukan untuk melihat sejauh mana acuan tersebut
dilakanakan dan dijadikan sebagai tindak lanjut dari kurikulum yang telah dirancang
sebelumnya. Kedua, pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq
Bone dapat dikatakan telah berkembang dengan baik, dilihat dari keseluruhan aspek
pengembangan pendidikan anak usia dini. Setiap peserta didik telah mengalami
pengembangan sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak
(STPPA) namun ada beberapa peserta didik yang belum mencapai semua aspek
perkembangan tersebut secara keseluruhan. Ketiga, implementasi manajaemen
kurikulum telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan anak usia dini di TK
IT Asshiddiq Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terciptanya proses belajar
yang efektif dan efesien, terbentuknya peserta didik yang berkualitas,
mengoptimalisasikan tenaga pendidik pada proses pendidikan, pemenuhan saranan
dan prasarana yang mendukung. Dengan terlaksananya manajemen kurikulum yang
baik dan benar telah meningkatkan aspek pengembangan pendidikan anak secara
optimal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen kurikulum di TK IT Asshiddiq Bone dilaksanakan
melalui tahap perencanaan dengan menyusun program kegiatan
pembelajaran yang disusun berdasarkan standar tingkat pencapaian
perkembangan anak, mengelompokkan mata pelajaran kedalam program
tahunan, semester, RPPM dan RPPH yang disesuaikan dengan kompetensi
inti dan kompetensi dasar, pelaksanaan kurikulumm dilaksanakan dalam
proses kegiatan belajar mengajar dengan menghubungkan kegiatan belajar
dengan kurikulum, evaluasi kurikulum dilakukan untuk melihat sejauh mana
acuan tersebut dilakanakan dan dijadikan sebagai tindak lanjut dari
kurikulum yang telah dirancang sebelumnya.
2. Pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone dapat
dikatakan telah berkembang dengan baik, dilihat dari keseluruhan aspek
pengembangan pendidikan anak usia dini baik itu pengembangan sosial
emosional, bahasa, kognitif, motorik maupun moral keagamaan pada peserta
didik. Setiap peserta didik telah mengalami pengembangan sesuai dengan
STPPA namun ada beberapa peserta didik yang belum mencapai semua
aspek perkembangan tersebut secara keseluruhan.
3. Implementasi manajemen kurikulum telah berkontribusi dalam
pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan terciptanya proses belajar yang efektif dan
efesien, terbentuknya peserta didik yang berkualitas, mengoptimalisasikan
tenaga pendidik pada proses pendidikan, pemenuhan saranan dan prasarana
yang mendukung. Dengan terlaksananya manajemen kurikulum yang baik dan
benar telah meningkatkan aspek pengembangan pendidikan anak secara
optimal.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Implementasi manajemen
kurikulum dalam pengembangan pendidikan anak usia dini, maka saran yang
akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah dalam mengelola kurikulum senantiasa
meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas TK IT Asshiddiq Bone. Bukan hanya bagi guru, orang
tua siswa, akan tetapi juga meningkatkan kerjasama dengan swasta,
ilmuwan, perusahaan dan lainnya. sehingga kendala-kendala yang bisa saja
terjadi dapat teratasi.
2. Hendaknya guru juga dapat ikut serta dalam pengelolaan kurikulum untuk
meningkatkan pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq
Bone, sehingga dapat menghasilkan output yang berkualitas.
3. Hendaknya masyarakat/orang tua peserta didik memiliki kesadaran untuk
senantiasa ikut serta dalam program kegiatan, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan peserta didik demi kemajuan TK IT Asshiddiq Bone.
pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana
implementasi manajemen kurikulum, bagaimana pengembangan pendidikan anak
usia dini, dan bagaimanan kontirbusi manajemen kurikulum dalam pengembangan
pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: implementasi manajemen
kurikulum di TK IT Asshiddiq Bone dilaksanakan melalui tahap perencanaan dengan
menyusun program kegiatan pembelajaran yang disusun berdasarkan standar tingkat
pencapaian perkembangan anak, mengelompokkan mata pelajaran kedalam program
tahunan, semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan
rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang disesuaikan dengan
kompetensi inti dan kompetensi dasar, pelaksanaan kurikulumm dilaksanakan dalam
proses kegiatan belajar mengajar dengan menghubungkan kegiatan belajar dengan
kurikulum, evaluasi kurikulum dilakukan untuk melihat sejauh mana acuan tersebut
dilakanakan dan dijadikan sebagai tindak lanjut dari kurikulum yang telah dirancang
sebelumnya. Kedua, pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq
Bone dapat dikatakan telah berkembang dengan baik, dilihat dari keseluruhan aspek
pengembangan pendidikan anak usia dini. Setiap peserta didik telah mengalami
pengembangan sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak
(STPPA) namun ada beberapa peserta didik yang belum mencapai semua aspek
perkembangan tersebut secara keseluruhan. Ketiga, implementasi manajaemen
kurikulum telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan anak usia dini di TK
IT Asshiddiq Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terciptanya proses belajar
yang efektif dan efesien, terbentuknya peserta didik yang berkualitas,
mengoptimalisasikan tenaga pendidik pada proses pendidikan, pemenuhan saranan
dan prasarana yang mendukung. Dengan terlaksananya manajemen kurikulum yang
baik dan benar telah meningkatkan aspek pengembangan pendidikan anak secara
optimal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen kurikulum di TK IT Asshiddiq Bone dilaksanakan
melalui tahap perencanaan dengan menyusun program kegiatan
pembelajaran yang disusun berdasarkan standar tingkat pencapaian
perkembangan anak, mengelompokkan mata pelajaran kedalam program
tahunan, semester, RPPM dan RPPH yang disesuaikan dengan kompetensi
inti dan kompetensi dasar, pelaksanaan kurikulumm dilaksanakan dalam
proses kegiatan belajar mengajar dengan menghubungkan kegiatan belajar
dengan kurikulum, evaluasi kurikulum dilakukan untuk melihat sejauh mana
acuan tersebut dilakanakan dan dijadikan sebagai tindak lanjut dari
kurikulum yang telah dirancang sebelumnya.
2. Pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone dapat
dikatakan telah berkembang dengan baik, dilihat dari keseluruhan aspek
pengembangan pendidikan anak usia dini baik itu pengembangan sosial
emosional, bahasa, kognitif, motorik maupun moral keagamaan pada peserta
didik. Setiap peserta didik telah mengalami pengembangan sesuai dengan
STPPA namun ada beberapa peserta didik yang belum mencapai semua
aspek perkembangan tersebut secara keseluruhan.
3. Implementasi manajemen kurikulum telah berkontribusi dalam
pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq Bone. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan terciptanya proses belajar yang efektif dan
efesien, terbentuknya peserta didik yang berkualitas, mengoptimalisasikan
tenaga pendidik pada proses pendidikan, pemenuhan saranan dan prasarana
yang mendukung. Dengan terlaksananya manajemen kurikulum yang baik dan
benar telah meningkatkan aspek pengembangan pendidikan anak secara
optimal.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Implementasi manajemen
kurikulum dalam pengembangan pendidikan anak usia dini, maka saran yang
akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah dalam mengelola kurikulum senantiasa
meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas TK IT Asshiddiq Bone. Bukan hanya bagi guru, orang
tua siswa, akan tetapi juga meningkatkan kerjasama dengan swasta,
ilmuwan, perusahaan dan lainnya. sehingga kendala-kendala yang bisa saja
terjadi dapat teratasi.
2. Hendaknya guru juga dapat ikut serta dalam pengelolaan kurikulum untuk
meningkatkan pengembangan pendidikan anak usia dini di TK IT Asshiddiq
Bone, sehingga dapat menghasilkan output yang berkualitas.
3. Hendaknya masyarakat/orang tua peserta didik memiliki kesadaran untuk
senantiasa ikut serta dalam program kegiatan, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan peserta didik demi kemajuan TK IT Asshiddiq Bone.
Ketersediaan
| STAR20210176 | 176/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
176/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
