Urgensi Penerapan Metode Pembiasaan Melaksanakan Shalat Berjamaah Dhuhur Untuk Menanamkan Sifat Disiplin Siswa di MTs An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Asnidar/02.16.1023 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang“urgensi penerapan metode pembiasaan
melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat disiplin siswa di
MTs An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone”. Ada tiga sub masalah
yang dikaji dalam skripsi ini yaitu pelaksanaan metode pembiasaan shalat berjamaah
dhuhur, karasteristik kedisiplinan, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode pembiasaan melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat
disiplin siswa di MTs An-Nahdah Kanco.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan
pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan
psikologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembiasaan shalat
berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah Kanco terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari kegiatan yang terlaksana seperti ceramah agama, Gemas (Gerakan
Membersihkan Masjid dan Mushollah), peringatan hari besar agama Islam, serta
pelaksanaan kegiatan pada bulan Ramadhan. Sementara karasteristik kedisiplinan di
MTs An-Nahdah Kanco yaitu sudah mulai ada perubahan atau peningkatan dari
sebelumnya. Hal ini dapat dilihat bahwa peserta didik mampu menjaga ketertiban
mengambil air wudhu, mengontrol pribadi, berpakaian rapi, berbahasa dengan baik,
serta datang tepat waktu. Adapun faktor pendukungnya yaitu semangat dari peserta
didik dan juga hari dan waktu yang mendukung, sementara faktor penghambatnya
yaitu tempat untuk mengambil air wudhu tidak mencukupi, tidak disiplin terhadap
waktu, program yang tidak menentu, serta adanya rasa malas dalam diri peserta
didik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penerapan metode pembiasaan melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk
menanamkan sifat disiplin siswa di MTs An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina
Kabupaten Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Pelaksanaan metode pembiasaan shalat berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah
Kanco, bisa dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai
kegiatan yang terlaksana dan sangat berperan aktif dari pelaksanaan metode
pembiasaan shalat berjamaah dhuhur tersebut, seperti: adanya kegiatan
pelaksanaan ceramah agama singkat (kultum/kuliah tujuh menit), Gemas
(Gerakan Membersihkan Masjid dan Mushollah), peringatan hari besar agama
Islam, serta kegiatan pelaksanaan pada bulan Ramadhan.
2. Karasteristik kedisiplinan di MTs An-Nahdah Kanco yaitu sudah mulai ada
perubahan atau peningkatan dari sebelumnya. Hal ini dapat dilihat bahwa peserta
didik sudah mampu membiasakan menjaga ketertiban saat mengambil air wudhu,
mampu mengontrol pribadi, berpakaian rapi, berbahasa dengan baik, serta datang
tepat waktu.
3. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembiasaan melaksanakan
shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat disiplin siswa di MTs An-
Nahdah Kanco yaitu faktor pendukungnya yaitu semangat dari peserta didik
dalam pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur. Sementara faktor
penghambatnya yaitu tempat untuk mengambil air wudhu tidak mencukupi,
tidak disiplin terhadap waktu, program yang tidak menentu, serta adanya rasa
malas dalam diri peserta didik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Kepada kepala madrasah dan guru di MTs An-Nahdah Kanco, tetap dapat
memperhatikan dan mengawasi peserta didiknya dalam proses
pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur agar
kedisiplinan tetap terjaga dengan baik.
2. Kepada siswa di MTs An-Nahdah Kanco, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari kepala madrasah dan guru,
serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar
kode etik pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur. Selain itu,
hendaknya turut terlibat dalam hal mengembangkan pelaksanaan
pembiasaan shalat berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah Kanco ini agar
pelaksanaan tersebut kedepannya dapat lebih berkembang dan berkualitas.
melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat disiplin siswa di
MTs An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone”. Ada tiga sub masalah
yang dikaji dalam skripsi ini yaitu pelaksanaan metode pembiasaan shalat berjamaah
dhuhur, karasteristik kedisiplinan, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode pembiasaan melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat
disiplin siswa di MTs An-Nahdah Kanco.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan
pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan
psikologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembiasaan shalat
berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah Kanco terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari kegiatan yang terlaksana seperti ceramah agama, Gemas (Gerakan
Membersihkan Masjid dan Mushollah), peringatan hari besar agama Islam, serta
pelaksanaan kegiatan pada bulan Ramadhan. Sementara karasteristik kedisiplinan di
MTs An-Nahdah Kanco yaitu sudah mulai ada perubahan atau peningkatan dari
sebelumnya. Hal ini dapat dilihat bahwa peserta didik mampu menjaga ketertiban
mengambil air wudhu, mengontrol pribadi, berpakaian rapi, berbahasa dengan baik,
serta datang tepat waktu. Adapun faktor pendukungnya yaitu semangat dari peserta
didik dan juga hari dan waktu yang mendukung, sementara faktor penghambatnya
yaitu tempat untuk mengambil air wudhu tidak mencukupi, tidak disiplin terhadap
waktu, program yang tidak menentu, serta adanya rasa malas dalam diri peserta
didik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penerapan metode pembiasaan melaksanakan shalat berjamaah dhuhur untuk
menanamkan sifat disiplin siswa di MTs An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina
Kabupaten Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Pelaksanaan metode pembiasaan shalat berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah
Kanco, bisa dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai
kegiatan yang terlaksana dan sangat berperan aktif dari pelaksanaan metode
pembiasaan shalat berjamaah dhuhur tersebut, seperti: adanya kegiatan
pelaksanaan ceramah agama singkat (kultum/kuliah tujuh menit), Gemas
(Gerakan Membersihkan Masjid dan Mushollah), peringatan hari besar agama
Islam, serta kegiatan pelaksanaan pada bulan Ramadhan.
2. Karasteristik kedisiplinan di MTs An-Nahdah Kanco yaitu sudah mulai ada
perubahan atau peningkatan dari sebelumnya. Hal ini dapat dilihat bahwa peserta
didik sudah mampu membiasakan menjaga ketertiban saat mengambil air wudhu,
mampu mengontrol pribadi, berpakaian rapi, berbahasa dengan baik, serta datang
tepat waktu.
3. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembiasaan melaksanakan
shalat berjamaah dhuhur untuk menanamkan sifat disiplin siswa di MTs An-
Nahdah Kanco yaitu faktor pendukungnya yaitu semangat dari peserta didik
dalam pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur. Sementara faktor
penghambatnya yaitu tempat untuk mengambil air wudhu tidak mencukupi,
tidak disiplin terhadap waktu, program yang tidak menentu, serta adanya rasa
malas dalam diri peserta didik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Kepada kepala madrasah dan guru di MTs An-Nahdah Kanco, tetap dapat
memperhatikan dan mengawasi peserta didiknya dalam proses
pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur agar
kedisiplinan tetap terjaga dengan baik.
2. Kepada siswa di MTs An-Nahdah Kanco, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari kepala madrasah dan guru,
serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar
kode etik pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah dhuhur. Selain itu,
hendaknya turut terlibat dalam hal mengembangkan pelaksanaan
pembiasaan shalat berjamaah dhuhur di MTs An-Nahdah Kanco ini agar
pelaksanaan tersebut kedepannya dapat lebih berkembang dan berkualitas.
Ketersediaan
| STAR20200272 | 272/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
272/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
