Implementasi Peran Kepala Madrasah dalam Menciptakan Madrasah Berkarakter (Studi di Madrasah Baitul Hamdi Pinra Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Haslinda/02.15.3107 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Peran Kepala Madrasah
dalam Menciptakan Madrasah Berkarakter (Studi di Madrasah Baitul Hamdi
Pinra Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone)”. Pokok permasalahan dikaji dalam
skripsi ini yakni tentang peran kepala madrasah dalam Menciptakan Madrasah
Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi. Untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah penelitian kualitatif
(qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan
ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Peran kepala madrasah sebagai
berikut: kepala madrasah sebagai leader, kepala madrasah sebagai manajer,
kepala madrasah sebagai pendidik, kepala madrasah sebagai inovator, kepala
madrasah sebagai supervisi, kepala madrasah sebagai motivator dan kepala
madrasah sebagai administrator. 2) Upaya kepala madrasah dalam menciptakan
madrasah berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi, kepala madrasah
mampu membimbing tenaga kependidikan baik guru maupun staf serta membina
dan membimbing peserta didik dalam segala bidang. Dalam melaksanakan
fungsinya, kepala madrasah memiliki strategi yang tepat untuk menanamkan nilai-
nilai karakter di madrasahnya. Menciptakan iklim yang kondusif, memberikan
dorongan kepada seluruh warga Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi serta
melaksanakan model pembelajaran yang menarik dan melakukan pembinaan
akhlak terus menerus terhadap peserta didik.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai implementasi peran kepala
madrasah dalam menciptakan madrasah berkarakter (Studi di Madrasah Ibtidaiyah
Baitul Hamdi Pinra Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone), maka simpulan yang
dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Dalam melaksanakan fungsinya, kepala madrasah memiliki beberapa peran
diantaranya:
a. Kepala madrasah sebagai leader,
b. Kepala madrasah sebagai manajer,
c. Kepala madrasah sebagai pendidik,
d. Kepala madrasah sebagai inovator,
2. Upaya kepala madrasah dalam menciptakan madrasah berkarakter di
Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi, kepala madrasah mampu membimbing
tenaga kependidikan baik guru maupun staf serta membina dan membimbing
peserta didik dalam segala bidang. Dalam melaksanakan fungsinya, kepala
madrasah memiliki strategi yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai karakter
di madrasahnya. Menciptakan iklim yang kondusif, memberikan dorongan
kepada seluruh warga Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi serta melaksanakan
model pembelajaran yang menarik dan melakukan pembinaan dan
keteladanan akhlak terus menerus terhadap guru maupun peserta didik.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan di
uraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Bagi kepala madrasah beserta semua pihak di Madrasah Ibtidaiyah Baitul
Hamdi Pinra sebaiknya tetap menjaga kekompakan atau kerjasama dalam
menciptakan madrasah berkarakter agar terealisasinya suatu tujuan yang
telah ditetapkan.
2. Bagi pembaca diharapkan agar menambah wawasan dan pengetahuan
tentang implementasi peran kepala madrasah dalam menciptakan
madrasah berkarakter. Dan penanaman nilai-nilai karakter itu perlu
ditanamkan sejak dini dan harus direalisasikan dalam kehidupan sehari-
hari.
dalam Menciptakan Madrasah Berkarakter (Studi di Madrasah Baitul Hamdi
Pinra Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone)”. Pokok permasalahan dikaji dalam
skripsi ini yakni tentang peran kepala madrasah dalam Menciptakan Madrasah
Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi. Untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah penelitian kualitatif
(qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan
ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Peran kepala madrasah sebagai
berikut: kepala madrasah sebagai leader, kepala madrasah sebagai manajer,
kepala madrasah sebagai pendidik, kepala madrasah sebagai inovator, kepala
madrasah sebagai supervisi, kepala madrasah sebagai motivator dan kepala
madrasah sebagai administrator. 2) Upaya kepala madrasah dalam menciptakan
madrasah berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi, kepala madrasah
mampu membimbing tenaga kependidikan baik guru maupun staf serta membina
dan membimbing peserta didik dalam segala bidang. Dalam melaksanakan
fungsinya, kepala madrasah memiliki strategi yang tepat untuk menanamkan nilai-
nilai karakter di madrasahnya. Menciptakan iklim yang kondusif, memberikan
dorongan kepada seluruh warga Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi serta
melaksanakan model pembelajaran yang menarik dan melakukan pembinaan
akhlak terus menerus terhadap peserta didik.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai implementasi peran kepala
madrasah dalam menciptakan madrasah berkarakter (Studi di Madrasah Ibtidaiyah
Baitul Hamdi Pinra Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone), maka simpulan yang
dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Dalam melaksanakan fungsinya, kepala madrasah memiliki beberapa peran
diantaranya:
a. Kepala madrasah sebagai leader,
b. Kepala madrasah sebagai manajer,
c. Kepala madrasah sebagai pendidik,
d. Kepala madrasah sebagai inovator,
2. Upaya kepala madrasah dalam menciptakan madrasah berkarakter di
Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi, kepala madrasah mampu membimbing
tenaga kependidikan baik guru maupun staf serta membina dan membimbing
peserta didik dalam segala bidang. Dalam melaksanakan fungsinya, kepala
madrasah memiliki strategi yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai karakter
di madrasahnya. Menciptakan iklim yang kondusif, memberikan dorongan
kepada seluruh warga Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi serta melaksanakan
model pembelajaran yang menarik dan melakukan pembinaan dan
keteladanan akhlak terus menerus terhadap guru maupun peserta didik.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan di
uraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Bagi kepala madrasah beserta semua pihak di Madrasah Ibtidaiyah Baitul
Hamdi Pinra sebaiknya tetap menjaga kekompakan atau kerjasama dalam
menciptakan madrasah berkarakter agar terealisasinya suatu tujuan yang
telah ditetapkan.
2. Bagi pembaca diharapkan agar menambah wawasan dan pengetahuan
tentang implementasi peran kepala madrasah dalam menciptakan
madrasah berkarakter. Dan penanaman nilai-nilai karakter itu perlu
ditanamkan sejak dini dan harus direalisasikan dalam kehidupan sehari-
hari.
Ketersediaan
| STAR20210158 | 158/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
158/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
